blog counter

Hot News


Opini


    Waspada, Selama 2 Hari Perairan Jabar Selatan Berpotensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter



    Waspada, Selama 2 Hari Perairan Jabar Selatan Berpotensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter
    Selama dua hari, pesisir selatan Jawa Barat diperkirakan bakal dilanda gelombang tinggi hingga 4 meter (istimewa)

    JuaraNews, Bandung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi. Kondisi ini diperkirakan bakal terjadi di perairan Jawa Barat selatan selama dua hari


    Gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Barat hingga besok, Kamis (3/11/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi tersebut.


    Ketinggian gelombang yang kemungkinan bakal terjadi itu diperkirakan antara 2,5 hingga 4 meter. Nyaris seluruh perairan Jawa Barat selatan mulai perairan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, hingga Pangandaran diprediksi akan terdampak oleh gelombang tinggi ini


    "Gelombang tinggi dipengaruhi pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat," ungkap Prakirawan BMKG, Sarwadi, Rabu (02/11/2022).


    Sementara itu, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 15 knot.


    Dengan kondisi ini, BMKG berharap agar pengguna transportasi air berikut pengelolanya agar memperhatikan faktor keselamatan pelayaran. BMKG menyebutkan, perahu nelayan dengan batas kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m. Kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m. Kapal Ferry pada batas kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m. Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar pada kecepatan angin lebih dan 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m.


    "Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir dan sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tutup Sarwadi.(*)

    Aep

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Duka Dunia Pendidikan, Akibat Gempa Cianjur 56 Guru Meninggal Dunia
    Jelambar Jaksel Diterjang Hujan dan Angin Kencang, 16 Rumah Roboh
    Polri Gelar Trauma Healing, Polwan Cantik Dampingi Anak-anak Korban Gempa Cianjur
    Hari ini 8 Jiwa Ditemukan, Total Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur Tercatat 318 Orang
    Pemprov Jabar Dirikan 15 Posko Bencana Gempa Cianjur, Total dikerahkan 31.058 SDM
    Berita Terdahulu

    Editorial


      KBB

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads