Hot News


JN-TAM

Opini


  • Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam
    Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam

    PEMUDA adalah pelopor perubahan di tangannya estapet kepemimpinan akan dilanjutkan. Untuk membentuk pemuda yang berjiwa pemimpin memerlukan banyak dukungan.

    Kolam Retensi Gedebage Telah Selesai, Oded: Semoga Jadi Solusi Banjir Di Kawasan Timur

    • Rabu, 30 Desember 2020 | 16:53:00 WIB
    • 0 Komentar


    Kolam Retensi Gedebage Telah Selesai, Oded: Semoga Jadi Solusi Banjir Di Kawasan Timur
    Walikota Bandung, Oded M.Danial usai peresmian Kolam Retensi Gedebage, Rabu (30/12/2020). Foto:Istimewa

     

    JuaraNews, Bandung - Pembangunan kolam retensi di Gedebage telah selesai dan sudah mulai beroperasi. Keberadaan kolam retensi ini sebagai wujud upaya dari Pemerintah Kota Bandung menangani genangan air di wilayah timur.


    Walikota Bandung, Oded M. Danial berharap dengan adanya kolam retensi ini minimal mampu mengurangi genangan air di wilayah Gedebage.


    “Mudah-mudahan dengan adanya kolam retensi ini kita semangat untuk memulihkan kembali sesuai dengan namanya Cipamulihan. Kita akan normalkan kembali,” ucap Oded usai peresmian Kolam Retensi Gedebage, Rabu (30/12/2020).

     

    Oded mengatakan kolam retensi itu bisa mengatasi banjir khususnya di sekitar Pasar Gedebage dan jalan sekitarnya yang merupakan akses utama mobilitas masyarakat di kawasan timur.


    “Setiap hujan besar di wilayah Gedebage itu baik di pasar maupun di jalan, banjir. Mudah-mudahan dengan adanya kolam retensi ini bisa menampung air dan banjir bisa sedikit teratasi,” katanya.

     

    Area kolam retensi tersebut seluas 2.800 meter persegi berada tepat di depan Pasar Gedebage, yakni di sebelah utara Jalan Soekarno Hatta. 

     

    Kapasitas daya tampung kolamnya dua kali lipat lebih besar dari kolam retensi Sirnaraga.

     

    Area kolamnya sendiri memiliki luasan 2.000 meter persegi dengan kedalaman 3 meter. Kolam retensi Gedebage ini pun mampu menampung 5.425 meter kubik air yang masuk dari aliran Sungai Cipamulihan.


    Pembangunan kolam retensi Gedebage ini menghabiskan dana sekitar Rp5,1 miliar. Ini merupakan kolam retensi ketujuh yang dibangun oleh Pemkot Bandung. 


    Enam lainnya yakni, kolam retensi Sarimas yang menampung limpahan Sungai Cikiley, lalu di Sirnaraga untuk memarkir air sungai Citepus. 


    Kemudian ada kolam retensi di Rancabolang dekat Sungai Cinambo. Selanjutnya kolam retensi juga terdapat di kawasan Cisurupan sebagai penampung aliran Sungai Ciloa. 


    Termasuk kolam retensi di tengah pusat kota yang terdapat di Taman Lansia dan Taman Kandaga Puspa tepat di samping Sungai Cikapayang.


    “Mengatasi banjir ini tidak sederhana. Tapi yang jelas saya punya bukti eviden. Setelah adanya kolam retensi contohnya di Citepus, walaupun ada banjir relatif lebih cepat surutnya. Contohnya itu di Pasteur beberapa jam itu sudah surut,” tandas Oded. (*)

     

    Oleh: alvian hamzah / alv

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Lantik 62 Pejabat Fungsional, Oded : Semoga Berikan Pengaruh Positif
    Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Akan Pentingnya Jaga  Protokol Kesehatan
    PPKM Akan diperpanjang, Wali Kota Bandung: Kalau Itu Arahan Pusat Kita Ikuti
    Gelar Rapat Awal Tahun, Oded : Ekonomi Kota Bandung Harus Bangkit
    Oded Minta Warga yang Pernah Terpapar Covid-19 Untuk Donor Plasma Darah
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads