free hit counter code BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi 4 Meter di Selatan Jabar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi 4 Meter di Selatan Jabar
(Foto: Ist) Gelombang tinggi diprediksi akan terjadi hingga 4 meter di laut selatan Jabar

BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi 4 Meter di Selatan Jabar

  • Senin, 19 September 2022 | 15:42:00 WIB
  • 0 Komentar

Bandung, Juaranews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta warga yang bermukim di sekitar pantai Selatan Jawa Barat untuk selalu waspada. Di wilayah perairan selatan Jawa Barat ittu, BMKG memperkirakan bakal terjadi gelombang setinggi hingga 4 meter.

Beberapa kawasan yang berpotensi terjadi gelombang tinggi antara 2 hingga 4 meter di antaranya perairan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, hingga Pangandaran. Potensi gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Samudera Hindia selatan di wilayah tersebut. Gelombang tinggi itu, berpotensi terjadi hari ini hingga Selasa (20/9/2022).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap, Feriharti Nugrohowati.

Menurut dia, gelombang tinggi dipengaruhi pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Barat Lampung, Selat Sunda, Perairan Selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru," ujar dia.

Atas kondisi, masyarakat diminta memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Di mana perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m). Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m). Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m).

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi

Editorial



    sponsored links