free hit counter code Harganas ke-27,BKKBN Jabar Targetkan 454.226 Akseptor - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Harganas ke-27,BKKBN Jabar Targetkan 454.226 Akseptor

Harganas ke-27,BKKBN Jabar Targetkan 454.226 Akseptor

JuaraNews, Bandung-Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Kusmana mengatakan dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) pihaknya menargetkan 454.226 akseptor. Angka tersebut menempatkan Jabar paling superior di antara provinsi lain di Indonesia.

 

Selain itu, BKKBN menjadikan momentum Harganas sebagai ajang pelayanan serentak guna mengatrol kesertaan ber-KB yang diperkirakan drop selama masa pandemi.

 

"Harganas tahun ini dirayakan di tengah situasi kecemasan akibat pandemi, sehingga memberikan suasana berbeda. Secara garis besar, peringatan Harganas ke-27 dilangsungkan secara sederhana," kata Kusmana saat memeperingati Harganas ke-27 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (29/6/2020).

 

"Fokus kami lebih kepada pelayanan KB serentak untuk mencapai target nasional sebanyak 1 juta akseptor," tambahnya.

 

Kusmana yang akrab disapa Ayah Uung ini menggarisbawahi, di balik kesulitan masa pandemi ternyata memberikan ruang dan peluang antaranggota keluarga untuk lebih saling mengenal. Terpusatnya aktivitas harian di rumah menyebabkan sikap anggota keluarga yang selama ini tidak terperhatikan akan menjadi tampak.

 

"Hikmah pandemi Covid-19 ini menjadi kesempatan dan peluang bagi keluarga untuk memperbaiki dinamika yang terjadi. Dengan memahami satu sama lain dalam keluarga diharapkan akan semakin mengetahui celah-celah untuk menyikapi permasalahan yang terjadi," ungkapnya.

 

Lebih jauh Kusmana menjelaskan, rangkaian kegiatan peringatan ke-27 Harganas di Jabar sudah berlangsung sejak pertengahan Juni 2020. Sejumlah kegiatan yang dihelat antara lain Forum Genre dihadiri secara virtual oleh 1.000 orang se-Indonesia.

 

"BKKBN Jabar juga menggelar Covering Theme Song BKKBN Challenge berupa lomba pembuatan cover lagu resmi BKKBN dan launching video 'Keluarga Bantu Keluarga' berupa kegiatan sosial membantu keluarga kurang mampu. Ada lagi kampanye '2125' melalui media sosial untuk memasyarakatkan imbauan menunda usia pernikahan muda," jelasnya.


Hal senada juga dikatakan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang juga bakal langsung memonitor jalannya pelayanan KB serentak sekaligus berinteraksi dengan para petugas dan akseptor melalui telekonferensi video. Dia memastikan pelayanan KB serentak tetap mengikuti protokol pencegahan Covid-19, baik untuk petugas maupun akseptor.

 

Menurutnya, di Harganas ke-27 ini keluarga merupakan aset yang harus dijaga baik dari segi kesehatan maupun mental. Hal tersebut juga salah satu alasan sekolah umum belum bisa dibuka.

 

"Kita menyadari berupa aset kesehatan anak-anak itu sangat kita lindungi, kenapa kita tidak membuka persekolahan umum karena anak-anak kita kindungi," ucap Emil. (*)

 

Oleh: ridwan / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links