free hit counter code Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunung Sewu - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunung Sewu
(istimewa/ppsdm geominerba)

Penutupan Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan UMKM di Kawasan UGGp Gunung Sewu

  • Senin, 1 November 2021 | 09:48:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Kepala PPSDM Geominerba Bambang Utoro secara resmi menutup Diklat Pengembangan UMKM di kawasan UGGp Gunung Sewu, di Pendopo Mojo Arum, Desa Jarum, Klaten, Jumat (29/10/2021).

 

Setelah menutup Diklat, Bambang Utoro bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Klaten, Ny Endang Yoga Hardaya; dan Ketua Tim Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wira Usaha Baru Uci Zulfikri; beserta pengajar berkeliling melihat pameran hasil karya para peserta Diklat, berupa batik kayu dengan pewarna alami, dan anyaman.

 

Bambang Utoro mengungkapkan, Diklat Pengembangan UMKM di kawasan Geopark yang digelar selama 5 hari (25-29 Oktober 2021) tersebut merupakan upaya kerja sama antara pengurus Dekranas dengan PPSDM Geominerba Kementerian ESDM dalam rangka pengembangan sumber daya manusia, khususnya para pelaku UMKM industri kreatif yang terdapat di sekitar kawasan geopark.

 

Diklat Pengembangan UMKM di Kawasan Geopark ini mengambil tema pewarnaan dengan material alami pada bahan batik, kayu dan anyaman. Yang mana telah disampaikan oleh narasumber yang kompeten dalam pengembangan seni kria dan telah memasarkan produknya, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. 
 

Dalam diklat tersebut diisi dengan sharing ilmu tentang market, tantangan, dan tren pasar. Para peserta juga melakukan praktik dan eksperimen media dan bahan pewarnaan alam. Terakhir disampaikan materi terkait pengembangan pasar dan tren terkini. Selain materi inti terkait pewarnaan alami, peserta juga diberi bekal pengetahuan tentang aspek geopark Gunung Sewu.  Di hari terakhir, Jumat (29/10/2021), para peserta menampilkan seluruh hasil karyanya.
 

Bambang Utoro berharap Diklat Pengembangan UMKM di kawasan Geopark yang digelar PSDM Geominerba di Desa Jarum, ke depannya bisa meningkatkan variasi produknya. Tidak terbatas pada batik wastra, tetapi material lainnya yang terdapat di sekitar kawasan UNESCO Global Geopark Gunung Sewu.

 

"Semoga dengan Diklat ini, produk-produk dari teman-teman pengajin semakin bervariatif, berkualitas, kapasitasnya produksinya meningkat serta jangkauan pemasarannya semakin luas. Baik dari wisatawan Nusantara maupun wisatawan mancanegara, baik dipasarkan secara langsung (offline) maupun secara online," ujar Bambang Utoro. (*)

Oleh: JuaraNews / jn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi
Komisi V Dorong Penerbitan Kepgub Upah Buruh

Editorial



    sponsored links