free hit counter code Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Ilustrasi

    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia

    JuaraNews, Bandung - Indonesia adalah negara yang beriklim tropis oleh karenanya cuaca di Indonesia cenderung panas karena memang tidak mengalami musim dingin, Kendati demikian bukan berarti tidak ada daerah bersuhu dingin di Indonesia. Ada beberapa daerah di Indonesia memiliki suhu udara yang dingin lantaran berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi.

     

    Berikut ini nama 10 kota paling dingin di Indonesia

     

    Kota Padang Panjang

    Kota ini terletak di provinsi Sumatera Barat termasuk kota dingin, berada di daerah ketinggian yang terletak antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut. berada pada kawasan pegunungan yang berhawa sejuk, dengan suhu udara maksimum 26 derajat Celcius dan minimum 21 derajat Celcius dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm per tahun. Di bagian utara dan agak ke barat, berjejer tiga gunung yakni Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung tandikek.

     

     

    Baturaden

    Terletak di kecamatan Kabupaten Banyumas, daerah ini memiliki ketinggian 980 meter di atas permukaan laut. Wilayah Baturaden juga berada di sebelah selatan Gunung Slamet dengan wilayah tersebut Baturaden selalu memiliki suhu yang sejuk sejak siang, dan dingin pada malam hari dengan suhu rata-rata antara 22 derajat Celcius sampai 13 derajat Celcius. Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat indah.

     

    Ruteng

    Ruteng di pulau Flores secara administratif. Ruteng merupakan kecamatan yang terletak di Kabupaten Manggarai provinsi Nusa Tenggara Timur, wilayah Kota Ruteng terkenal dengan pemandangan yang indah dengan suhu 15 derajat Celcius sampai 19 derajat Celcius, menjadikan kota ini kota paling dingin di Indonesia.

     

    Kota Batu

    Kota Batu yang berada di Jawa Timur termasuk ke dalam daftar daerah terdingin di Indonesia, Kota Batu sebelumnya termasuk dalam wilayah kabupaten Malang namun kini telah berdiri menjadi kota administratif sendiri. Kota Batu terletak di ketinggian antara 700 hingga 1700 mdpl dengan letak ketinggian itu suhu di kota Batu tergolong dingin, namun terasa segar ditambah pemandangan yang mempesona suhu di kota Batu bisa mencapai 19 hingga 12 derajat Celcius. Selain itu kota ini juga menjadi salah satu objek wisata favorit di Jawa Timur.

    Gayo Lues

    Salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Aceh di Indonesia sebagai Provinsi paling barat di Indonesia sejumlah daerah di Aceh juga memiliki suhu udara yang dingin salah satunya adalah kota Gayo Lues yang terletak pada ketinggian 1000 mdpl. lokasi ini merupakan pendakian menuju Gunung Leuser. Gayo Lues juga memiliki pemandian air panas di Puri Betung dengan suhu 17 derajat Celcius sampai 10 derajat Celcius.

     

    Berastagi

    Sebuah kecamatan di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara Indonesia. Berastagi merupakan kecamatan terbesar kedua di dataran tinggi karo setelah Kabanjahe. Berastagi merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Sumatera Utara dan berbatasan dengan Sibolangit. Brastagi berjarak sekitar 66 km dari kota Medan, Berastagi diapit oleh dua gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Di dekat Gunung Sibayak terdapat pemandian mata air panas Berastagi sendiri berada di ketinggian lebih dari 1300 mdpl sehingga menjadikan kota ini menjadi salah satu kota terdingin yang ada di Indonesia dengan suhu 16 derajat Celcius sampai 10 derajat Celcius.

     

    Ciwidey

    Dengan ketinggian mencapai 1200 m dpl, ciwidey masuk jajaran wilayah tertinggi di indonesia, suhu udara rendah masih dapat dirasakan saat sinar matahari tengah terik triknya maupun saat masuk musim kemarau, hingga saat ini desa ciwidey lebih dikenal dengan desa kota yang ada di kecamatan ciwidey, karena letaknya yang sangat strategis dengan objek wisata topologi kota ciwidey adalah daerah dataran rendah berbukit dan dataran tinggi dengan suhu udara rata-rata 16 derajat celcius sampai 11 derajat celcius dengan suhu tersebut membuat kota ciwidey menjadi kota dingin di Indonesia.

     

    Mamasa

    merupakan kabupaten yang berlokasi di provinsi sulawesi barat, terletak di ketinggian 1900 m dpl mamasa masuk jajaran daerah tertinggi di indonesia, adapun kota ini berada pada ketinggian 1900 m dpl dengan suhu 16 derajat celcius sampai 11 derajat celcius, membuat kota mamasa menjadi kota terdingin di Indonesia.

     

    Waghera

    Waghera merupakan kota kecil yang terletak di kabupaten kiyai provinsi papua saat siang hari suhu di kota Waghera dapat mencapai 15 derajat celcius, sedangkan di malam hari suhu di kota itu bisa mencapai hingga 9 derajat celcius. membuat kota ini menjadi kota terdingin di Indonesia.

     

    Kota Mulia

    Kota mulia adalah sebuah distrik yang juga merupakan pusat pemerintahan atau ibu kota dari kabupaten puncak jaya. Letak kota ini berada di provinsi papua pegunungan Indonesia, kota dengan luas daratan 883 kilometer persegi ini berada di ketinggian 2448 meter di atas permukaan laut. Kota mulia adalah satu-satunya daerah berpenghuni yang ketinggiannya dikelilingi pegunungan jaya wijaya dengan total penduduk mencapai 24649 jiwa. Suhu udara di kota mulia bisa mencapai 6 derajat celcius ketika malam hari bahkan suhu di kota mulia bisa mencapai titik beku hal itu karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dengan pegunungan Jayawijaya. Tak heran kalau kota Mulia termasuk kota paling dingin diantara kota kota lainnya. (*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links