Bank BJB top banner

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSITA TANGERANG VS PERSIB BANDUNG: Mengintip Kemenangan, Menjaga Asa ke Perpempat Final



        PERSITA TANGERANG VS PERSIB BANDUNG: Mengintip Kemenangan, Menjaga Asa ke Perpempat Final
        Persita Tangerang akan bertemu Persib Bandung pada laga penyisihan Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/2021) mulai pukul 18.30 WIB. (juaranews)

        JuaraNews, Bandung – Persib Bandung bakal melakoni laga kedua kontra Persita Tangerang pada babak penyisihan Grup D Piala Menproa 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/2021) mulai pukul 18.30 WIB.

         

        Machtday kedua ini menjadi krusial bagi kedua tim untuk bisa lolos ke babak selanjutnya pada perhelatan turnamen pramusim Liga 1 2021 tersebut. Bagi kedua tim kemenangan menjadi kunci lolosnya mereka ke babak Perempat Final. Sebaliknya, kekalahan bakal membuat langkah kedua berat ke perempat final, bahkan bagi Persita membuat mereka angkat koper lebih dulu dari Sleman.

         

        Bagi Persib, tambahan 3 poin bakal menjaga asa lolos ke fase berikutnya, setelah pada laga perdana meraih 1 poin kala bermain imbang 1-1 dengan Bali United. Kemenangan bakal menjadikan raihan poin Maung Bandung menjadi 4 angka, dan bisa mengantarkan tim asuhan Pelatih Robert Rene Albert, paling tidak sebagai runner-up Grup D, bahkan memungkinkan jadi juara grup bila pada laga terakhir mengalahkan Persiraja Banda Aceh, 2 April mendatang.

         

        Kemenangan pun sangat dibutuhkan tim Pendekar Cisadane yang diasuh Pelatih Widodo C Putro. Tambahan 3 poin, bakal tetap menjaga peluang mereka ke babak gugur, setelah pada laga perdana tak mampu meraih poin karena kalah dari Persiraja dengan skor 3-1 pada laga perdana. Dengan demikian, Persita tinggal mencuri angka pada laga terakhir menghadapi Bali United, 2 April nanti.

         

        Kendati dihadapkan pada laga krusial, nyatanya Pelatih Persib Robert Albert tak ingin membebani anak-anak asuhnya dengan target kemenangan. Robert memandang turnamen pramusim ini hanya sebagai ajang persiapan timnya menghadapi kompetisi sebenarnya, Liga 1 2021. Karena itu, Caoch Robert hanya menginstruksikan pasukannya untuk menikmati pertandingan nanti menghadapi Persita.

         

        "Rencana kami besok adalah menikmati pertandingan, itu yang nomor satu. Sepak bola adalah hal yang harus dinikmati dan karena itu kami bermain sepak bola dan pemain melihat ke depan untuk menikmati pertandingan," kata Robert dalam sesi jumpa pers jelang laga secara virtual, Minggu (28/3/2021).

         

        Tanpa Target di Laga Kedua hadapi Persita, Pelatih Persib Bakal Lakukan Rotasi

        Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts. (foto: persib.co.id)

         

        Robert menegaskan, skuat Maung Bandung akan menikmati setiap pertandingan. Apalagi, Persib baru memulai latihan di awal Maret lalu sebagai persiapan menghadapi Liga 1 2021, yang kepastiannya akan sangat bergantung pada sukses atau tidaknya penyelenggaraan Piala Menpora ini.

         

        "Anda tidak bisa mengembalikan kondisi pemain karena telah menjalani satu atau dua laga. Usaha ini butuh banyak waktu. Tapi, kami sedang menjalani proses dan menjaganya agar tetap berada di jalur yang semestinya," jelas pelatih asal Belanda itu.

         

        Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, motivasi pemainnya sudah mulai meningkat dengan adanya turnamen Piala Menpora 2021. Selain itu, dalam ajang ini Robert Alberts mulai menyusun kembali kekuatan untuk mengarungi musim kompetisi 2021.

         

        "Pemain kami juga kini dalam kondisi yang berbahagia, karena mereka bisa bermain kembali seusai satu tahun terhenti," ucap Robert Alberts.

         

        "Kami kini sudah boleh melanjutkan itu, menikmati permainan sepak bola dan di saat yang bersamaan membangun lagi kekuatan, karena itu sempat menghilang selama 1 tahun," jelas Robert.

         

        Baca juga: Jadwal dan Hasil Pertandingan Piala Menpora 2021

         

        Dalam pertandingan nanti, Robert akan melakukan sejumlah pergantian pemain. Dia beralasan, Piala Menpora merupakan even tepat untuk memberikan kesempatan bermain untuk para pemainnya.

         

        "Seperti yang saya katakan sebelumnya, niat kami ada di sini adalah semua pemain mendapat kesempatan bermain lagi setelah satu tahun (kompetisi vakum). Setiap laga kami tidak akan memainkan 11 pemain terbaik, kami akan melakukan rotasi," pungkasnya.

         

        Sudah Paham Permainan Persib, Pelatih Persita Siapkan Antipasi

        Pelatih Persita Tangerang Widodo Cahyono Putro. (foto: net)

         

        Sudah Paham Permainan Persib
        Di kubu lawan, Caoch Widodo mengaku sudah memahami gaya permainan Persib di bawah asuhan Robert Alberts. Widodo menilai, Robert Alberts yang asal Belanda tersebut merupakan sosok pengagum sepak bola menyerang. Hal itu terlihat dari sektor sayap Maung Bandung yang dihuni pemain-pemain lincah dan punya kecepatan. Untuk itu, Widodo pun sudah menyiapkan sejumlah antisipasi menghadapi kekuatan Persib.

         

        "Kami sudah paham dengan karakter pemain-pemain dari Persib dan gaya bermain dari Coach (Robert) Rene Albert. Kami juga beberapa kali sudah bertemu sebelum Piala Menpora ini," kata Widodo dalam konferensi pers jelang laga yang digelar secara virtual, Minggu (28/3/2021).

         

        "Waktu saya (melatih) di Bali United dan di Sriwijaya. Jadi karakter dari Rene Albert itu tipikal sepak bola menyerang. Jadi itu sudah kami ketahui dengan beberapa pemain yang dari winger-nya sangat cepat-cepat," ujar Widodo.

         

        Pertandingan kedua menghadapi Persib sendiri, akan dijadikan momentum kebangkitan Pendekar Cisadane yang kalah 1-3 dari Persiraja. Namun, menurutnya, laga nanti tak akan mudah mengingat Persib juga dipastikan mengincar kemenangan perdana setelah hanya bermain imbang 1-1 melawan Bali United.

         

        Persita sendiri harus meraih poin jika ingin tetap bersaing untuk lolos ke Perempat Final. Kendati demikian, Widodo mengaku akan melakukan rotasi pemain. Hal itu dilakukan untuk melihat kemampuan seluruh pemain demi persiapan Liga 1.

         

        Keputusan rotasi memang berisiko mengingat Persita butuh poin. Meski demikian, Widodo tak khawatir karena sejak awal sudah menjadikan turnamen ini sebagai tolok ukur kesiapan jelang musim baru.

         

        "Kami sebetulnya tidak melihat ke arah kesalahan-kesalahan per lini atau per individu. Sejak awal kami sudah menyatakan sama manajemen turnamen ini adalah persiapan untuk Liga 1. Jadi pastinya semua ada rotasi dan juga akan memaksimalkan pemain-pemain untuk persiapan ke Liga 1," tegas Widodo.

         

        Menurutnya, kemenangan di ajang Piala Menpora tahun ini hanya bonus. Yang terpenting akan persiapan timnya menhadapi kompetisi resmi Liga 1 2021. "Kami prinsipnya persiapan untuk liga. Kalaupun itu adalah kemenangan, merupakan bonus bagi kami. Yang terpenting koordinasi, permainan," sambungnya.

         

        "Tujuan dari semua permainan adalah kemenangan. Akan tetapi, kemenangan itu banyak yang tidak mungkin sepaham. Ada yang instan, yang langsung, ada yang proses, dan ada yang melalui juga beberapa tahapan-tahapan. Jadi itu mungkin juga ada proses yang dimiliki oleh Persita," tegas Widodo.

         

        Persita Tak Pernah Menang dalam 14 Tahun Terakhir
        Dalam laga kedua nanti, Persib sendiri lebih diunggulkan secara statistik pertemuan. Diketahui, dalam sejarah pertemuan kedua tim dalam 14 tahun terakhir, Persita tak pernah menang atas Persib di semua ajang kompetisi. Mulai dari Indonesia Super League (ISL), Piala Indonesia, hingga turnamen di luar kompetisi resmi. Sedangkan di ajang Liga 1, kedua tim belum pernah bertemu, karena Persita sendiri baru promosi pada musim 2019 lalu, setelah terdegradasi ke Divisi Utama pada musim 2014 silam.

         

        Dari 10 pertemuan, Persib menang 8 kali, sedangkan 2 sisanya berakhir imbang. Skor terbesar kemenangan Persib tercatat sebesar 7-1, yang terjadi pada ajang turnamen Inter Island Cup 2014 pada 13 Januari 2014 silam.

         

        Pertemuan terakhir kedua tim sendiri berakhi dengan kemenangan Maung Bandung pada ISL 2014. Persib menang baik di kandang maupun tandang. Di kandangnya di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Persib menang 2-1. Demikian pula di laga tandang yang terpaksa diigelar di Stadion si Jalak Harupat, Maung Bandung juga menang 2-1.

         

        Pada musim itu, nasib kedua tim sangat bertolak belakang. Persib tampil sebagai juara ISL 2014. Sedangkan Persita terdegradasi ke Divisi Utama, sebagai buntut kekalahan mereka dari Maung Bandung pada laga terakhir di Wilayah Barat ISL 2014.  

         

        Dalam 5 laga terakhir kedua tim juga, Persib menunjukkan tren lebih baik dibanding Persita. Persib tidak pernah kalah dalam 5 laga resmi yang dilakoninya, yakni di ajang Piala Menpora, Liga 1 2021, dan Liga 1 2019. Maung Bandung berhasil menyapu kemenangan di 3 laga di Liga 1 2021, bahkan sempat memimpin klasemen sementera sebelum kompetisi dihentikan. Lalu 2 laga terakhir di Liga 1 2019, Persib juga meraih kemenangan. Sedangkan di Piala Menpora 2021, Persib bermain imbang, yakni lawan Bali United dengan skor 1-1 pada laga perdana.

         

        Sedangkan Persita sebaliknya. Dalam 5 laga di pertandingan resmi, Persita tak pernah menang. Sebelum dikalahkan Persiraja di Piala Menpora 2021, Persita mengalami 1 kekalahan dari 3 laga di Liga 1 2020, 2 laga sisanya berakhir imbang. Lalu pada laga terakhir Liga 2 2019, Persita juga mengalami kekalahan, yakni dari Persik Kediri dengan skor 2-3.

         

        foto-persib-bandung-vs-persita-2014-away-ferdinand-SIM_6375

        Ferdinand Sinaga tampil membela Persib Bandung saat melawan Persita Tangerang pada ISL 2014 yang berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Maung Bandung di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 31 Agustus 2014 lalu. Setelah kembali ke Persib, Ferdinand akan tampil lagi menghadapi Persita pada laga kedua babak penyisihan Grup D Piala Menpora 2021, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/2021) malam. (foto: simamaung.com)  

         

        Head to Head
        31 Agustus 2014       ISL 2014                     Persita Tangerang 1-2 Persib Bandung
        5 Februari 2014        ISL 2014                      Persib Bandung 2-1 Persita Tangerang
        13 Januari 2014        Inter Island Cup 2014   Persib Bandung 7-1 Persita Tangerang
        25 Mei 2013             ISL 2012/2013              Persita Tangerang 2-2 Persib Bandung
        15 April 2013            ISL 2012/2013             Persib Bandung 5-1 Persita Tangerang
        17 April 2010           Piala Indonesia 2010      Persib Bandung 4-1 Persita Tangerang
        21 April 2009           ISL 2008                       Persita Tangerang 2-4 Persib Bandung
        8 November 2008     ISL 2008                      Persib Bandung 2-0 Persita Tangerang
        15 Desember 2007   Divisi Utama 2007         Persita Tangerang 1-1 Persib Bandung
        18 Februari 2007      Divisi Utama 2007         Persib Bandung 2-0 Persita Tangerang

        5 Laga Terakhir Persita Tangerang
        24 Maret 2021         Piala Menpora 2021        Persiraja Banda Aceh 1-3 Persita Tengerang
        15 Maret 2020         Liga 1 2020                   PS Tira Persikabo 3-1 Persita Tangerang
        6 Maret 2020           Liga 1 2020                   Persita Tangerang 1-1 PSM Makassar
        1 Maret 2020           Liga 1 2020                   Bali United 0-0 Persita Tangerang
        25 November 2019   Liga 2 2019                   Persita Tangerang 2-3 Persik Kediri

        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        24 Maret 2021          Piala Menpora 2021       Persib Bandung 0-0 Bali United
        15 Maret 2020          Liga 1 2020                   Persib Bandung 2-1 PSS Slemana
        8 Maret 2020            Liga 1 2020                   Arema FC 1-2 Persib Bandung
        1 Maret 2020            Liga 1 2020                   Persib Bandung 3-0 Persela Lamongan
        22 Desember 2019    Liga 1 2019                   Persib Bandung 5-2 PSM Makassar


        Perkiraan Susunan Pemain

        Hafal Gaya Bermain Persib Jadi Modal Widodo Hadapi Laga Kedua 
        Persita Tangerang (4-2-3-1)
        Yogi Triana; M Toha, Syaeful Anwar, Rio Ramandaka, Kevin Gomes; Egi Melgiansyah, Irsyad Maulana; Ade Jantra, Sirvi Arvani, Ahmad Nur Hardianto; Aldi Al Achya.
        Pelatih: Widodo Cahyono Putro

         

        Pemain Persib Bandung Girang Sambut Piala Menpora 2021 | Goal.com
        Persib Bandung (4-4-2)
        Teja Paku Alam; Ardi Idrus, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Zalnando; Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Frets Butuan; Ezra Walian, Ferdinand Sinaga.
        Pelatih: Robert Rene Albert. (*)

        Oleh: deni mulyana sasmita / jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Kalah 2-0, Robert Optimistis Persib Bisa Kejar Defisit Gol di Leg 2
        Kecewa Kalah oleh Persija, Pemain Persib Siap Habis-habisan di Leg 2
        Persib Tumbang di Leg 1, Robert Alberts Sebut Persija Layak Menang
        Antiklimaks, Persib Menyerah 0-2 dari Persija di Leg 1 Final Piala Menpora 2021
        PERSIJA VS PERSIB: Kemenangan Harga Mati
        Berita Terdahulu
        Pos Indonesia kanan
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Persib Bandung 3 9
        2 Bali United 3 7
        3 PSIS Semarang 3 6