free hit counter code Disdik Jabar Minta Guru BK Bekerja Lebih Optimal - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Disdik Jabar Minta Guru BK Bekerja Lebih Optimal
net ilustrasi perundungan

Disdik Jabar Minta Guru BK Bekerja Lebih Optimal

JuaraNews Bandung - Siswa SMK di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diduga jadi korban perundungan temannya di sekolah selama 3 tahun. 

 

Selama tiga tahun NFN (18) di bullying oleh teman di sekolahnya, hal ini mengakibatkan NFN mengalami depresi berat hingga akhirnya meninggal dunia belum lama ini.

 

Plh Kadisdik Jabar Ade Afriandi buka suara soal kasus perundungan yang terjadi di sekolah. Ia pun meminta satuan pendidikan  membuat langkah dengan mensosialisasikan bahaya resiko dari perundungan dan bully  kepada para siswanya.

 

Selain itu, peran guru Bimbingan Konseling (BK) juga  sangat diperlukan dalam pencegahan kasus perundungan dan bully di lingkungan sekolah.

 

“Mengoptimalkan peran guru BK, kemudian ada ruang yang cukup untuk guru BK bisa melayani peserta didik apapun kondisi selama di sekolah,” kata Ade saat dihubungi wartawan, Rabu (12/6/2024).

 

Tak hanya itu menurutnya, dalam  pencegahan perundungan dan bully diperlukan mulai dari sosialisasi edukasi dan struktur yang melibatkan melibatkan perangkat daerah atau stakeholder terkait.

 

“Programnya bisa kita lengkapi dari yang sudah ada, tidak hanya lewat verbal tapi bisa menggunakan video ataupun kegiatan yang lebih menyentuh seperti kegiatan agama, seperti memberikan materi selama 3 menit untuk menyampaikan sosialisasi bahayanya perundungan setelah shalat maupun sebelum shalat,“ tutupnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kantongi SK Pasangan Cecep-Asep Semakin di Depan
Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
Johan Sebut Anggaran Pendidikan Jabar Sempat Naik
Bey Pastikan Selama MPLS tak Ada Perundungan
Jelang Pilkada, Kenali Petugas Pantarlih Coklit

Editorial



    sponsored links