blog counter

DPRD Minta Pemprov Jabar Gali Potensi Desa

  • Selasa, 22 Februari 2022 | 14:35:00 WIB
  • 0 Komentar


DPRD Minta Pemprov Jabar Gali Potensi Desa

JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar diharapkan dapat menggali potensi desa. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian. Demikian disampaikan, Anggota Komisi II DPRD Jabar, Dadang Kurniawan, Belum lama ini

 

Program desa wisata merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan

 

"Jadi pembangunan desa dapat ditopang salah satunya dengan mengembangkan desa wisata. Tiap desa harus bisa mengamati dan menggali potensi yang ada karena banyak kemungkinan ya punya desa daya tarik. Seperti adanya curug tersembunyi itu bisa digarap sebagai wahana wisata desa yang membawa manfaat secara ekonomi bagi masyarakat,” kata Dadung, Selasa (22/2/202)

 

Dadung menjelaskan pengembangan desa wisata juga merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Tentunya, jika berhasil dikembangkan maka akan berdampak pada peningkatan produktivitas dan perputaran ekonomi.

 

 

"Lebih jauh lagi kalau tata kelola bagus bisa jadi bermunculan desa wisata berkelas dunia. Wah ini keren pastinya. Bisa menjadi pendorong terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional. Makanya seluruh Pemda dan Pemdes harus jeli melihat potensi yang ada di desa,”ujarnya.

 

Menurutnya, tak dapat dipungkiri, sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat khususnya. Bagaimana tidak, dampak yang terasa dari sektor ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, peningkatan penerimaan devisa dari sektor pariwisata, penyerapan tenaga kerja pariwisata, dan kenaikan indeks daya saing pariwisata.

 

Sebagaimana diketahui, sebanyak lima desa di Jawa Barat menjadi juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertema “Dari Desa, Indonesia Bangkit” dengan subtema “Desa Wisata Kelas Dunia, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan.”

 

Dalam anugerah yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut, ada 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia ikut berpartisipasi.

 

Dari 1.831 desa tersebut, terpilih 50 desa wisata terbaik berdasarkan tujuh kategori, yakni kategori daya terik wisata (alam dan buatan, serta seni budaya), kategori homestay, kategori souvenir (fashion, kriya, dan kuliner), kategori CHSE, kategori toilet umum, kategori konten kreatif, dan kategori desa digital.

 

Adapun kelima desa di Jabar yang meraih juara, yakni Desa Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon (Juara 2 Kategori Konten Kreatif), Desa Alam Endah Kabupaten Bandung (Juara 2 Kategori Desa Digital), Desa Ciburial Kabupaten Garut (Juara 2 Kategori Toilet Umum), Desa Cisande Kabupaten Sukabumi (Juara 5 Kategori Toilet Umum), dan Desa Selasari Kabupaten Pangandaran (Juara 4 Klasifikasi Khusus Desa Wisata Maju ADWI 2021). (*)

 

bas

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Perempuan Harus Kokoh Hadapi Pengaruh Negatif Revolusi 4.0
Siti Muntamah Selalu Berkomitmen Dukung Pengembangan UMKM
Siti Muntamah: Barisan Emak-emak Menangis Lihat Harga Minyak Tinggi Sekali
Siti Muntamah: Indonesia Butuh Undang-undang Keluarga
Siti Muntamah Ajak Umat Islam Maksimalkan Amalan di Penghujung Ramadhan
Berita Terdahulu

Editorial


    Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
    Iklan Lebaran Pemkot Bandung

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads