Sempat Tidak Diketahui Keberadaannya, 90 Jamaah Umrah Sudah Kembali Ke Indonesia
JuaraNews/Istimewa Kabid Penyelengraan Haji dan Umrah Kemenag Jabar

Sempat Tidak Diketahui Keberadaannya, 90 Jamaah Umrah Sudah Kembali Ke Indonesia

JuaraNews, Bandung - Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Azam Mustajam mengatakan, 90 jamaah umrah yang diberangkatkan dari JaJabar sempat tidak diketahui keberadaannya, sudah kembali ke Indonesia.

 

Sebelumnya, 90 jamaah ini dilaporkan oleh Azam di tengah Rapat Koordinasi Pencegahan dan Penganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Selasa, (3/3/2020).

 

Menurutnya, ke-90 jamaah tersebut telah pulang ke Indonesia setelah sempat melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Azan menyebut, para jamaah tersebut belum sempat menjalankan ibadah umrah karena tertahan oleh kebijakan Arab Saudi yang menghentikan sementara bisa umrah.

 

"Sudah kembali lagi ke Indonesia, Sudah sampao ke rumah apa belum, yang jelas sudah di kembalikan ke Indonesia. Mudah-mudahan sudah kembali ke rumah masing-masing," ucap Azam saat ditemui di Kantor Kementerian Agama Jabar, Jalan Sudirman Kota Bandung, Rabu (4/3/2020).

 

Menurutnya, saat ini pihaknya akan terus berkoordinasi dengan travel-travel yang ada di Jabar untuk meminta informasi ke pusat, ke dinas karena bagian dari tugas Kemenag.

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, ke-90 jamaah dari 4 travel dan salah satunya berdomisili di Jabar. Oleh karena itu, Azam mengungkapkan, bahwa jamaah tersebut tidak semua berasal atau tinggal di Jabar.

 

"Jadi yang 90 itu data di kami itu ada 4, memang dari 4 itu salah satunya ada travel yang berdomisili di Jawa Barat. Apakah Jamah itu asal Jawa Barat belum tentu," tutupnya. (*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


CSR BUMD Lembaga Keuangan Jabar untuk Penanganan COVID-19
Pemprov Jabar Saja Cuma Punya 800 APD, Butuh Tambahan 30 Ribu Lagi
Gubernur Jabar Izinkan Daerah untuk Lakukan Karantina Wilayah Parsial
Sekda Jabar Minta RS Rujukan Berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan COVID-19
Jabar Manfaatkan Drone untuk Cegah Penyebaran COVID-19 di 27 Kab/Kota