free hit counter code Cegah Bullying di Sekolah, Ini Tips Pencegahannya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Cegah Bullying di Sekolah, Ini Tips Pencegahannya
Ilustrasi perundungan atau bullying (Foto:net)

Cegah Bullying di Sekolah, Ini Tips Pencegahannya

JuaraNews, Bandung - Bullying atau perundungan yang kerap kali marak terutama dikalangan antar murid sekolah, bahkan akibat Bullying dapat menyebabkan hilangnya nyawa korban akibat kekerasan langsung, atau korban yang memutuskan mengakhiri hidup karena tidak tahan terus dirundung.

 

Tindakan bullying atau perundungan dapat menimbulkan dampak serius bagi korban, di antaranya afeksi, kognitif, dan konatif. Dampak negatif yang dirasakan korban, seperti hilangnya konsentrasi belajar, sampai menurunnya jumlah nilai dalam pelajaran.

 

Inilah beberapa cara untuk menghindari terjadinya Bullying atau Perundungan

 

1. Kenali Lingkungan

Kita harus mengenali dengan baik lingkungan di sekitar rumah, sekolah atau tempat rawan bullying. Pengenalan lingkungan ini termasuk orang-orang yang ada di dalamnya, misalnya kenali sikap teman-teman di sekitar kita, sebisa mungkin untuk tidak berinteraksi dan mendukung perlakuan buruk yang dilakukan oleh pelaku. 

 

2. Bangun Kepercayaan Diri 

Percaya diri, adalah percaya pada kemampuan atau kelebihan diri sendiri, ketika kita tahu kemampuan dan keunggulan diri, maka perasaan intimidasi yang dilakukan akan berkurang, namun jangan sampai juga rasa percaya diri ini tumbuh terlalu besar, sehingga sulit menerima kritikan. Kalau sudah begini maka kita jadi sulit menerima kritikan dan bisa-bisa menjadi pelaku bullying. 

 

3. Berteman Dengan Banyak Orang

Sebaiknya kita jangan sampai pilih-pilih teman, sebisa mungkin berbuat baiklah kepada semua orang yang ada di sekolah, Ketika kita memiliki banyak teman maka pelaku bullying tentu akan berpikir dua kali, untuk melakukan hal yang tidak baik itu. Jika kesulitan untuk berteman di sekolah atau di lingkungan rumah Coba minta saran kepada orang tua. 

 

4. Menanamkan Pola Pikir Anti Bullying

Kita harus sadar dan peka bahwa perilaku bullying itu bisa merugikan banyak orang, bahkan kita sendiri jika ada perilaku yang buruk di lingkungan sekitar, kita tidak boleh mencontoh dan menerapkannya di lingkungan. Dengan menanamkan pola pikir anti bullying, maka kecil kemungkinan kita menjadi pelaku bullying. 

 

5. Berani Bercerita Pada Orang Lain

Ketika melihat perilaku bullying, maka teman-teman harus berani cerita pada orang dewasa. Misalnya orang tua, wali murid dan guru, dengan begitu korban bullying akan mendapat perlindungan, bercerita juga membantu kita agar tindakan bullying tidak terjadi pada anak lainnya. 

 

Itulah 5 cara untuk mengindari terjadinya Bullying atau Perundungan, yang kami rangkum dari beberapa sumber, Minggu (16/6/2024). (*)

 

 

 

 

Rdsp

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kantongi SK Pasangan Cecep-Asep Semakin di Depan
Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
Johan Sebut Anggaran Pendidikan Jabar Sempat Naik
Bey Pastikan Selama MPLS tak Ada Perundungan
Jelang Pilkada, Kenali Petugas Pantarlih Coklit

Editorial



    sponsored links