free hit counter code Wali Kota Bandung Apresiasi Program Lingkungan di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Selangkah Lagi Indonesia ke Perempat Final
    Selangkah Lagi Indonesia ke Perempat Final
    • 19 April 2024 | 10:47:00 WIB

    TINGGAL selangkah Timnas Indonesia U-23 tampil di Peempat Final Piala Asia U-23 2024 setelah mengalahkan Australia 1-0, Kamis (18/4/2023) malam WIB.

Opini


    Wali Kota Bandung Apresiasi Program Lingkungan di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan
    Foto: Istimewa Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung, Rabu (6/1/2021)

    Wali Kota Bandung Apresiasi Program Lingkungan di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan

    JuaraNews, Bandung- Sebanyak 18 lubang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal atau Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung telah diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Rabu (6/1/2021).


    Tak hanya Sanimas, di kawasan tersebut terdapat pengelola kompos, Buruan Sae, pusat seni kebudayaan masyarakat sampai co-working space.  Oded sangat mengapresiasinya karena itu menunjukan adanya perencanaan yang cukup matang. 


    "Program lingkungan ini mulai sebuah perencanaan yang begitu matang, walaupun pelaksanaan bertahap. Mulai Buruan Sae, Kang Pisman, pencegah Stunting sampai urban farming," tuturnya.


    "Semua ini sudah dilaksanakan RW 09. Ini merupakan role model di tingkat RW. Punya perencanaan yang luar biasa. Saya harap ini bisa diduplikasi di RW lain," imbuh Oded.


    Ketua RW 09 Kelurahan Pasanggrahan, Sutisna mengungkapkan lingkungan tersebut diberi nama Kampung Hejo Sae. Kawasan tersebut menjadi ruang bagi masyarakat untuk lebih produktif. 


    Termasuk sanitasinya, Dia katakan sebagian dari kebersihan lingkungan dengan tidak membuang tinja ke selokan atau sungai. 


    "IPAL itu merupakan pembuangan limbah masyarakat. Ada sekitar 900 jiwa. Kemudian dengan pembuangan ini, tentunya lingkungan lebih bersih sehingga tidak membuang ke selokan atau kali," ujar Sutisna.


    "Ini ada 67 sambungan rumah. Sanimas mampu digunakan untuk 77 KK atau sekitar 200 orang," tambahnya.


    Selain itu, di kawasan tersebut terdapat Wallagri Center. Yaitu sebuah ruang kolaborasi untuk pelestarian alam dan budaya.


    "Di sini juga ada taman wallagri bermanfaat sebagai taman edukasi. Mulai dari pengolahan sampah, bisa dimanfaatkan di situ," tutup Sutisna. (*)

     

    Oleh: alvian hamzah / alv

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Sekda Herman Janji Berantas Pungli Al Jabbar
    Mulai Jaring Calon Kepala Daerah di Pemilukada
    Disdukcapil Kota Bandung Data Para Pendatang
    Pungli di Area Masjid Al Jabar Segera Ditertibkan
    Penumpang KRL Bandung Raya Terus Meningkat

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi