free hit counter code MUI Pelaksanaan Salat Id dan Pemotongan Hewan Qurban Wajib Terapkan Protokol Kesehatan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
MUI Pelaksanaan Salat Id dan Pemotongan Hewan Qurban Wajib Terapkan Protokol Kesehatan
Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei

MUI Pelaksanaan Salat Id dan Pemotongan Hewan Qurban Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

JuaraNews, Bandung - Umat Muslim di seluruh dunia khususnya di Indonesia akan merayakan Idul Adha, yang juga dikenal hari raya qurban, Jum'at (31/7/2020) besok.

 

Berbeda dengan sebelumnya, Perayaaan ibadah qurban kali akan dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Himbauan untuk tetap merapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan sholat Idul Adha terus digencarkan.

 

Ketua Majles Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rahmat Syafei mengatakan menjaga kesehatan pada dasarnya wajib pada seluruh masyarakat tak terkecuali umat muslim. Sedangkan melaksnakan sholat Idul Adha hukumnya sunah muakadah.

 

"Menjaga kesehatan itu wajib mutlak bagi kita umat Islam sedangkan sholat Id adalah sunah muakad jadi jangan sampai terbalik," katanya di Kantor MUI Jabar, Jalan LE.Martadina Kota Bandung, Kamis (30/7/2020).

 

Dikatakannya, menjaga kesehatan tidak hanya saat menjalani ibadah sholat Id saja, tapi juga harus dilakukan ketika melakukan pemotongan hewan qurban, dengan menghindari kerumunan, katanya kita bisa terhindar dari penyebaran virus COVID-19.

 

Saat pelaksanaan pembagian daging kurban, katanya pendistribusian harus dilakukan langsung oleh panitia dengan mendatangi rumah per rumah. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

"Qurban itu ada protokol kesehatan itu adalah harus ditangani oleh satu orang dan diantarkan ke rumah.Maka kepada Panitia-panitia baik dkm masjid atau dimana harus satu orang jangan banyak tangan itu ketentuan protokol kesehatan," tuturnya.

 

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya umat muslim di Jawa Barat untuk sama-sama menyambut hari raya qurban dengan baik serta tidak membuat kegaduhan yang dapat meresahkan masyarakat.


"Besok akan Idul Adha jagalah jangan mengeluarkan suatu pendapat ataupun aspirasi yang bikin kegaduhan. maka dari itu kepada masyarakat khususnya umat muslim jagalah jangan sampai idul qurban itu ternodai, dengan tidak aman justru adalah ini adalah menjaga kondusifitas," harapnya.(*)

Oleh: abdul basir / bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Komitmen bank bjb Gerakkan Ekonomi & Pariwisata
Pertamax Green 95 BBM Baru, Paduan Dari Tetes Tebu
LPI Jadi Inisiator Periksa Hoaks Pilkada 2024
Mahasiswa FISIP Unjani Perdalam Ilmu Pemerintahan
Dani Ramdan Resmi Kembali Jadi Pj Bupati Bekasi

Editorial



    sponsored links