Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunung Sewu

    • Senin, 1 November 2021 | 09:48:00 WIB
    • 0 Komentar


    Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunung Sewu

    JuaraNews, Bandung - Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro secara resmi menutup Diklat Pengembangan UMKM di kawasan UGGp Gunung Sewu, di Pendopo Mojo Arum, Desa Jarum, Klaten, Jumat (29/10/2021).

     

    Setelah menutup Diklat, Bambang Utoro bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Klaten, Ny Endang Yoga Hardaya; dan Ketua Tim Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wira Usaha Baru Uci Zulfikri; beserta pengajar berkeliling melihat pameran hasil karya para peserta Diklat, berupa batik kayu dengan pewarna alami, dan anyaman.

     

    Bambang Utoro mengungkapkan, Diklat Pengembangan UMKM di kawasan Geopark yang digelar selama 5 hari (25-29 Oktober 2021) tersebut merupakan upaya kerja sama antara pengurus Dekranas dengan PPSDM Geominerba Kementerian ESDM dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya para pelaku UMKM industri kreatif yang terdapat di sekitar kawasan geopark.

     

    Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan Geopark ini mengambil tema pewarnaan dengan material alami pada bahan batik, kayu dan anyaman. Yang mana telah disampaikan oleh narasumber yang kompeten dalam pengembangan seni kria dan telah memasarkan produknya, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. 
     

    Dalam diklat tersebut diisi dengan sharing ilmu tentang market, tantangan, dan tren pasar. Para peserta juga melakukan praktik dan eksperimen media dan bahan pewarnaan alam. Terakhir disampaikan materi terkait pengembangan pasar dan tren terkini. Selain materi inti terkait pewarnaan alami, peserta juga diberi bekal pengetahuan tentang aspek geopark Gunung Sewu.  Di hari terakhir, Jumat (29/10/2021), para peserta menampilkan seluruh hasil karyanya.
     

    Bambang Utoro berharap Diklat Pengembangan UMKM di kawasan Geopark yang digelar PSDM Geominerba di Desa Jarum, ke depannya bisa meningkatkan variasi produknya. Tidak terbatas pada batik wastra, tetapi material lainnya yang terdapat di sekitar kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Sewu.

     

    "Semoga dengan Diklat ini, produk-produk dari teman-teman pengajin semakin bervariatif, berkualitas, kapasitasnya produksinya meningkat serta jangkauan pemasarannya semakin luas. Baik dari wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara, baik dipasarkan secara langsung (offline) maupun secara online," ujar Bambang Utoro. (*)

    Oleh: JuaraNews / jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tinjau Banjir Bandang di Garut, Wagub Jabar Janji Segera PerbaikI Jembatan yang Putus
    Lahirkan Relawan Bencana yang Tangguh, Jabar Quick Response Gelar Pelatihan Water Rescue
    Pengurus AMSI Jabar Dilantik, Gelar Seminar Media Siber: Sehat Bisnisnya, Berkualitas Kontennya
    Pesan Ridwan Kamil untuk Pemuda menuju Indonesia Emas 2045
    Gubernur Ridwan Kamil Dorong Masjid Kembangkan Kencleng Digital
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads