free hit counter code Sri Mulyani Jadi Kandidat Gubernur BI, Ini Deretan Prestasinya - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Sri Mulyani Jadi Kandidat Gubernur BI, Ini Deretan Prestasinya
(istimewa) Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, disebut-sebut dalam bursa calon Gubernur Bank Indonesia

Sri Mulyani Jadi Kandidat Gubernur BI, Ini Deretan Prestasinya

  • Minggu, 5 Februari 2023 | 01:04:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Pada Mei 2023 mendatang, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo akan berakhir masa jabatannya. Beberapa nama yang akan menggantikan posisi itu pun mengemuka, disebut-sebut salahsatunya Sri Mulyani yang kini tengah menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) RI.

Selain Sri Mulyani, ada juga beberapa nama yang digadang-gadang bakal mengisi posisi itu. Mereka antara lain Destry Damayanti yang kini menjabat sebagai Deputi Gubernur Senior BI dan Purbaya Yudhi Sadewa yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bahkan, Perry Warjiyo pun diisukan bakal menjadi petahana yang turut mewarnai bursa calon pimpinan tertinggi lembaga penjaga kestabilan nilai mata uang rupiah itu.

Ketika ditanya mengenai kabar pencalonan tersebut, Menkeu Sri Mulyani tidak menjawab secara pasti. Dirinya mengatakan akan fokus pada aktivitas yang menjadi tugasnya pada saat ini.

"Kami berempat tetap fokus mengerjakan apa yang ada di dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)," jawab Sri Mulyani kepada wartawan dalam konferensi pers KSSK, Selasa (31/01/2023) lalu.

Perempuan kelahiran Bandar Lampung yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank 2010-2016 ini menjelaskan bahwa saat ini aktivitas di KSSK merupakan tugas utama mereka.

"Ini adalah tugas utama kita yaitu jaga stabilitas sistem keuangan dan menjaga pemulihan ekonomi," ujarnya diplomatis.

Rekam Jejak Sri Mulyani
Sri yang jebolan FE Universitas Indonesia 1986 dan merupakan dosen di almamaternya ini dikenal sebagai spesialis penelitian keuangan publik, kebijakan fiskal dan ekonomi tenaga kerja ini terpilih menjadi Executive Director pada International Monetari Fund (IMF) yang mewakili 12 negara di Asia Tenggara (South East Asia/SEA Group).

Nama Sri Mulyani mulai muncul dalam jajaran pemerintahan, sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pada 21 Oktober 2004. Kariernya dalam kabinet berlanjut pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, 5 Desember 2005. Sri yang juga jebolan University of Illinois Amerika Serikat ini didapuk menjadi Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Saat Meteri Keuangan Budiono dilantik menjadi Gubernur BI, Sri Mulyani ditunjuk sebagai Pelaksana Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian setelah Menko Perekonomian menggantikan Boediono.

Setelah sempat menduduki jabatan Direktur Pelaksana Bank Dunia, ia dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan hingga saat ini.

Sepanjang perjalanan kariernya, pemegang gelar Ph.D in Economic ini berhasil menyabet sejumlah penghargaan bergengsi, salahsatunya adalah penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik versi majalah Finance Asia. Selain itu, dirinya pun termasuk ke dalam daftar 50 Over 50 Asia 2023, yang merupakan daftar wanita berusia di atas 50 tahun dari Asia-Pasifik yang memiliki pencapaian luar biasa dalam bidangnya.(*)

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Mayoritas Petugas KPPS MD di Jabar Punya Komorbid
Bey Korban Puting Beliung Ditangani Optimal
Kesenjangan Internet di Jabar Ditarget Tuntas 2025
Jokowi Ungkap Alasan Lantik AHY Jadi Menteri ATR
Kemendikbudristek Luncurkan Program S-3 Terapan

Editorial



    sponsored links