free hit counter code Yuk, ke Kontes & Expo Pangan Murah di Sumedang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Yuk, ke Kontes & Expo Pangan Murah di Sumedang

Yuk, ke Kontes & Expo Pangan Murah di Sumedang

JuaraNews Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar akan menggelar kontes ternak dan expo pangan murah di Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Sabtu (20/7/2023).

 

Sekretaris DKPP Jabar Indriantari mengatakan kegiatan tersebut digelar merupakan bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap para peternak di Jabar.

 

Indriantari mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut diisi berbagai kegiatan, 

mulai dari kontes ayam hias, ayam sentul, domba, sapi perah hingga sapi potong. 

 

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan tersebut turut dilaksanakan pameran peternakan, juga sosialisasi dan edukasi akan protein hewani hingga pasar murah.

 

"Kita akan melaksanakan kontes ternak dan pangan 22 Juli nanti di Kiarapayung. Jadi silahkan warga Jabar bisa berbelanja 11 pangan pokok yang akan kita gelar disana yang pastinya harganya lebih murah dari harga pasar," ujarnya dalam Jabar Punya Informasi (Japri) Volume 128, bertajuk Kontes Ternak dan Expo Pangan Tingkat Jawa Barat Tahun 2023, di Gedung Sate, Kamis (20/7/2023).

 

Indri menambahkan, sekitar 1.500 peternak dari 27 kota/kabupaten akan hadir, menyemarakkan acara ini. Dimana peserta kontes ini, hasil dari seleksi yang telah dilakukan sebelumnya.

 

Selain itu, kontes ini juga menjadi media untuk menginformasikan kepada masyarakat, bahwa Jawa Barat memiliki genetik hewan ternak yang baik, sehingga perlu didukung dan diapresiasi.

 

"Kita ingin menyampaikan bahwa ada sumber daya genetik lokal Jawa Barat yang bisa kita kembangkan, seperti Domba Garut, Ayam Sentul dan Sapi Pasundan. (Juga) ingin menyampaikan ke masyarakat bahwa kita sudah pulih ekonomi kita pasca Covid dan PMK di Jawa Barat, dimana para pelaku usaha kita hadirkan disana. Ada kolaborasi dari hulu hingga hilir," ucapnya.

 

Tidak hanya itu, dia menuturkan masyarakat untuk tidak khawatir datang di kegiatan ini, khususnya akan potensi tertular penyakit dari hewan. Sebab telah dipastikan, seluruh hewan yang datang sudah menjalani serangkaian pemeriksaan dan vaksin sebagai mitigasi.

 

"Jadi pertama, kita yakinkan ternak yang masuk adalah ternak sehat. Termasuk mitigasi anthrax. Kita yakinkan peserta itu sudah di vaksin. Ternak kita sebut peserta. Vaksin PMK, anthrax dan sebagainya," imbuhnya.

 

Indri berharap, dari acara ini dapat memotivasi para peternak agar semakin berkembang dan semangat dalam menghasilkan bibit berkualitas, dimana nantinya bermuara pada pemenuhan kebutuhan hewani bagi masyarakat Jawa Barat di masa depan.

 

"Target, peternak kita makin berkembang, menghasilkan bibit berkualitas, kemudian akhirnya pemenuhan kebutuhan pangan di Jawa Barat itu bisa dipenuhi dari Jabar," tandasnya. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Ayo Dirikan Perkemahan Solidaritas Palestina
BK Award DPRD Jabar Jadi Percontohan Kota/Kab
May Day, Bey Ajak Buruh Hadirkan Kegiatan Positif
Mahasiswa FIS Unpas Tuntas Magang Jurnalistik
Johan J Anwari Tinjau Sarana Prasarana SLB Cimerak

Editorial



    sponsored links