free hit counter code Bansos akan Diberikan sampai Desember, Tapi Jumlahnya Rp300 Ribu per Bulan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Bansos akan Diberikan sampai Desember, Tapi Jumlahnya Rp300 Ribu per Bulan
Penerima Bansos di KBB

Bansos akan Diberikan sampai Desember, Tapi Jumlahnya Rp300 Ribu per Bulan

JuaraNews, Bandung Barat – Gubernur Jabar Ridwan Kamil mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy serta Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara dalam kunjungan kerja di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (29/5/2020).

 

Kunjungan kerja dua menteri itu terkait agenda penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Sosial (Bansos) Sembako, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTD).

 

Pendistribusian bantuan-bantuan sosial tersebut dilakukan di dua tempat di KBB, yakni Kantor Pos Indonesia Desa Mandalamukti Kecamatan Cikalong Wetan dan Kantor Desa Margalaksana Kecamatan Cipendeuy.

 

Dalam agenda ini,  Emil --sapaan Ridwan Kamil-- berterima kasih kepada pemerintah pusat atas penyaluran bantuan kepada warga Jabar. Dirinya pun berujar, proses penyaluran BST dan sembako sudah berjalan baik dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan COVID-19.

 

"Dengan menerapkan jaga jarak serta menyediakan hand sanitizer," kata Emil.

 

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, kehadirannya secara langsung dalam penyaluran ini sekaligus dalam rangka koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian program-program bansos di daerah agar tersalurkan kepada yang berhak sesuai target yang sudah ditetapkan.

 

Menurutnya, penyaluran bansos di wilayah Jabar secara umum sudah berjalan dengan baik dan lancar. Adapun Muhadjir menyebutkan bahwa penyaluran bantuan yang diberikan pemerintah pusat untuk Jabar sudah mencapai 80 persen. "Semula untuk Jawa Barat paling lambat awal Lebaran baru 27 persen, tapi sekarang sudah 80 persen," ujar Muhadjir.

 

Muhadjir pun mengatakan, ada kendala dalam pendistribusian bansos di Jabar bisa dimengerti merujuk wilayah yang cukup luas dengan lebih dari 5.000 desa/ kelurahan, termasuk banyak di antaranya berada di daerah pelosok dengan medan yang cukup sulit.

 

Selain itu, Muhadjir menegaskan bahwa masih ada peluang untuk mereka yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. "Asal memenuhi syarat dan tidak mengada-ada dan tidak dibuat-buat, akan tetap diberikan bantuan sesuai dengan skema yang ada," ucapnya.

 

Teranyar, pemerintah memperpanjang penyaluran bansos tunai dan sembako di masa pandemi COVID-19 ini hingga Desember 2020. Awalnya, bansos hanya diberikan mulai April hingga Juni 2020 dengan total Rp 600 ribu. Berikutnya, nominal bansos untuk Juli-Desember akan berkurang menjadi Rp300 ribu.

 

"Jadi untuk memutus bantuan ini sambil menunggu pemulihan ekonomi akan kita lakukan secara bertahap, tidak langsung diputus (dihentikan)," kata Muhadjir.

 

"Begitu juga mereka yang masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang baru (miskin baru) akan terlebih dahulu didata RT/RW. Bagi yang memenuhi syarat dan akan dipermanenkan, dimasukkan ke DTKS. Tapi untuk mereka yang terdampak COVID-19 tapi kemudian (ekonominya) bisa pulih, akan dapat (bansos) sampai Desember saja," tuturnya.

 

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari P. Batubara berujar, pihaknya menemui sejumlah kendala di lapangan terkait penyaluran bansos, salah satunya yakni masalah akurasi data di awal-awal penyaluran program.

 

Namun, kendala tersebut saat ini bisa ditangani berkat koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota. Pemerintah pun terus melakukan evaluasi dalam penyaluran bansos.

 

“Jika dalam penyaluran BST dan sembako ada kendala penerima, tinggal diperbaiki oleh Pemda data penerima agar tahap berikutnya lebih tepat sasaran,” kata Juliari.

 

Salah seorang warga, Asep, mengaku senang bisa menerima bantuan tunai. Ia berujar akan memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi keperluan sehari- hari. “Saya senang sekali bisa menerima bantuan dari pemerintah yang akan digunakan memenuhi keperluan sehari-hari, bisa untuk beli sembako, ” ujar Asep. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Wapres Ma'ruf: Optimalkan Teknologi dalam Mitigasi
Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif

Editorial



    sponsored links