Hot News


Opini


    Pempov Jabar Bahas Usulan CDPOB Bogor Timur dan Indramayu Barat



    Pempov Jabar Bahas Usulan CDPOB Bogor Timur dan Indramayu Barat
    Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama pimpinan DPRD Jabar di Gedung DPRD Jabar,Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jum'at (26/3/2021) (Abbas)

    JuaraNews, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jabar membahas usulan pembentukan calon daerah persiapan otonomi baru (CDPOB) Kabupaten Bogor Timur dan Kabupaten Indramayu Barat.


    Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar rencana ini bisa lancar dan diserahkan kepada DPR RI untuk dibahas lebih lanjut.


    Persyaratan teknis wilayah dari bawah administrasi di antaranya desa-desa setuju kemudian DPRD Bupati memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat.


    “Bogor Timur kurang lebih untuk penduduk satu jutaan, kemudian dua Kabupaten Indramayu Barat untuk penduduk sekitar 600 ribu kira-kira begitu persyaratannya,” ucap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung DPRD Jabar, Jumat (26/3/2021).


    Menurutnya, Dua daerah CDPOB itu menambah tiga daerah lain yang sudah masuk dalam rencana pemekaran daerah, yakni Garut Selatan, Bogor Barat dan Sukabumi Utara. Penambahan rencana ini menurut Ridwan Kamil menjadi penguat untuk merealisasikan program daerah otonomi baru.

    Jabar saat ini memiliki 27 kabupaten/kota meliputi 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa. Dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa dan luas wilayah 35.377,76 km².

    “Sehingga total selama 2 tahun kemungkinan menjadi lima (CDPOB), ya dulu ada Bogor Barat Kalau tidak salah Garut Selatan dan Sukabumi Utara yang ditambah Indramayu Barat dan Bogor Timur,” ucapnya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ketua KPID Jawa Barat : Peran Generasi Milenial dalam Content Creator Sangat Penting
    Sarbumusi-NU Jabar Silaturahmi dengan Wakil Bupati dan Kapolres Garut
    Pendukung Moeldoko Mulai Rontok, Kubu KLB Mencabut Gugatannya
    Kemendikbudristek Tanggapi Isu Klaster PTM Terbatas
    Netty Prasetiyani Minta Pemprov Jabar Cepat Atasi Isu Klaster Covid-19 Dalam PTM Terbatas
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads