free hit counter code Hasil PCR Test jadi Penentu Digelarnya Laga Persib vs Bhayangkara FC - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Daftar Pemain


    Editorial


      Jadwal Liga


      Hasil PCR Test jadi Penentu Digelarnya Laga Persib vs Bhayangkara FC

      Hasil PCR Test jadi Penentu Digelarnya Laga Persib vs Bhayangkara FC

      • Minggu, 6 Februari 2022 | 08:02:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews, Bandung – Laga Pekan 23 Liga 1 2021-2022 antara Persib Bandung kontra Bhayangkara FC, Minggu (6/2/2022) malam ini, dihantui ancaman penundaan.

       

      Pasalnya, sebagian besar skuat Maung Bandung yang mencapai lebih dari setengahnya masih terpapar Covid-19. Setelah 9 pemain terinfeksi Covid-19 jelang laga kontra Persikabo 1973 pada Sabtu (29/1/2022) lalu, sekitar 9 pemain lainnya juga positif sehingga laga Maung Bandung versus PSM Makassar yang dijadwalkan digelar Rabu (2/2/2022) lalu, akhirnya ditunda. Karena skuat Persib hanya menyisakan 13 pemain yang tidak memenuhi kuota minimal untuk melakoni laga.

       

      Permasalahan tersebut pun belum tuntas ketika Pangeran Biru akan melakoni laga Pekan 23 menghadapi Bhayangkara. Pasalnya, para pemain positif Covid-19 yang mencapai 18 orang tersebut belum tentu menjadi negatif pada hari H laga Minggu (6/2/2022) ini. Sehingga bisa memenuhi kuota minimal pemain yang akan dimainkan.

       

      Dokter tim Persib, dr Rafi Ghani mengonfirmasi hingga saat ini ada 27 pemain dan ofisial tim yang tengah menjalani karantina karena positif Covid-19 varian Omicron, dengan 5 orang di antaranya sudah negatif.

       

      “Saat ini ternyata paparan Covid 19 varian Omicron tidak berhenti di 9 pemain awal, namun paparan melanda juga pemain lain dan para ofisial. Total keseluruhan sedang dikaratina pemain dan ofisial adalah 27 orang, sudah negarif 5 orang,” ucap Rafi, Sabtu (5/2/2022).

       

      Rafi sendiri tidak membeberkan berapa jumlah pemain atau ofisial yang terkonfirmasi positif virus Corona. Namun menilik pemberitaan dan foto-foto latihan dalam 2 hari terakhir yang dirilis laman resmi klub, ada 16 pemain yang ikut latihan, satu di antaranya kiper. Ke-16 pemain, tersebut yakni Victor Igbonefo, Marc Klok, Bruno Cantanhene, Zalnando, Frets Butuan, Erwin Ramdhani, Abdul Aziz, Kakang Rudiana, David da Silva, Bayu Fiqri, Ardi Idrus, Bechkam Putra, Mohammed Rashid, Syafril Lestaluhu, Ferdiansyah, dan kiper Teja Paku Alam. Sedangkan 3 kiper lainnya tak nampak dalam foto latihan, dan tidak disebut-sebut juga dalam pemberitaan.

       

      Latihan sendiri tidak dipimpin oleh Pelatih Robert Rene Alberts atau 2 asistennya, Yaya Sunarya dan Budiman. Kali ini, latihan dipimpin staf pelatih Gilang Kusuma dan Gilang Fauzi, serta Pelatih kiper Luizinho Passos.

       

      Dengan demikian, diduga masih ada sekitar 15 pemain yang masih positif Covid-19, plus sejumlah ofisial di antaranya pelatih kepala Robert Albert dan asistennya, Yaya Sunarya. Dugaan terpaparnya tim pelatih tersebut, tampak dari sesi konferensi pers jelang laga Persib kontra Bhayangkara. Dalam konpres virtual tersebut dari kubu Maung Bandung hanya diwakili gelandang Bechkam Putra seorang diri. Padahal dalam regulasi operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB), konpres harus dihadiri pelatih atau wakilnya dan seorang perwakilan pemain.

       

      Rafi Ghani mengatakan, kondisi para pelatih saat ini semuanya bergejala, mulai dari ringan hingga salah satunya harus dirujuk ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif. “Para pelatih terpapar, hasil pemeriksaan dinyatakan positif, sehingga tidak bisa menghadiri konferensi pres,” terang Rafi.

       

      “Satu orang harus mendapat perawatan di rumah sakit, mohon doanya supaya bisa segera pulih,” sambungnya.

       

      Menurut Rafi, jumlah pemain yang positif atau negatif Covid-19 tersebut bisa saja berubah, bergantung hasil PCR test yang hasilnya baru akan keluar Sabtu (6/2/2022) ini sebelum pertandingan digelar. “Kami masih menunggu, apakah akan berkurang atau bertambah di antara paparan itu. Karena ini melanda juga elemen penting dapat digelarnya sebuah pertandingan,” terang Rafi.

       

      Hasil PCR test yang dilakukan pada Sabtu (5/2/2022) tersebut, memang akan menjadi penentu digelar atau tidaknya laga antara Persib melawan Bhayangkara. Rafi menegaskan, Persib sebagai akan selalu mengikuti seluruh regulasi dan peraturan terkait penanganan Covid 19 selama periode Liga 1 bergulir ini, baik dari LIB dan juga Satgas Covid 19.

       

      “Mohon doanya dari semua, semoga masa sulit ini segera berakhir,” tutup Rafi yang berpegang teguh dengan kode etik menjaga kerahasiaan pasien dengan tidak membeberkan nama-nama pemain yang sedang terpapar Covid-19.

       

      Soal laga Persib kontra Bhayangkara, Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita juga belum bisa memastikannya. Hingga saat ini, kata Lukita, PT LIB masih menunggu hasil tes PCR dari kedua tim. "Nunggu hasil PCR," kata Lukita, Sabtu (5/2/2022).

       

      Namun kendati nanti hasil PCR test ternyata jumlah pemain tidak memenuhi kuota atau kurang dari 14 orang, bisa saja laga Persib Bandung vs Bhayangkara tetap digelar. Pasalnya, merujuk surat edaran yang ditujukan kepada seluruh klub pada 3 Februari 2022, PT LIB telah meminta semua kontestan Liga 1 untuk mendatangkan pemain baru sebagai langkah melengkapi kebutuhan tim.

       

      Pemain baru tersebut adalah para pemain muda yang dimiliki setiap klub dan sudah terdaftar pada aplikasi SIAP. Nantinya, bagi klub yang mayoritas pemainnya terpapar Covid-19 dan hanya menyisakan 13 punggawa, tim tersebut harus memanggil pemain muda mereka.

       

      Aturan tersebut tercantum dalam Pasal 52 yang telah direvisi PT LIB Rabu (2/2/2022) lalu Pasal 52 tersebut berbunyi, “PT LIB menegaskan bahwa suatu upaya menyikapi keadaan apabila suatu tim hanya menyisakan dari 14 pemain setelah semua pemain dilakukan tes Covid-19 (termasuk salah satu diantaranya adalah penjaga gawang) klub diminta untuk mendatangkan pemain usia muda yang telah didaftarkan di SIAP sebagai langkah melengkapi kebutuhan tim." (*)

      jn

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Lakoni Debut, Adzikry Dipuji Habis Pelatih Persib
      Hodak Kecewa Persib Ditahan Imbang Bhayangkara
      Imbang, Langkah Persib ke Championship Tersendat
      Ini Susunan Pemain Persib Bandung vs Bhayangkara
      Stefano tak Sabar Berjumpa Naingggolan di Lapangan

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 29 69
      2 Persib Bandung 30 55
      3 Bali United 29 49

      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail