Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Optimalkan Sektor Pertanian, Balai Mektan Kembangkan Traktor Multiguna



    Optimalkan Sektor Pertanian, Balai Mektan Kembangkan Traktor Multiguna
    Kepala Seksi Pengembangan Alat Mesin Pertanian Balai Mektan Jabar Ahmad Hidayat STP mengoperasikan saat demo pengembangan inovasi traktor multiguna (Abdul Basir)

     

    JuaraNews, Bandung - Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian (Balai Mektan) Provinsi Jawa Barat melakukan pengembangan traktor multiguna, hal itu untuk mengoptimalkan hasil produksi pertanian.


    Kepala Balai Mektan Jawa Barat Teguh Khasbudi mengatakan pengembangan traktor multiguna pada tahap awal telah berhasil mengembangkan mesin perontok padi yang dapat diintegrasikan pada struktur traktor roda 2 dan digerakkan oleh daya yang ditransmisikan dari engine diesel traktor.


    Menurutnya, mesin perontok padi dirancang dengan mekanisme kerja dan kapasitas atau kinerja yang serupa dengan mesin perontok padi pada umumnya dengan ukuran dan rancangan struktur yang disesuaikan agar dapat dipasangkan pada rangka traktor roda 2 layakya komponen implemen traktor.


    "Traktor roda dua dalam kegiatan pertanian umumnya dikenal dan dipergunakan hanya sebagai sarana pendukung proses pengolahan tanah sawah sebelum musim tanam," katanya, Teguh, di Balai Mekanisasi Pertanian di Kabupaten Cianjur, Selasa (2/1/2021).

     

    Dia mengungkapkan, mesin perontok secara umum lebih kecil daripada umumnya, namun dari sisi kinerja, perontok ini memiliki kapasitas perontokkan gabah yang kurang lebih sama dengan mesin perontok biasa yaitu pada kisaran 600 kg/jam.


    "Perontok padi pada inovasi traktor multiguna ini sudah diujicobakan di lahan pertanian pada 14 Oktober 2020 di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung," katanya.

     

     


    Dia menambahkan, pengembangan selanjutnya dari inovasi traktor multiguna ini diproyeksikan agar traktor dapat memenuhi fungsi lain dalam mendukung kegiatan pertanian, diantaranya pompa air, pencacah jerami (crusher), dan penggiling padi.


    "Terpenuhinya 3 fungsi lain yang diproyeksikan tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan traktor roda 2 dalam kegiatan pertanian dan meningkatkan pemanfaat," tambahnya. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jelang Lebaran, Posko THR 2021 Kemnaker Dibanjiri Ribuan Keluhan Soal THR
    Elektabilitas Meningkat, Demokrat Siap Sosialisasikan AHY untuk Pilpres 2024
    Hari Ketiga Larangan Mudik, 70 Ribu Kendaraan Diputar Balik
    21 Hari Isolasi Mandiri, Atalia Kamil Sembuh dari Covid-19
    Pertemuan Anies - AHY merupakan penjajakan politik persiapan pilpres 2024
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads