blog counter

Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        Persib Lakoni Jadwal Padat, Robert Alberts Lakukan Rotasi Pemain

        • Minggu, 20 Februari 2022 | 09:14:00 WIB
        • 0 Komentar


        Persib Lakoni Jadwal Padat, Robert Alberts Lakukan Rotasi Pemain
        David da Silva saat laga Persib kontra Persipura, Jumat (18/2/2022) lalu. Da Silva turun sebagai starter tanpa duetnya, Bruno Cantanhede karena terkene rotasi yang dilakukan Pelatih Robert Alberts/ (ligaindonesiabaru.com)

        JuaraNews, Bandung - Tim Persib Bandung menghadapi jadwal laga yang cukup padat di sisa Seri Keempat Liga 1 2021-2022 ini.

         

        Hal tersebut disebabkan bakal digelarnya laga tunda Pekan 22 kontra PSM Makassar yang seharusnya telah dijalani pada 2 Februari 2022 lalu. Laga yang ditunda karena sebagian besar pemain Maung Bandung terpapar Covid-19 tersebut, akhirnya diputuskan oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan digelar pada Pekan 27 tepatnya Selasa (22/2/2022) mendatang. Dengan djadwalkan laga tunda tersebut, maka laga-laga Persib lainnya terimbas dan harus disesuaikan waktunya.

         

        Seperti laga Pekan 26 kontra Persipura Jayapura yang pada jadwal sebelumnya digelar Sabtu (19/2/2022), dimajukan sehari menjadi Jumat (18/2/2022). Lalu laga Pekan 27 menghadapi Persela Lamongan yang dijadwalkan pada Rabu (23/2/2022) akhirnya dimundurkan ke Jumat (25/2/2022) mendatang. Laga Pekan 28, antar Persib versus Persija juga dimundurkan 2 hari menjadi Minggu (27/2/2022). Dengan demikian jeda waktu dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya menjadi lebih dekat, hanya sekitar 3 hingga 4 hari, atau hanya memiliki waktu persiapan 2 atau 3 hari.

         

        Padatnya jadwal tersebut, langsung direspons Pelatih Persib Robert Rene Alberts dengan melakukan rotasi pemain dalam 4 laga terakhir Seri Keempat ini. Seperti saat menekuk Persipura 3-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (18/2/2022) lalu, Robert menurunan starting eleven yang agak berbeda dengan sebelumnya, dan melakukan 5 pergantian pemain inti. David da Silva dan Bruno Cantanhede yang pada laga sebelumnya selalu berduet dan diturunkan full time, dipisahkan. Bruno baru dimasukkan mengantikan Da Silva pada menit 61. Sedangkan 4 pergantian lainnya, yakni Henhen Herdiana, Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, dan Frets Butuan, yang digantikan Supardi Nasir, Zalnando, Ezra Walian, dan Erwin Ramdani.

         

        "Kami mengistirahatkan sejumlah pemain karena bisa kita lihat beberapa pemain masih belum bisa memulihkan kondisinya. Hal yang mustahil bisa melakukannya hanya dengan 2 hari," ujar Robert di Gianyar, Sabtu (19/2/2022).

         

        Robert berharap kondisi seluruh pemainnya bisa terjaga pada level terbaik saat menjalani laga-laga berikutnya. Yang terdekat, Maung Bandung akan melakoni laga tunda menghadapi PSM,  Selasa (22/2/2022). Mengingat jeda waktu relatif pendek, pergantian pemain menjadi hal yang dibutuhkan.

         

        "Kami akan bertanding lagi setelah 3 hari, maka kami melakukan rotasi terhadap pemain dan semoga di laga selanjutnya, semua pemain bisa tampil dengan bugar," ucap pelatih berpaspor Belanda tersebut.

         

        Robert menegaskan, rotasi dilakukan agar para pemainnya tidak mengalami kelelahan.  "Rotasi selalu menjadi bagian dari permainan, apalagi kini jadwalnya begitu padat. Kini bahkan menjadi lebih ketat karena hanya ada 2 hari waktu jeda antarpertandingan. Jadi rotasi akan dilakukan, bukan hanya dari sisi taktik tapi dari sisi fisik," ujar Robert.

         

        Selain mepetnya jeda waktu pertandingan, permasalahan lain yang bakal dihadapi Robert adalah waktu kick-off. Sebab, dengan perbedaan zona waktu antara Pulau Bali dan Jawa, Persib bertanding lebih malam.

         

        Contohnya, Persib bertanding pada pukul 20.45 WIB. Namun karena perbedaan zona waktu, maka Persib menjalani laga pukul 21.45 Wita. Dengan demikian, para pemain baru selesai berlaga sekitar pukul 23.45 Wita atau hanya beberap menit sebelumnya tengah malam.

         

        "Orang harus tahu satu hal, pemain kembali ke hotel jam 1 tengah malam, dengan kondisi lelah mereka makan jam 2 malam yang tentu tidak menyehatkan," tandasnya.

         

        Sesampai di hotel, kata Robert, para pemain biasanya tidak akan langsung tidur. Apalagi jika hasil pertandingan tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. "Setelah itu, pada prinsipnya hanya mempunyai 1 hari untuk pemulihan dan sudah harus bertanding kembali," imbuh pelatih 67 tahun tersebut.

         

        Dia menyadari situasi ini tidak hanya dirasakan Persib, tapi semua tim Liga 1 karena kompetisi musim ini tidak berjalan normal akibat pandemi Covid-19. "Ini bukan situasi yang normal, semua tim merasakan ini di Liga tapi bukan musim sepak bola yang normal. Pemain kini dipaksa untuk bermain," jelasnya.

         

        Dari sisi medis, sambung mantan pelatih PSM Makasar tersebut, pemain yang baru sembuh dari Covid-19 juga tidak bisa langsung berlatih dan bermain. Sebab, jika langsung diturunkan dalam sebuah pertandingan atau sesi latihan yang berat, justru akan membahayakan pemain.

         

        "Kami mencoba dengan tim medis klub, ketika ada pemain yang kembali (pulih dari Covid-19), mereka melakukan beberapa tes dan mendengarkan keluhan dari pemain. Misalnya kesulitan dalam bernapas, rasa berat di otot atau sakit kepala," ucapnya.

         

        Dengan situasi saat ini, langkah rotasi pemain sangat logis dilakukan Coach Robert. Selain berpikir untuk meraih poin penuh pada setiap laga, Robert pun harus mempertimbangkan aspek kesehatan dan keselamatan pemain.

         

        "Kami melakukan rotasi karena terpaksa, mengingat pemain belum sepenuhnya pulih. Saya rasa semua akan mengerti, ini situasi yang tidak normal," pungkas Robert.

         

        Jadwal 3 Laga Terakhir Persib di Seri Keempat Liga 1 2021-2022

        Pekan 22 Selasa (22/2/2022) pukul 20.30 WIB

        PSM Makassar vs Persib Bandung (laga tunda)

         

        Pekan 27 Jumat, 25 Februari 2022 pukul 18.15 WIB

        Persib Bandung vs Persela Lamongan

         

        Pekan 28 Selasa, 1 Maret 2022 pukul 20.45 WIB

        Persija Jakarta vs Persib Bandung. (*)

        jn

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Persib Gelar Latihan Perdana, Ada Pemain Jepang Ikuti Seleksi
        Songsong Liga 1 2022-2023, Tim Persib Gelar Latihan Perdana Selasa Ini
        Syafril Lestaluhu Akhirnya Tinggalkan Persib
        Latihan Digelar 16 Mei, 3 Pemain Asing Segera Merapat ke Bandung
        Gantikan Deden Natshir, Fitrul Ambil Alih Nomor Pungung 1 Persib
        Berita Terdahulu
        Lebaran Fraksi PKB Jawa Barat
        Iklan Lebaran Pemkot Bandung

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bali United 34 75
        2 Persib Bandung 34 69
        3 Bhayangkara FC 34 66