Hot News


Inspirasi


    Kemensos Beri Bantuan Kepada Penyandang Disabilitas

    • Selasa, 27 Oktober 2020 | 14:06:00 WIB
    • 0 Komentar


    Kemensos Beri Bantuan Kepada Penyandang Disabilitas
    Tim Respon Kasus BRSPDSN Wyata Guna Bandung saat memberikan bantuan kepada penyandang disabiltas JuaraNews/Istimewa

    JuaraNews, Bandung - Kementerian Sosial melalui Tim Respon Kasus BRSPDSN Wyata Guna Bandung, memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp. 3.000.000 dan Rp. 500.000 dalam bentuk barang kebutuhan berupa Pampers dan Susu Kaleng untuk Penyandang Disabilitas berinisial TMH.

     

    TMH adalah penyandang disabilitas Grahita/Cerebral Palsy yang mengalami disabilitas sejak lahir karena jalur oksigen ke otak mengalami penyempitan.

     

    Bantu dari Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI diserahkan Tim Respon Kasus BRSPDSN Wyata Guna Bandung didampingi oleh Pihak Kecamatan Cibeunying Kidul, Kelurahan Padasuka, Dinas Sosial Kota Bandung serta PSM (Pekerja Sosial Masyarakat).

     

    Kepala BRSPDSN “WyataGuna” Bandung, Sudarsono, memberi arahan agar pemberian bantuan difokuskan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok TMH serta dilakukan asesmen guna melihat berbaga ialternatif yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha warung milik sang ayah agar terpenuhi kebutuhan keluarganya.

     

    "Bantuan diberikan berupa Paket Sembako yang meliputi beras 5 kg, minyak 2 liter, susu kental 4 kaleng, Indomie rebus 10 bungkus, gula 1 kg, wafer 2 bungkus serta keperluan pribadi “TMH” berupa pampers 1 dus. Balai Wyata Guna memastikan bahwa Kementerian Sosial HADIR bagi seluruh masyarakat Indonesia," katanya, Selasa (27/10/2020).

     

    Untuk intervensi selanjutnya, lanjut Sudarsona, pihak Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung akan memberikan pendampingan dengan memberikan Program Pemberdayaan Bantuan Usaha untuk menjaga kesinambungan kehidupan ekonomi keluarga TMH ke depannya.

     

    Sebelumnya pada Senin, 26 Oktober 2020, tim Respon Kasus dari BRSPDSN “Wyata Guna” Bandung melakukan pendampingan terhadap TMH sekaligus asesmen terhadap kebutuhannya, juga memberikan penguatan kepada ayah TMH.

     

    TMH saat ini dirawat oleh ayahnya, Otjeng Saputra, yang merupakan pensiunan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tindakan respon kasus merupakan salah satu bentuk Program Atensi Kementerian Sosial RI dalam meningkatkan layanan sosial bagi disabilitas.

     

    Sebelum pandemi COVID-19, ayahanda TMH membuka warnet kecil-kecilan, ojeg offline serta berjualan burung dengan pendapatannya sekitar Rp 1.000.000/bulan. Semenjak pandemi COVID-19, pendapatan beliau menurun drastis, terkadang tidak mendapatkan penghasilan sama sekali.

     

    Sebelumnya TMH pernah mendapatkan bantuan ASPD (Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas) dalam kurun waktu 2016-2019 dari Kementerian Sosial RI.Adapun sepanjang pandemi COVID-19 belum mendapat bantuan dari program apapun.(*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    3 ‘Kabupaten Pilkada’ Zona Merah, Pemprov Jabar Perketat Pengawasan
    Akibat Wabah Covid-19, Pemprov Jabar Ubah arah RPJMD
    Disparbud Jabar akan Lakukan Tes Covid-19 Bagi Pelaku Industri Pariwisata
    PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang Hingga 23 Desember 2020
    Wagub Jabar Apresiasi Ekspor di Tengah Pandemi
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads