blog counter

Setiawan Wangsaatmaja: Program Jabar Satu Data Penting Guna Tunjang Kelancaran Pembangunan



Setiawan Wangsaatmaja: Program Jabar Satu Data Penting Guna Tunjang Kelancaran Pembangunan

JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar terus menggencarkan penyatuan data semua instansi yang berada lingkungan pemerintah Jabar. Hal tersebut guna memperkuat penyediaan data dan informasi sektoral yang berkualitas.

 

Hal itu disampaikan, Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri Launching Publikasi Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022, di Hotel Holiday INN, Kamis (17/3/2022).

 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS Jabar bDyah Anugrah Kuswardani serta perwakilan dinas/instansi/OPD di lingkungan Pemprov Jabar.

 

"Sampai dengan saat ini kami masih membicarakan masalah satu data. Di Jabar menginginkan semua akan sama karena itu proses digitalisasi ini menjadi hal yang penting, sekali memasukan angka untuk tertentu itu akan dipublikasikan," Ucapnya.

 

Setiawan menekankan pentingnya pemanfaatan data berkualitas dalam proses perencanaan, monitoring dan evaluasi sebuah pembangunan.

 

"Oleh karena itu, mau tidak mau kita harus menyatukan maka Jabar mempunyai program satu data satu peta dan ada yang sifatnya untuk dipublikasikan," tandasnya.

 

Maka dari itu, Setiawan mengimbau agar seluruh dinas/instansi/lembaga terkait senantiasa memperkuat penyediaan data dan informasi sektoral berkualitas yang akan disajikan pada Provinsi Jawa Barat Dalam Angka di tahun-tahun mendatang. 

 

"Data dalam sebuah digitalisasi itu sangat penting karena semua akan terinformasikan data secara real time," katanya.

 

Sementara itu, Kepala BPS Jabar, Dyah Anugrah Kuswardani mengatakan Publikasi ini tidak hanya menampilkan data statistik dasar yang dihasilkan oleh BPS saja, namun juga menyajikan data statistik sektoral yang dihasilkan oleh instansi pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah. 

 

 

"Ini menampung data-data dari teman-teman dinas maupun instansi untuk ditampilkan dalam angka. Jadi ini bukan data BPS semua," ucapnya

 

Menurutnya, Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2022 disusun melalui kolaborasi antar instansi pemerintah dengan semangat mewujudkan Satu Data Indonesia. 

 

"Seperti yang disampaikan Sekda Jabar yaitu good data is good decision. Jadi keputusan yang bagus itu harus berlandaskan data.Ngga bisa kita ambil keputusan ngawang-ngawang. Harus berdasarkan fakta," tandasnya. 

 

Pengguna data, baik pemerintah daerah maupun masyarakat umum, dapat mengakses dan mengunduh publikasi Jawa Barat Dalam Angka melalui laman web BPS di https://jabar.bps.go.id. (*)

 

bas

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Setiawan Wangsaatmaja Sebut Indeks Reformasi Birokrasi di Jabar Lampaui Target
DPRD Jabar Dorong Pelayanan Kesehatan di RSUD Bogor Utara Lebih Baik
Jangan Tarik Gubernur dalam Proses Pemilihan Ketua Umum KONI Jabar
Jalin Sinergitas Lembaga TNI, Kodam III/Siliwangi Gelar Pameran Inovasi dan Teknologi
Ketua YKP BJB dan Ketua Stie Ekuitas akan Dipolisikan Agus Mulyana
Berita Terdahulu

Editorial


    Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
    Iklan Lebaran Pemkot Bandung

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads