free hit counter code Banjir Berhari-hari, Warga Desa Bunisari Pangandaran Terisolir - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Banjir Berhari-hari, Warga Desa Bunisari Pangandaran Terisolir
(Foto: iNews.id) Relawan Tagana harus menggunakan rakit untuk menjangkau permukiman di Desa Bunisar, Kabupaten Pangandaran, yang terendam banjir.

Banjir Berhari-hari, Warga Desa Bunisari Pangandaran Terisolir

  • Rabu, 28 September 2022 | 15:09:00 WIB
  • 0 Komentar

Pangandaran, Juaranews – Banjir yang menggenang di wilayah Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran hingga saat ini belum juga surut. Akibatnya, Ratusan warga yang tinggal di desa tersebut masih terisolasi.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun redaksi, tercatat sebanyak 152 KK masih bertahan di perkampungan, meski beberapa di antaranya sudah mengungsi ke tempat yang lebih kering. Selain itu banyak warga berinisiatif membuat rakit dari bambu agar aktivitas sehari-hari bisa berjalan.

Terpantau, relawan dari Tagana harus mengevakuasi barang-barang milik warga karena rumahnya terendam banjir hingga dada orang dewasa sebagaimana dikutip dari iNews, Rabu (28/9/2022). Evakuasi dilakukan agar perabotan rumah tangga terutama jenis elektronik tidak rusak.

Dinas Sosial (Dinsos) Jabar pun sudah turun ke Desa Bunisari untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terisolasi, berupa perahu karet untuk sarana penyeberangan dan makanan serta alat-alat kebersihan.

Sekretaris Dinsos Jabar, Enok Komariah mengatakan, melihat penanganan dampak banjir di lokasi tersebut sudah sangat baik karena ada petugas dari Tagana yang selalu siaga di lokasi.

"Kami membawa bantuan yang bersumber dari APBD dan APBD sekitar Rp213 juta yang terdiri dari makan alat-alat kebersihan dan lain-lain. Kami juga membawa perahu untuk membantu masyarakat," kata Enok, Rabu (28/9/2022).

Sementara itu, Ketua Tagana Kabupaten Pangandaran, Nana Suryana menyebutkan, semenjak ada laporan banjir relawannya sudah standby di lokasi dan ini sudah hari ke empat Tagana berada di lokasi. Ada sekitar 50 personel Tagana yang dipersiapkan dan standby siang dan malam. Sementara itu, Sekdis Dinsos Jabar dengan menggunakan perahu karet mengunjungi setiap rumah warga yang terisolasi. Terdapat pula rumah yang tidak terendam, namun tetap tak bisa ke mana-mana lantaran akses yang tidak bisa digunakan.

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Satpol PP Tertibkan PKL Depan Pasar Kembar Bandung
Bey Ajak Masyarakat Nobar Persib di Gedung Sate
Jelang PPDB, Kepsek Tandatangani Pakta Integritas
Tegaskan Komitmen Pelayanan Terbaik dan Inovasi
PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip KTT WWF

Editorial



    sponsored links