free hit counter code Kota/Kab Diminta Siapkan Perencanaan Anggaran - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kota/Kab Diminta Siapkan Perencanaan Anggaran
bas Dian M Arfiana

Penyakit Menular di Jabar

Kota/Kab Diminta Siapkan Perencanaan Anggaran

JuaraNews Bandung  - Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Barat harus menyiapkan perencanaan dan penganggaran penanganan penyakit AIDS, Tuberkulosis dan Malaria (ATM).

 

Demikian dikatakan Koordinator Program Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) Jawa Barat  Dian M Arfiana usai rapat penyusunan dokumen perencanaan ATM kabupaten/kota di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/6/2024).

 

Menurutnya perencanaan dan penganggaran ini penting disiapkan lantaran Jawa Barat salah satu provinsi yang masih tinggi kasus penyakit ATM.

 

"Pertemuan ini kita ingin memotret kesiapan kabupaten/kota Jawa Barat dalam merespon kasus ATM. Khusus perencanaan dan penganggaran," ujar Dian

 

Tanpa perencanaan dan anggaran yang memadai kata dia, jangan harap ATM dapat selesai di Jawa Barat. Sebab itu dia berharap, pemerintah kabupaten/kota dapat serius dalam persiapannya dengan harapan kasus AIDS, Tuberkulosis dan Malaria dapat ditekan.

 

"Kalau misal dari perencanaan tidak menjadi prioritas, program strategis, anggaran tidak cukup. Kita pesimis ATM bisa dicegah, dikendalikan dan 2030 sebagai tahun eliminasi ATM akan gagal. Kalau tidak didukung perencanaan dan penganggaran yang memadai," ucapnya.

 

Mengenai kesiapan kota/kabupaten terhadap tiga penyakit menular tersebut, Dian mengungkapkan mayoritas nomenklatur perencanaan sudah terpenuhi. Baik terkait pelayanan terduga TBC, risiko terindikasi HIV AIDS, layanan orang yang sudah TBC dan Malaria sudah berjalan baik.

 

"Hasilnya, kalau dibandingkan 2023. Sudah cukup bagus. 2025 hampir semua lengkap 27 kabupaten/kota kecuali Cianjur, karena belum didampingi secara intensif dengan program. Dia belum mencantumkan nomenklatur tentang Malaria," ungkapnya.

 

Sebab itu dia berharap, melalui pertemuan ini perencanaan di kabupaten/kota terhadap ATM dapat berjalan maksimal. Terlebih dengan dilibatkannya sejumlah OPD seperti Dinkes, Bappeda, Dinsos dan DP3AKB. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kantongi SK Pasangan Cecep-Asep Semakin di Depan
Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
Johan Sebut Anggaran Pendidikan Jabar Sempat Naik
Bey Pastikan Selama MPLS tak Ada Perundungan
Jelang Pilkada, Kenali Petugas Pantarlih Coklit

Editorial



    sponsored links