Hot News


JN-TAM

Opini


  • Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam
    Peran Pemuda dalam Mekanisme Islam

    PEMUDA adalah pelopor perubahan di tangannya estapet kepemimpinan akan dilanjutkan. Untuk membentuk pemuda yang berjiwa pemimpin memerlukan banyak dukungan.

    Wali Kota Bandung Apresiasi Program Lingkungan di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan



    Wali Kota Bandung Apresiasi Program Lingkungan di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan
    Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung, Rabu (6/1/2021) Foto: Istimewa

    JuaraNews, Bandung- Sebanyak 18 lubang Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal atau Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di RW 09 Kelurahan Pasanggrahan Kecamatan Ujungberung telah diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial. Rabu (6/1/2021).


    Tak hanya Sanimas, di kawasan tersebut terdapat pengelola kompos, Buruan Sae, pusat seni kebudayaan masyarakat sampai co-working space.  Oded sangat mengapresiasinya karena itu menunjukan adanya perencanaan yang cukup matang. 


    "Program lingkungan ini mulai sebuah perencanaan yang begitu matang, walaupun pelaksanaan bertahap. Mulai Buruan Sae, Kang Pisman, pencegah Stunting sampai urban farming," tuturnya.


    "Semua ini sudah dilaksanakan RW 09. Ini merupakan role model di tingkat RW. Punya perencanaan yang luar biasa. Saya harap ini bisa diduplikasi di RW lain," imbuh Oded.


    Ketua RW 09 Kelurahan Pasanggrahan, Sutisna mengungkapkan lingkungan tersebut diberi nama Kampung Hejo Sae. Kawasan tersebut menjadi ruang bagi masyarakat untuk lebih produktif. 


    Termasuk sanitasinya, Dia katakan sebagian dari kebersihan lingkungan dengan tidak membuang tinja ke selokan atau sungai. 


    "IPAL itu merupakan pembuangan limbah masyarakat. Ada sekitar 900 jiwa. Kemudian dengan pembuangan ini, tentunya lingkungan lebih bersih sehingga tidak membuang ke selokan atau kali," ujar Sutisna.


    "Ini ada 67 sambungan rumah. Sanimas mampu digunakan untuk 77 KK atau sekitar 200 orang," tambahnya.


    Selain itu, di kawasan tersebut terdapat Wallagri Center. Yaitu sebuah ruang kolaborasi untuk pelestarian alam dan budaya.


    "Di sini juga ada taman wallagri bermanfaat sebagai taman edukasi. Mulai dari pengolahan sampah, bisa dimanfaatkan di situ," tutup Sutisna. (*)

     

    Oleh: alvian hamzah / alv

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Yana Mulyana: Vaksin Itu Bukan Untuk Diri Sendiri
    Pemkot Bandung Dukung Pembentukan Tim Ajudikasi dan Satgas PTSL
    Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Dinkes Kota Bandung Sosialisasikan KBPP
    Plasma Konvalesen Diminati, PMI Kota Bandung Kebanjiran Permintaan
    Sepekan PSBB Proposional, Satgas Covid-19 Segel 22 Tempat Usaha
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      walikota

      Info Kota


      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads