blog counter

Presiden Ajukan Dua Nama Calon Pengganti Wakil Ketua KPK, DPR: Besok Akan Diwawancara

  • Selasa, 27 September 2022 | 22:15:00 WIB
  • 0 Komentar


Presiden Ajukan Dua Nama Calon Pengganti Wakil Ketua KPK, DPR: Besok Akan Diwawancara
Pernah gagal seleksi Capim KPK 2019, Johanis Tanahk (kiri) dan I Nyoman Wara (kanan) diajukan presiden sebagai pengganti Lili Pintauli (Foto: Ist)

Bandung, Juaranews – Menyusul pengunduran Lili Pintauli Siregar dari KPK, Persiden Joko Widodo telah mengajukan dua calon penggantinya. Atas usulan presiden itu, rencananya Komisi III DPR RI akan melakukan wawancara terhadap dua calon pimpinan tersebut.

Dalam Surat Presiden (Surpres) RI Nomor R-44 tanggal 9 September tentang calon anggota pengganti pimpinan KPK, kedua calon yang diajukan presiden itu adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Keduanya pernah mengikuti fit and proper test pada tahun 2019 namun tidak lolos pada seleksi calon pimpinan KPK pada 2019 lalu. Johanis Tanak sendiri merupakan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI (Direktur TUN Kejagung). Sedangkan I Nyoman Wara adalah auditor utama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Terhadap keduanya, sebagaimana dikatakan Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir, akan dilakukan wawancara pada Rabu (28/9/2022).

"besok (Rabu-red) jam 14.00 WIB," ujar Adies kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Adies yang merupakan legislator dari Partai Golkar ini mengatakan setelah mendapat penilaian masing-masing dari hasil wawancara calon pemimpin KPK, pemilihan akan dilakukan dengan mekanisme voting.

"Hanya wawancara saja," jelasnya.

Sementara itu, mengenai adanya surpres mengenai calon pengganti Lili Pintauli tersebut, KPK menyatakan bahwa hal itu merupakan ranah presiden dan DPR.

“Terkait dengan surpres terkait pimpinan KPK, tentu ini menjadi ranah sepenuhnya Presiden dan DPR," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (21/9/2022). KPK, menurut Ali menyerahkan sepenuhnya pada mekanisme dan proses sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Aep

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Aktivitas Semeru Meningkat, PVMBG Minta Tak Beraktivitas Dalam Radius 5 Km dan Sepanjang Sungai
Data Sementara, Gempa Garut Sebabkan 4 Rumah dan 1 Sekolah Rusak
Jabar Caang Terangi Empat Kecamatan di Subang
Penanganan Pascagempa Cianjur, Wagub Jabar Usulkan Rehab Prioritas  Rumah Ibadah dan Sekolah
Banyak Bangunan Rusak Saat Gempa Cianjur, BMKG: Kontruksi Bangunan Tak Aman Gempa
Berita Terdahulu

Editorial


    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads