free hit counter code Kadisdik Jabar Harap Forum Guru Jadi Wadah Pendidikan Pancasila - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kadisdik Jabar Harap Forum Guru Jadi Wadah Pendidikan Pancasila
bas Kadisdik Jabar, Dedi Supandi

Kadisdik Jabar Harap Forum Guru Jadi Wadah Pendidikan Pancasila

 

JuaraNews, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dedi Supandi berharap Forum guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKN) menjadi wadah berbagai kegiatan yang menyangkut dengan pendidikan pancasila.


Menurutnya, pendidikan pancasila penting di terapkan di jenjang sekolah, hal itu bagian dalam mencapai tujuan Indonesia Emas pada tahun 2045.


Dedi Supandi mengatakan hal itu, usai menghadapi kegiatan Parlemen Mengabdi 2021 dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila di Grand Sunshine Resort and Convention Hotel, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (17/6/2021).


"Saya apresiasi agenda tentang kebudayaan pancasila salah satunya disektor pendidikan.Kita sudah sampaikan ke forum guru PPKN dan berharap guru PPKN ini menjadi tempat call centernya beberapa agenda yang menyangkut dengan pancasila," katanya.


Dedi mengatakan, kedepannya, akan mencoba lebih implementatif terutama terkait penerapan budaya Pancasila setiap hari di sekolah-sekolah.


"Sebagai contoh, senin ada wawasan kebangsaan, selasa anti korupsi, Rabu nasionalisme. seperti itu yang akan kita lakukan itu dalam rangka membimbingkan budaya-budaya Pancasila," ucapannya.


Diberitakan sebelumnya, DPRD Jabar mendorong penguatan mata pelajaran pancasila dalam dunia pendidikan khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).


Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman mengatakan pendidikan pancasila sangat penting untuk membentuk karakter siswa, dalam mencapai tujuan Indonesia Emas pada tahun 2045.


"Kita memiliki gambaran mengimplementasikan bagaimana Pancasila bisa diterapkan di jenjang pendidikan menengah, kita berbicara tujuan emas. Justru generasi muda ini akan menjadi calon penerus di 2045," ucapnya.


Bedi menyebut, pihaknya akan mendorong persoalan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN), diantaranya Silabus dan metode atau cara mengajar pancasila. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar
Pemprov Jabar Diminta Selesaikan Sertifikasi Aset
44 Anggota DPRD Jabar Belum Laporkan LHKPN
KPK Ingatkan Pemprov  Soal Pencegahan Korupsi
Perluasan Wolbachia Jabar tunggu Hasil Ujungberung

Editorial



    sponsored links