free hit counter code 156 Karya dari Jabar jadi Warisan Budaya Takbenda - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
156 Karya dari Jabar jadi Warisan Budaya Takbenda
(humas pemprov jabar) West Java Festival 2023 di depan Gedung Sate

156 Karya dari Jabar jadi Warisan Budaya Takbenda

  • Minggu, 3 September 2023 | 21:55:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Hingga 2023 tercatat sebanyak 156 karya budaya Provinsi Jabar telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek).


Catatan sebanyak itu merupakan bentuk perhatian Pemprov Jabar untuk melindungi kebudayaan agar tak dilupakan atau ditinggalkan.


Sertifikat WBTb kemudian diserahkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil selaku wakil pemerintah pusat kepada 27 bupati dan wali kota saat gelaran Karnaval Pekan Kebudayaan Daerah di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (3/9/2023).


Karnaval Pekan Kebudayaan Daerah merupakan rangkaian acara dari West Java Festival (WJF) 2023 yang digelar Pemdaprov Jabar, Sabtu-Minggu (2-3/9/2023).


Karnaval yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB memamerkan seni budaya dari kabupaten/kota dan pawai keliling sekitaran area Gedung Sate.


"Jumlah Warisan Budaya Takbenda yang diakui Indonesia paling banyak ekspresi budayanya datang dari Jabar," ujar Ridwan Kamil.


Sejumlah karya budaya Jabar yang telah mendapatkan sertifikat WBTb berkesempatan tampil pada karnaval pekan kebudayaan daerah yang merupakan rangkaian dari West Java Festival 2023.


Barisan karnaval dari 3 representasi budaya Jabar melintas di tenda VIP disaksikan ribuan orang, khususnya dari Kota Bandung.


"Hari ini adalah West Java Festival sampai nanti malam untuk merayakan kegembiraan," ujar Ridwan Kamil.


Gubernur menuturkan, karnaval budaya merupakan bentuk apresiasi kepada para budayawan dan seniman terus melestarikan kebudayaan.


Gubernur berharap penetapan WBTb menambah semangat dalam pengembangan kebudayaan sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.


"Terima kasih untuk semua pihak yang sudah melestarikan kebudayaan Jabar," ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, di hadapan ribuan masyarakat, Gubernur melaporkan pembangunan Jabar selama 5 tahun kepemimpinannya bersama Wagub Uu Ruzhanul Ulum.


"555 penghargaan untuk perubahan-perubahan selama lima tahun," sebut Emil.


West Java Festival menjadi momen perpisahan bagi Ridwan Kamil karena akan mengakhiri masa jabatannya pada Selasa, 5 September 2023.


Dia berharap masyarakat mengapresiasi capain-capaian pembangunan Jabar selama 5 tahun bersama Uu Ruzhanul Ulum.


"Ini sekaligus momen perpisahan pamitan saya dan Pak Uu berserta istri yang akan mengakhiri jabatan besok. Mudah-mudahan selama 5 tahun yang menjadi prestasi dapat diapresiasi, kurang-kurangnya tentu menjadi evaluasi," sebut Emil.


Ia pun mengucapkan terima kasihnya kepada warga Jabar yang sudah mempercayainya memimpin Jabar sejak 5 September 2018.


"Terima kasih warga Jabar sudah mempercayai kami, mohon maaf lahir batin karena tentunya masih banyak kekurangan walaupun prestasinya juga luar biasa. Pileuleuyan warga Jabar, hatur nuhun," ujar Ridwan Kamil. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links