free hit counter code Awali Tahun 2021, UPTD Balai Mektan Uji 2 Alat Mesin Pertanian - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar
    PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar
    • 23 April 2024 | 15:14:00 WIB

    LIGA voli profesional paling bergengsi di tanah air ini akan mampu mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

Opini


    Awali Tahun 2021, UPTD Balai Mektan Uji 2 Alat Mesin Pertanian
    Foto Humas Balai Mekanisasi Pertanian Tim Penguji Balai Mekanisiasi Pertanian melakukan pengujian terhadap dua mesin pemimpil jagung dan penenam benih jagung di Cianjur, Kamis (21/1/2021).

    Awali Tahun 2021, UPTD Balai Mektan Uji 2 Alat Mesin Pertanian

    • Jumat, 22 Januari 2021 | 10:36:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    JuaraNews, Cianjur – Balai Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat mengawali tahun 2021 dengan melakukan pengujian, yang menjadi salah satu sumber pendapatan asili daerah (PAD).

     

    Pengujian dilakukan terhadap dua mesin pertanian, yakni alat pemimpil jagung dan alat penanam benih jagung. Rencananya mesin ini akan dilaunching juga pada  pembukaan 1000 tani milenial di Cianjur Selaran pada 16 Pebruari 2021 oleh Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil.

     

    Pengujian dilakukan di Kantor Balai Mekanisasi Pertanian (Mektan) pada Rabu (12/1/2021). Dua mesin diuji oleh dua tim yang dipimpin Iwan M. Ridwan dan Heru. Pengujian dilakukan oleh produsen mesin pertanian, PT Bahagia Jaya.

     

    Ketua Tim Penguji Iwan M. Ridwan mengatakan, pengujian dilakukan 2-3 hari untuk melihat kapasitas dan kemampuan mesin sejauh mana. Pengujian dilakukan sebagai persyaratan sebelum diedarkan dan dijual kepada konsumen atau masyarakat. Pengujian ini juga dilakukan sebagai syarat untuk pengadaan alat mesin pertanian di lingkungan pemerintah.

     

    Iwan mengatakan, tim penguji  akan bekerja untuk melihat dimensi, kompetensi, dan preforma dari dua mesin tersebut. Setelah diuji, Balai Mekanisasi Pertanian akan mengeluarkan sertifikat untuk mesin tersebut. “Pengujinya pun telah mendapat sertifikat sebagai pengawas dan penguji alat mesin pertanian,” katanya.

     

    Sementara itu, Kepala Balai Mekanisasi Pertanian Teguh Khasbudi, SH., MH., mengungkapkan, di tengah pandemic Covid-19 Balai Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat tetap beraktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Oleh karena itu, katanya, aktivitas pengujian alat mesin pertanian terus dilakukan untuk keberlangsungan produksi pertanian.

     

    Ia mengatakan, ketika wabah Covid-19 menyerang yang tidak boleh berhenti adalah bidang pendidikan, kesehatan, dan pangan. Untuk mendorong produksi pangan ini, katanya, pengujian alat mesin pertanian tetap dilakukan. “Dan ini memberi kontribusi kepada pendapatan asli daerah, meskipun belum dalam kapasitas yang besar,” kata Teguh. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links