free hit counter code Disdik Jabar Libatkan Konsultan Kaji Kelayakan Bangunan SMA/SMK di Cianjur Pascagempa - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Disdik Jabar Libatkan Konsultan Kaji Kelayakan Bangunan SMA/SMK di Cianjur Pascagempa
(istimewa) Kadisdik Jabar melakukan peninjauan pada sekolah-sekolah terdampak gempa Cianjur, Selasa (22/11/2022)

Disdik Jabar Libatkan Konsultan Kaji Kelayakan Bangunan SMA/SMK di Cianjur Pascagempa

  • Rabu, 23 November 2022 | 10:29:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Cianjur – Pascagempa yang memporakporandakan Kabupaten Cianjur, Dinas Pendidikan (Disdik Jabar) melaporkan sedikitnya 138 ruang kelas dari 26 sekolah mengalami kerusakan dengan kategori ringan hingga berar. Untuk menjamin keberlangsungan kegiatan belajar mengajar (KBM) Disdik Jabar menggandeng konsultan untuk mengkaji kelayakan bangunan sekolah itu


"Dari total dari 26 itu hampir di 138 ruang kelas, termasuk ruang guru dia antaranya rusak berat. Dari pantauan kami yang terberat di daerah Cugenang dan juga di daerah Cilaku, termasuk SMAN 1 Cianjur," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dedi Sopandi, Selasa (22/11/2022.


Dedi Supandi melanjutkan, pascagempa 5,6 SR yang terjadi di Kabupaten Cianjur, pihaknya langsung melakukan assesment dengan meninjau beberapa sekolah yang terdampak.


“Berdasarkan hasil peninjauan, kami akan melibatkan tim konsultan untuk mengkaji kelaikan bangunan sekolah sebagai tempat belajar,” katanya saat meninjau SMKN 1 Cugenang Kabupaten Cianjur.


Sebagai langkah awal, tambah Dedi, kami meminta satuan pendidikan yang sekolahnya terkena dampak bencana gempa agar melakukan pembersihan lokasi. Setelah dibersihkan, untuk sekolah yang mengalami kerusakan di atas 50 % kerusakannya pihaknya akan mencoba menyampaikan surat permintaan bantuan tenda untuk proses pembelajaran.


"Di samping itu sambil berjalan ada tim konsultan yang melihat, menilai kelayakan bangunan sekolah apakah bisa digunakan untuk proses belajar mengajar atau memang membahayakan," katanya.


Selain itu, Dedi memastikan, Disdik Jabar akan membuat sejumlah langkah untuk memperbaiki bangunan sekolah yang terkena dampak gempa.


"Kita pun juga telah menyampaikan ke Kemendikbud, kita akan membuat langkah-langkah untuk perbaikan sarana baik itu yang bersumber dari DAK pusat, APBD, ataupun nanti CSR, atau anggaran belanja tidak terduga," jelasnya.(*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links