free hit counter code API Pertunjukan Indonesia Sukses Gelar Munas ke-1 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
API Pertunjukan Indonesia Sukses Gelar Munas ke-1

API Pertunjukan Indonesia Sukses Gelar Munas ke-1

JuaraNews Bandung - Asosiasi Pekerja Industri (API) Pertunjukan Indonesia telah sukses menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-1 di Imah Seniman, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

 

Munas berlangsung pada 10 – 12 Juni 2024 ini dihadiri sejumlah anggota API Pertunjukan Indonesia dari sejumlah kota pun hadir, seperti dari Jakarta, Bandung, Yogya, Surabaya, Bali, Flores, Manado, Pontianak,  Lampung, Bengkulu, Pekanbaru Aceh dan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

 

Agenda utama Munas ke-1 ini adalah untuk memilih Ketua Presidium API Pertunjukan Indonesia dengan masa jabatan tahun 2024 – 2027 selain itu juga ajang pembahasan program kerja untuk tiga tahun mendatang.

 

"API Pertunjukan Indonesia ini sederhananya adalah organisasi profesi yang bersifat non-profit yang berawal dari inisiasi para pelaku pertunjukan yang bercita-cita mengupayakan kesejahteraan bersama untuk Indonesia," kata salah seorang Ketua Presidium API Pertunjukan Indonesia terpilih Reza Pamungkas, Rabu (12/6/2026).

 

Reza menuturkan, kegiatan Munas 1, API  Pertunjukan Indonesia ini berlangsung hangat dan semangat membara. Sehingga bisa memunculkan berbagai gagasan menarik dan beberapa tujuan program yang disepakati bersama untuk jangka pendek, menengah dan panjang sekian tahun kedepan. 

 

"Terpilih Ketua Presidium API  pada munas 1 ini yakni ; Inet Leimena, Reza Pamungkas dan Johan Didik, untuk masa jabatan tahun 2024 – 2027.  API yang membawa hawa positif dapat menjadi organisasi yang bermanfaat untuk kita bersama terutama pada pelaku industri pertunjukan dan masyarakat luas Indonesia," kata Reza.

 

Reza berpendapat, Indonesia, adalah negeri yang kaya akan seni budaya dengan beragam potensi kreatif yang wajib untuk dikembangkan melalui berbagai media yang juga terus berkembang  seiring dengan perkembangan jaman. 

 

"Perkembangan dunia pertunjukan terus bergulir seiring dengan beragam tingkat ekspresi dan tingkat apresiasi yang kemudian berkembang menjadi industri yang diikuti dengan meningkatnya profesionalisme para pelakunya," harapnya.

 

Maka, tegas Reza,  hidupkanlah satu ruang perkumpulan bagi pelaku dunia pertunjukan Indonesia yang dapat saling menghubungkan, saling mendukung untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu perkembangan dan peningkatan profesionalisme pelaku pekerja dunia pertunjukan, untuk Indonesia, untuk Dunia.

 

"Para pelaku kreatif ini menghasilkan karya-karya terbaik dari berbagai proses yang dilewatinya. Diawali dari sebuah ide (awal) hingga riset kajian teknis produksi sampai pada aplikasinya yang nantinya dapat dipertunjukkan  pada dunia," katanya.

 

Lebih jauh Reza menuturkan, pertunjukan adalah sesuatu (karya yang tercipta) yang dipertunjukkan/ dipertontonkan/ dipamerkan. Pertunjukan dihidupkan oleh berbagai elemen diantaranya : Team Kreatif, Team Produksi, Team Management, Talent, Audience, Tenant, Venue, Vendor, Media, Swasta, Pemerintah.

 

"Team Kreatif, Team Produksi, Team Management adalah para Pelaku, Pekerja Pertunjukan yang berproses berdampingan saling menghubungkan, mendukung, mengisi dengan porsinya masing-masing guna beninovasi, menjaga semangat kebersamaan dan berbagi kehangatan yang bergabung menyalakan ruang perkumpulan para Pelaku, Pekerja Pertunjukan Indonesia bagai satu filosofi API yang akan terus menyala," katanya.

 

Reza menambahkan, API dihidupkan dari beberapa unsur.  Berproses berdampingan, saling menghubungkan, saling mendukung dan mengisi dengan porsinya masing-masing.

 

"Percikan API, percikan ide untuk inovasi karya-karya yang akan tetap terjaga dengan baik. Api yang terus menyala merupakan semangat yang terus membara dan tetap ada. Api yang menghangatkan, berbagi kehangatan berinteraksi dengan banyak pihak lain." pungkasnya.(*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kantongi SK Pasangan Cecep-Asep Semakin di Depan
Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
Johan Sebut Anggaran Pendidikan Jabar Sempat Naik
Bey Pastikan Selama MPLS tak Ada Perundungan
Jelang Pilkada, Kenali Petugas Pantarlih Coklit

Editorial



    sponsored links