free hit counter code Bapeten Belum Terima Informasi Adanya Paparan Radiasi Nuklir Dampak Gempa Cianjur - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Bapeten Belum Terima Informasi Adanya Paparan Radiasi Nuklir Dampak Gempa Cianjur

Bapeten Belum Terima Informasi Adanya Paparan Radiasi Nuklir Dampak Gempa Cianjur

  • Rabu, 30 November 2022 | 17:25:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews Bandung - Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) belum menerima informasi adanya paparan radiasi nuklir akibat gempa bumi dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur.

 

Hal itu dikatakan, Koordinator Komunikasi Publik Bapeten Abdul Qohhar Teguh Eko Prasetyo, kepada wartawan acara Desiminasi Pengawasan dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir, di Kota Bandung, Rabu (30/11/2022).

"Sampai saat ini kita belum menerima informasi yang pasti, apakah ada dampak khusus terhadap fasilitas-fasilitas yang berpotensi menimbulkan radiasi nuklir di Cianjur," katanya.

 

Namun, katanya, saat terjadi gempa listrik padam, sehingga unsur radioaktif dari peralatan medis di rumah sakit di wilayah terdampak gempa tidak secara otomatis menimbulkan paparan radiasi.

 

"Kalau kita berbicara fasilitas radiasi alat ronsen kebanyakan. alat ronsen ini bisa mengeluarkan radiasi kalau ada gempa pasti listrik mati, dalam kontek ini pasti tidak ada radiasi yang keluar," tandasnya.

 

Abdul menerangkan bahwa jika ada kejadian gempa di satu wilayah, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat selaku pemegang data fasilitas kesehatan.

 

"Nah, nanti kita dapat memastikan apakah, ada fasilitas yang terdampak atau tidak, kalau ada apakah ada dampak ke masyarakat apa tidak?" terangnya.

 

Meski begitu, dia mengaku masih menunggu kabar pasti dari pihak perizinan maupun inspeksi di Kabupaten Cianjur,Abdul pun mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan khawatir terkait radiasi akibat gempa Cianjur, selama tidak ada informasi resmi dari Bapeten.

 

"Kalau ada terjadi sesuatu kita akan informasikan kepada masyarakat. selama tidak ada informasi Insya Allah aman," tandasnya. (*)

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Jabar Mitigasi Bencana Hidrometeorologi saat Mudik
Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi

Editorial



    sponsored links