blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS MADURA UNITED: Buru Kemenangan Perdana di Kandang



        PERSIB BANDUNG VS MADURA UNITED: Buru Kemenangan Perdana di Kandang
        Persib Bandung menjamu Madura United di Stadion GLBA, Kota Bandung, Sabtu (30/7/2022) sore. (net)

        JuaraNews, Bandung - Laga seru bakal tersaji di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (30/7/2022) sore, saat Persib Bandung menjamu Madura United pada laga Pekan 2 Liga 1 2022-2023.


        Kedua tim dipastikan mengincar kemenangan pada laga yang akan digelar mulai pukul 15.30 WIB tersebut. Bagi Maung Bandung, ini merupakan kesempatan untuk meraih poin penuh pertama musim ini, apalagi pada laga nanti fans fanatik Persib, Bobotoh dipastikan mendukung langsung di stadion. Pasalnya, pada laga perdana pekan lalu, Maung Bandung hanya meraih 1 poin setelah ditahan imbang 2-2 oleh tuan rumah Bhayangkara FC, Minggu (24/7/2022) lalu.


        Sementara Madura United ingin melanjutkan tren kemenangan setelah pekan lalu mencukur Barito Putera dengan 8 gol tanpa balas. Dengan kemenangan besar tersebut, tim Sappe Kerrab pun sempat bertengger di posisi puncak klasemen sementara Pekan 1 dengan raihan 3 poin dan selisih gol 8-0. Sedangkan Persib, dengan hasil imbang hanya menduduki poisis 8 di papan klasemen.


        Pelatih Persib Robert Rene Alberts sendiri memastikan timnya tak gentar oleh MU yang bisa mencetak 8 gol tanpa balas pada laga sebelumnya. Robert tak menampik kini tim asuhan Pelatih Fabio Lefundes menjadi klub yang disegani di awal musim ini dengan hasil tersebut. Ia pun telah menyiapkan antisipasi untuk menghadapi Madura United.


        "Kami tahu kekuatan tim mereka, kami tahu apa yang harus diantisipasi dan kami juga harus menjaga catatan tim dengan catatan pertahanan terbaik," kata Robert dalam sesi konferensi pers jelang laga, Jumat (29/7/2022).


        Robert menegaskan, timnya telah dan terus melakukan persiapan jelang laga nanti, termasuk mengamati Madura United, yang menunjukkan kolektivitas tim yang baik. MU, kata Robert, telah menunjukkan progres pembangunan tim yang tangguh sejak musim lalu.


        "Kita bisa lihat kualitas pelatih mereka dari proses penyerangan mereka sebagai tim. Tetapi, kami juga sebenarnya punya awalan yang bagus dan memenangkan pertandingan jika saja bisa menghindari kesalahan sendiri," papar Robert.


        Selain itu, menurut pelatih berpaspor Belanda tersebut, Persib perlu menunjukkan permainan yang baik ketika berlaga di kandang. Karena itu, Robert memastikan anak-anak asuhnya tidak merasa terintimidasi untuk bisa meraih 3 poin ketika bermain di kandang.


        "Kami paham bahwa 3 poin menjadi hasil yang perlu kami raih. Ketika berlatih, saya melihat pemain begitu bersemangat dan menikmati, mereka antusias menghadapi pertandingan," tandas Robert.


        Robert pun optimistis, timnya mampu meraih 3 poin di kandangi. Dukungan penuh bobotoh di stadion nanti, menurutnya, bakal membuat motivasi skuat Maung Bandung berlipat. Sebelumnya, bobotoh sempat diperbolehkan menonton langsung Persib di ajang Piala Presiden 2022. Namun karena ada insiden meninggalnya 2 bobotoh pada laga fase penyisihan Grup C, laga Persib berikutnya dilarang dihadiri penonton dan venue pertandingan dipindah ke Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Sedangkan untuk kompetisi resmi, ini merupakan pertama kali sejak 4 tahun lalu atau pada musim 2018 lalu. "Penting untuk hari Sabtu nanti kami fokus untuk meraih 3 poin," ucap Robert.

         

        Sayangnya pada laga nanti, Persib masih belum bisa diperkuat sejumlah pemain pilarnya. Penyerang asal Brasil, Ciro Alves masih harus menepi karena cedera, demikian pula dengan Victor Igbonefo. Pemain lainnya yang bakal absen, yakni kiper Teja Paku Alam, Febri Hariyadi, juga Ricky Kambuaya. Sementara Bechkam Putra Nugraha masih disangksikan bisa merumput karena masih dalam proses pemuihan cedera.


        Dengan absennya pada pemain tersebut, Robert Alberts dipastikan akan kembali mengandalkan David da Silva sebagai juru gedor saat menjamu Madura. Da Silva bakal menjadi tumpuan di lini depan selagi Ciro Alves menepi karena cedera patah tulang bahu. Da Silva yang baru pulih dari cedera hamstring telah diturunkan saat Persib menghadapi Bhayangkara FC pekan lalu, kendati penyerang asal Brasil itu tidak bermain penuh.


        “Dia baru bermain satu laga dan dia juga tidak bermain dengan penuh. Selain itu dia juga baru menderita cedera selama 3 pekan. Tapi secara keseluruhan dia bermain cukup baik ketika bergerak dengan bola,” kata Robert.


        Meski kondisinya belum sepenuhnya fit, pada laga sebelumnya pergerakan Da Silva mampu merepotkan lawan. Kontribusinya juga positif dengan menyumbangkan assist bagi gol Frets Butuan ke gawang Bhayangkara FC.


        “Dia juga bisa menjadi tembok bagi Frets ketika mencetak gol, itu memang berdasarkan taktikal. Jadi David setelah menjalani satu pekan latihan, saya harap bisa mulai bermain selama 90 menit,” harap Robert.


        Selain Da Silva, Coach Robert juga sudah bisa menurunkan penyerang naturalisasi keturunan Belanda Ezra Walian. Namun Robert Alberts masih memantau kondisi Ezra, sebelum memutuskan akan menurunkannya. Ia pun berharap Ezra benar-benar pulih sehingga bisa merumput kembali.


        "Ezra sudah gabung dengan tim. Hari ini pertama kali dia mengikuti sesi (latihan) dengan penuh, dan terlihat sangat bagus. Nanti akan dilihat bagaimana reaksinya, apa yang dirasakan olehnya,” ungkap Robert seusai mimimpin latihan di Stadion GBLA, Rabu (27/7/2022).


        Pada laga nanti, Robert pun akan kembali mempecayakan ban kapten kepada Marc Klok. Dia menilai pemain naturalisasi bernomor punggung 10 itu telah melakukan tugas dengan baik di dalam lapangan maupun luar lapangan. Klok bakal dimainkan sejak menit awal. Dengan label pemain Timnas Indonesia, menurut Robert, peran dan arahan Klok sangat dibutuhkan untuk pemain muda Persib di lini tengah.


        "Kami sebenarnya punya 4 kapten, satu pemain dari musim lalu hengkang (Supardi), tapi kami masih punya Made (Wirawan), Dedi (Kusnandar), Jupe (Achmad Jufriyanto), dan Victor (Igbonefo). Tapi kita semua tahu ada beberapa dari mereka mengalami cedera dan sebagian lainnya tidak akan menjadi starter," kata dia.

         

        MU Tak Mau Pulang dengan Tangan Hampa
        Dari kubu lawan, Madura United bertekad melanjutkan performa positif mereka d kandang Maung Bandung. Hasil luar biasa yang diperoleh pada laga perdana memberikan kepercayaan diri untuk menghadapi Maung Bandung. Walau bakal tampil di depan puluhan ribu pendukung tuan rumah, Pelatih Madura United Fabio Lefundes tetap percaya diri bisa kembali meraih hasil positif.


        Pertandingan di awal musim, menurutnya, menjadi momen yang tepat untuk bermain sesuai kualitas tim. Sebab, tren positif dan negatif suatu tim belum terlihat karena baru menjalani beberapa laga. Madura United ingin memanfaatkan itu, sekalipun lawannya adalah tim sebesar Persib.


        "Setelah pertandingan pertama, kami masih ada 33 pertandingan lagi yang harus dijalani. Jadi penting bagi kami di awal ini bisa menjalani satu pertandingan ke pertandingan lainnya dengan baik," kata Lefundes dalam sesi konferensi pers jelang laga, Jumat (29/7/2022).


        "Dari pertandingan pertama kami belum bisa bilang tim yang ini luar biasa atau menganggap kami yang luar biasa. Kita semua belum bisa bicara seperti itu. Tapi saya hanya bisa pastikan, kami akan bermain luar biasa menghadapi Persib," imbuhnya.


        Lefundes pun memahami motivasi Persib untuk meraih 3 poin di laga kedua. Terlebih, pertandingan nanti dimainkan di kandang mereka sendiri. Hal ini bakal jadi rintangan tersendiri bagi Madura United, disamping kekuatan Persib yang sangat merata di setiap posisi.


        "Persib adalah tim yang kuat. Mereka punya pemain dengan kualitas individu yang sangat bagus. Persib tidak hanya kuat di belakang, tetapi juga di tengah dan di depan," kata pelatih asal Brasil ini.


        "Mereka punya pelatih berpengalaman di Liga Indonesia. Jadi pasti dia tahu persiapan yang tepat untuk melawan kami. Berarti kami harus sangat kuat dan kerja keras melawan tim seperti Persib," sambungnya.


        Lefundes pun sudah melupakan kemenangan telak 8-0 atas Barito Putera pada laga perdana lalu. Lefundes mengaku telah menekankan para pemainnya untuk tidak memikirkan kemenangan besar yang mereka raih sebelumnya. Sebab, Persib tim yang berbeda dengan Barito Putera.


        Dia menilai, Persib adalah tim besar di Indonesia dengan segudang prestasi. Di musim ini saja banyak pihak yang menyebut sebagai kandidat juara berkat kualitas yang dimiliki. Merespons situasi tersebut dia menyiapkan berbagai skema permainan yang akan dijalankan pada pertandingan nanti. Dia tidak mau Madura United pulang ke rumah dengan tangan hampa.


        "Kami banyak mendiskusikan dengan pemain tentang Persib Bandung akan segala kemungkinan pada pertandingan nanti. Tentu kami memahami bahwa Persib di Liga saat ini berbeda saat pra musim dan liga musim lalu," ungkap pelatih 49 tahun ini.


        Musim lalu laskar Sape Kerrab gagal meraih hasil maksimal saat bersua Persib. Dari dua pertemuan, Hugo Gomes dan kawan-kawan takluk dua kali, masing-masing dengan skor 0-1 dan 2-3. Karena itu, Lefundes tidak ingin hal tersebut terulang di musim ini. Modal kepercayaan diri yang tinggi dari laga perdana tidak boleh lenyap begitu saja.


        "Hasil pertandingan melawan Barito kemarin hasilnya memang bagus, tetapi bukan berarti kita sudah sangat baik karena setiap pertandingan berbeda kondisinya. Kami tentu harus antisipasi kondisi ini, apalagi musim lalu kami kalah atas Persib. Mereka juga tidak banyak mengganti pemain," sambungnya.


        Menghadapi Persib, Lefundes memboyong 21 pemainnnya. MU sendiri diperkirakan tidak banyak mengubah susunan pemain utamanya. Para pemain yang tampil menghadapi Barito, berpeluang kembali diturunkan. Seperti Luiz Marcelo atau Lulinha yang mencetak hattrick. Sayangnya, Lefundes belum bisa menurunkan gelandang asal Korea Selatan, Lee Yoo-joon, karena proses administrasinya sebagai warga negara Indonesia belum rampung.

        “Kami akan bawa 21 pemain. Itu yang bisa kami bawa ke pertandingan. Kalau yang cedera tidak ada, tapi ada beberapa pemain yang observasi sekarang. Ada beberapa pemain yang harus lebih baik fisiknya, dan situasi Lee Yoo joon, kami harus selesaikan,” ucap Lefundes.

         

        Head to Head
        13 Maret 2022               Liga 1 2021-2022            Persib Bandung 3-2 Madura United
        4 Desember 2021          Liga 1 2021-2022           Madura United 0-1 Persib Bandung
        5 Oktober 2019              Liga 1 2019                      Madura United 2-1 Persib Bandung
        23 Juni 2019                  Liga 1 2019                      Persib Bandung 1-1 Madura United
        9 Oktober 2018              Liga 1 2018                      Persib Bandung 1-2 Madura United
        4 Mei 2018                     Liga 1 2018                       Madura United 2-1 Persib Bandung
        19 Oktober 2017            Liga 1 2017                      Persib Bandung 0-0 Madura United
        9 Juli 2017                      Liga 1 2017                      Madura United 3-1 Persib Bandung
        8 Oktober 2016              TSC 2016                          Madura United 2-1 Persib Bandung
        28 Mei 2016                   TSC 2016                          Persib Bandung 0-0 Madura United
        7 April 2015                    ISL 2015                           Persib Bandung 3-0 PBR
        30 Oktober 2014           ISL  2014                           PBR 2-1 Persib Bandung
        6 Oktober 2014              ISL 2014                            Persib Bandung 1-0 PBR
        20 Mei 2014                   ISL  2014                           Persib Bandung 2-2 PBR
        27 April 2014                 ISL  2014                           PBR 1-0 Persib Bandung
        19 Mei 2013                   ISL  2013                           Persib Bandung 2-1 Persepam Madura United
        28 Apr 2013                   ISL  2013                           Persepam Madura United 1-3 Persib Bandung


        5 Laga Terakhir Persib Bandung
        24 Juli 2022           Liga 1 2022-2023          Bhayangkara FC 1-1 Persib Bandung
        16 Juli 2022           Uji Coba                          Persib Bandung 9-0 Persib U-20
        12 Juli 2022           Uji Coba                          Persib Bandung 4-0 Porprov Kota Bandung
        1 Juli 2022             Piala Presiden 2022      PSS Sleman 1-1 Persib Bandung (pen 4-2)
        21 Juni 2022          Piala Presiden 2022      Persib Bandung 1-0 Bhayangkara FC


        5 Laga Terakhir Madura United
        23 Juli 2022          Liga 1 2022-2023            Madura United 8-0 Barito Putera
        28 Juni 2022         Piala Presiden 2022       Madura United 2-1 Persija Jakarta
        25 Juni 2022         Piala Presiden 2022       Barito Putera 1-1 Madura United
        18 Juni 2022         Piala Presiden 2022       RANS Nusantara FC 0-0 Madura United
        14 Juni 2022         Piala Presiden 2022       Borneo FC 1-0 Madura United


        Perkiraan Susunan Pemain
        Persib Bandung (4-3-3)
        Fitrul Dwi Rustapa; Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Daisuke Sato, Zalnando; Frets Listanto Butuan, Marc Anthony Klok, Rachmat Irianto, Erwin Ramdani; Ezra Walian, David da Silva
        Cadangan: Reky Rahayu; Kakang Rudianto, Eriyanto, Bayu Mohamad Fiqri, David Kevin Wato Rumakiek, Dedi Kusnandar; Abdul Aziz Lufti Akbar, Robi Darwis, Ridwan Ansori
        Pelatih: Robert Rene Alberts

        Madura United (4-4-2)
        Randy Oscario; Fachrudin Wahyudi, Cleberson de Sauza, Reva Adi Utama, Dodi Alekvan Djin; Malik Risaldi, Slamet Nurcahyono, Luiz Marcelo, Ricki Ardiansyah; Alberto Goncalves, Hugo Gomes
        Cadangan: Miswar Saputra; Novan Setya Sasongko, Guntur Ariyadi, Esteban Vizcarra, Haris Tuharea, Zulfiandi, Pedro Hendrique Cortes, Kadek Raditya, M Kevy Syahertian, Rifaldi Bawuo
        Pelatih: Fabio Lefundes. (*)

        jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Persib Dibantai Borneo FC 4-1, Robert Alberts: Kami Bertanggung Jawab atas Kekalahan Ini
        Takluk 4-1 di Kandang Borneo FC, Persib Terpuruk di Zona Degradasi
        Ini Susunan Pemain Borneo FC vs Persib Bandung
        BORNEO FC VS PERSIB BANDUNG: Bangkit di Laga Tandang
        Cegah Persib Curi Poin, Borneo FC Bakal Tampil Habis-habisan
        Berita Terdahulu

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Persikabo 1973 3 9
        2 Madura United 3 9
        3 PSM Makassar 3 7