PT POS

Hot News


JN-TAM

Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Sinergitas Pelaku Usaha dengan Pemerintah untuk Kebangkitan Perekonomian



    Sinergitas Pelaku Usaha dengan Pemerintah untuk Kebangkitan Perekonomian

    Oleh: LINGGA NUGRAHA, S.H., M.H.

    Advokat, Kurator Kepailitan dn Praktisi Bisnis

     

    PERHELATAN Musyawarah VII Kadin Kota Bandung di Hotel Papandayan pada 1 Desember 2021 merupakan sarana demokrasi yang dilakukan pada waktu per lima tahunan. Kadin merupakan wadah pelaku usaha yang dibentuk melalui Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri. Hal ini menjadi dasar dari keterkaitan Kadin dengan kelompok usaha lainnya seperti investor, UMKM, baik sedang maupun kecil.

     

    Jalannya musyawarah tentu memiliki dasar hukum yang jelas di mana pelaksanaan Musyawarah Provinsi/Kabupaten/Kota diatur melalui Anggaran Dasar Kadin Pasal 25 Ayat (2) huruf a dan b serta Anggaran Rumah Tangga Kadin Pasal 24 Ayat (1) dengan ketentuan bahwa pelaksanaan musyawarah oleh dan menjadi tanggungjawab Dewan Pengurus Kadin di kabupaten/kota itu sendiri. Adapun pelaksanaan forum tertinggi di Kadin Kota Bandung ini selain landasan yuridis tentu memiliki syarat-syarat tertentu bagi bakal calon yang mendaftar, hal ini ditentukan dengan menimbang syarat-syarat yang ditentukan di perhelatan musyawarah lainnya di tiap tingkatan.

     

    Protokol kesahatan yang ketat menjadi syarat pelaksanaan musyawarah tersebut. Dengan kata lain, perhelatan musyawarah ini dilakukan dengan semangat demokrasi yang penuh dengan syarat. Kolaborasi Kadin dengan pemerintah harus memastikan pemulihan perkenomian khususnya di Kota Bandung dapat berjalan dan teratasi dengan baik. Kadin harus memberi rasa aman dan nyaman kepada para investor yang memiliki minat untuk berinvestasi di Kota Bandung serta memberikan dukungan untuk tumbuhnya pelaku UMKM sebagai gerbang pertama pelaku usaha yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

     

    Sinergitas antara pelaku usaha menjadi hot topic yang harus segera direalisasikan agar pelaku usaha khususnya di bidang industri dan jasa dapat memulihkan usaha-usahanya yang terkena dampak adanya pandemi Covid-19. Berkaitan dengan hal itu, dampak pandemi ini menimbulkan tantangan lainnya seperti meningkatnya jumlah permohonan PKPU dan Kepailitan sebagai sarana penanganan piutang yang dimiliki oleh para Kreditor.

     

    Pelaksanaan forum tertinggi organisasi tentu akan menentukan profil pemimpin yang akan memimpin selama satu periode ke depan. Dalam setiap ranah demokrasi tersebut akan melahirkan pimpinan terpilih dan calon pimpinan yang tidak melanggeng pada tujuannya. Kebesaran hati dan kebijaksanaan dari para calon pimpinan tersebut merupakan suatu sikap yang arif yang dinantikan.

     

    Kadin sebagai wadah pelaku usaha yang berintegritas tentu didominasi oleh resource SDM yang ideal yang mengedepankan keutuhan menghormati perbedaan dan patuh terhadap keputusan organisasi pada forum tertinggi ini. Selamat menggelar Musyawarah VIII untuk Kadin Kota Bandung.(*)

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    6 Warga Kota Bandung Positif COVID-19 varian Omicron
    Ini Kesiapan RSHS Bandung Antisipasi Lonjakan Omicron
    14 Warga Jabar Positif Covid-19 Varian Omicron, Gubernur Imbau Warga Waspada dan Jangan Panik
    JPU Menuntut Hukuman Mati dan Kebiri Terhadap HW Pemerkosa 13 Santriwati
    Polisi Berhasil Amankan Guru Pesantren Yang Setubuhi Santrinya
    Berita Terdahulu
    Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

    Info Kota


    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads