free hit counter code Mantap! Presiden Joko Widodo Terima Penghargaan Global Citizen Award - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Mantap! Presiden Joko Widodo Terima Penghargaan Global Citizen Award
(Foto: Ist) Presiden Jokowi menerima penganugerahan atas kepemimpinannya sebagai Presidensi G20

Mantap! Presiden Joko Widodo Terima Penghargaan Global Citizen Award

  • Selasa, 20 September 2022 | 22:58:00 WIB
  • 0 Komentar

Bandung, Juaranews – Atlantic Council menganugrahkan Global Citizen Award pada Presiden Joko Widodo pada Senin (19/9/2022). Penghargaan itu diterima Presiden Joko Widodo atas kepemimpinannya sebagai Presidensi G20.

Seperti yang dirilis website resmi Kementerian Luar Neger, kemlu.go.id menuliskan bahwa melalui kepemimpinannya, Indonesia berupaya menjembatani dampak perang di Ukraina dan dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam sambutan melalui pesan video sebagaimana diberitakan iNews.id.

Sambutan tersebut ditayangkan di hadapan sekitar 600 hadirin. Mereka terdiri atas tokoh-tokoh di kalangan pengusaha, masyarakat sipil AS dan internasional serta wakil pemerintah negara-negara sahabat.

Executive Chairman WEF, Klaus Schwab juga dengan bangga memperkenalkan Presiden Joko Widodo. Dia menjelaskan, Presiden Jokowi memulai karirnya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi Wali Kota Surakata.

"Presiden Joko Widodo memasuki ranah politik untuk melayani rakyatnya, bekerja bersama rakyatnya," katanya.

“Presidensi Indonesia di G20 terjadi pada saat dunia dihadapkan oleh tantangan multidimensi. Dan oleh karena memerlukan pemimpin yang memiliki kemampuan luar biasa, yang menginginkan kepercayaan dari semua pihak.

Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia", tambah Klaus Schwab.

Dalam acara penghargaan bergengsi tersebut, hadir mewakili Presiden RI yaitu Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi. Dia menerima secara langsung penghargaan untuk Presiden Joko Widodo.

“Presiden Joko Widodo adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangun jembatan (bridge-builder) dan menjadi bagian dari solusi," kata Menlu Retno.

Acara penganugerahan Global Citizen Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York. Penghargaan diberikan bagi para tokoh yang dipandang memberikan kontribusi nyata bagi dunia.

Sejumlah tokoh dunia yang pernah mendapat penghargaan tersebut. Diantaranya mendiang mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe; Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau; mantan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.

Selain kepada Presiden RI, penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 juga dianugerahkan kepada Presiden Finlandia, Sauli Niinistö; Perdana Menteri Swedia, Magdalena Andersson; CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai serta aktor dan UNESCO Special Envoy for Peace and Reconciliation, Forest Whittaker

Aep

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Agus Mulyana Optimistis Timnas Menang Lawan Korsel
SAH! Prabowo-Gibran Presiden & Wapres 2024-2029
Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh

Editorial



    sponsored links