free hit counter code DPRD Jabar Dorong Penguatan Mata Pelajaran Pancasila - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
DPRD Jabar Dorong Penguatan Mata Pelajaran Pancasila
bas Konferensi pers Parlemen Mengabdi 2021 dan peringatan hari lahir Pancasila di Grand Sunshine Resort and Convention Hotel, Soreang, Kabupaten Bandung.

DPRD Jabar Dorong Penguatan Mata Pelajaran Pancasila

 

JuaraNews, Bandung - DPRD Jabar mendorong penguatan mata pelajaran pancasila dalam dunia pendidikan khususnya di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).


Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman mengatakan pendidikan pancasila sangat penting untuk membentuk karakter siswa, dalam mencapai tujuan Indonesia Emas pada tahun 2045.


Bedi mengatakan hal itu, saat kegiatan Parlemen Mengabdi 2021 dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila di Grand Sunshine Resort and Convention Hotel, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (17/6/2021).


"Kita memiliki gambaran mengimplementasikan bagaimana Pancasila bisa diterapkan di jenjang pendidikan menengah, kita berbicara tujuan emas. Justru generasi muda ini akan menjadi calon penerus di 2045," ucapnya.


Bedi menyebut, pihaknya akan mendorong persoalan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), diantaranya Silabus dan metode atau cara mengajar pancasila.Pasalnya, lanjut Bedi, guru dituntut untuk mengajarkan Pancasila dengan bahasa yang mudah dipahami.


"Teks (Pancasila) harus disampaikan oleh guru dengan menyampaikan kalimat yang mudah dipahami," tuturnya.


"Para guru juga menyampaikan informasi bahwa perlu ada penyampaian langkah bersama," tambahnya.


Bedi menjelaskan bahwa pendidikan PKN harus memunculkan penghayatan untuk membentuk karakter. Sebab, sambung dia, output dari pelajaran PKN tentang Pancasila sangat penting untuk kelestarian bangsa Indonesia.


"Guru harus menjadi penutur yang baik. Secara psikomotorik juga terlibat. Penghayatan budi pekerti untuk mendidik karakter murid," jelasnya.


Sekadar informasi, ada beberapa rangkaian acara dalam kegiatan Parlemen Pancasila 2021, salah satunya ada lomba Podcast untuk siswa.


Sedangkan, dalam acara Peringatan Hari Pancasila ini juga diselenggarakan secara online dengan konsep webinar. Webinar ini dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari.


Tak hanya itu, turut hadir Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum secara daring. Serta yang hadir ke lokasi BNPT Dr. Yudi Latif, Setara Institute Tigor Bonar, Jaka Tarub Jabar Wawan Gunawan, Kadisdik Jabar Dedi Supandi, Kesbangpol Jabar Iip Hidajat, dan Kanwil Kemenag Jabar. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi
Komisi V Dorong Penerbitan Kepgub Upah Buruh

Editorial



    sponsored links