free hit counter code Orang Tua Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Anak - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Orang Tua Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Anak

Orang Tua Punya Peran Penting Cegah Kekerasan Anak

  • Rabu, 22 November 2023 | 15:25:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - Anggota DPRD Jabar dapil Kabupaten Cianjur Lilis Boy menyoroti tingginya kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Cianjur.

 

Sebab berdasarkan data pada laman Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (Simfoni-PPA) tahun 2023 tercatat sudah terjadi 1.076 kasus kekerasan di Jawa Barat. Korbannya menimpa 391 anak laki-laki dan 896 anak perempuan.

 

Adapun pelaku kekerasan anak pada 2023 tercatat paling banyak dilakukan orang tua sebanyak 180 kasus, pacar/teman 168 kasus dan lainnya 162 kasus. Disusul tetangga 85 kasus, keluarga/saudara 78 kasus orang tak dikenal atau NA 33 kasus dan guru 31 kasus.

 

"Diharapkan melalui sosialisasi perda ini bisa menekan kasus kekerasan terhadap anak," ujar Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Partai Demokrat, Lilis Boy

 

Lilis Boy juga mengingatkan akan pentingnya peran orang tua dalam mengawasi perilaku anak agar anak tidak menjadi korban maupun pelaku kekerasan. Pengawasan orang tua terhadap akses internet pun sebaiknya dilakukan, terlebih untuk hal-hal yang dinilai akan berdampak buruk pada perilaku anak. 

 

“Saya melihat banyak anak-anak yang butuh perlindungan, rasa aman dari berbagai bentuk kekerasan. Banyak faktor yang mengakibatkan kekerasan itu muncul, pengaruh negatif internet, kurang harmonisnya keluarga yang didalamnya banyak anak-anak menjadi korban,” tandasnya. (*)

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Perda Trantibumlimas Lindungi Rasa Aman Masyarakat
Johan J Anwari Perda Perlindungan Anak Penting
Johan J Anwari Sosper Perda Perlindungan Anak
Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025

Editorial



    sponsored links