PT POS

Prof Obi Lantik DPC ARWT Kabupaten Sumedang

  • Sabtu, 18 September 2021 | 14:17:00 WIB
  • 0 Komentar


Prof Obi Lantik DPC ARWT Kabupaten Sumedang
Pelantikan DPC Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga, Kabupaten Sumedang istimewa

 

JuaraNews, Bandung - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga (ARWT) Kabupaten Sumedang, Dr. Hj. Aris Yulia, S.H., M.Kn., beserta pengurus lainnya dilantik Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si., di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Jum'at (17/9/2021).


Pelantikan Ketua dan Pengurus ARWT DPC Kabupaten Sumedang periode 2021-2026 itu, disaksikan langsung oleh Bupati Kabupaten Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M.


Acaranya dilaksanakan secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat, dihadiri pula oleh Ketua Umum ARWT Indonesia, Drs. H. Sanusi Mawi, M.Si, Djoko S. Roespinoedji, S.E., PG., DIP., Ketua Harian DPD ARWT Jabar, pengurus ARWT Pusat dan Jabar, para Kepala SKPD terkait, Camat dan Kepala Desa, serta para undangan lainnya yang hadir baik secara langsung maupun virtual.


Pada kesempatan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ARWT Jawa Barat, Prof Obi menyatakan bahwa ARWT termasuk ARWT Kabupaten Sumedang harus bisa menjaga kesatuan dan persatuan warga untuk kemajuan republik Indonesia.


Karena menurut nya, RT dan RW merupakan organisasi paling fundamental yang memiliki peran penting dalam melayani masyarakat langsung, tidak terkecuali saat kesulitan di masa Pandemi COVID-19.


"Saya percaya kepada kemampuan dan kapasitas Bu Lia. Maka dari itu saya pesan agar Ketua dan pengurus ARTW Kabupaten Sumedang memiliki peran central bagi RT RW yang ada. Di antaranya untuk menjaga keutuhan bangsa, menjadi pelayan dan membantu kesejahteraan masyarakat sekaligus mitra bagi pemerintah, untuk kemajuan bangsa serta mendukung program pemerintah Jabar Juara serta Sumedang Simpati," kata Prof Obi, usai kegiatan.


Dirinya juga mengapresiasi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang akan membantu program ARTW Kabupaten Sumedang.


"Alhamdulillah Pak Dony datang langsung saat kegiatan, saya haturkan terima kasih. Ini langkah awal dalam mendukung keberadaan ARWT Kabupaten Sumedang, dan sinergi dengan pemerintah Kabupaten Sumedang yang dipimpin Pak Dony," kata Prof Obi.


ARWT sendiri kata Prof Obi merupakan organisasi yang diakui oleh Kemenkumham. Dirinya pun akan secepatnya melantik Ketua dan pengurus ARWT di daerah lainnya di Jawa Barat.


Usai kegiatan Lia, sapaan akrab Ketua ARWT Kabupaten Sumedang dan jajarannya bertekad dan memiliki komitmen, untuk menghadirkan organisasi ARWT yang lebih baik, memiliki diferensiasi dan nilai tambah, yang adaptif dan modern.


"ARWT siap bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menjadi bagian dari kemajuan Kabupaten Sumedang, dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi para anggota, dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumedang," kata wanoja pituin Sumedang yang berprofesi berprofesi sebagai Notaris/PPAT sekaligus Dosen di Fakultas Hukum Universitas Sahid Jakarta.


Dirinya pun mengungkapkan bahwa ARWT Kabupaten Sumedang sebagai wadah konsolidasi, komunikasi dan inovasi RT dan RW dalam upaya berpartisipasi aktif wujudkan target penyelenggaraan pembangunan Kabupaten Sumedang.


Hal itu berdasarkan hukum Permendagri 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa & Peraturan Bupati Sumedang Nomor 16 tahun 2021 Tentang RT dan RW.


Adapun prioritas program ARWT Sumedang di periode kepengurusan saat ini, di antaranya modernisasi database, peningkatan kapasitas Ketua RT/RW, program asuransi dan BPJS Kesehatan, peningkatan IPP, platform digital ARWT dalam rangka inovasi untuk mengoptimalkan kinerja RT dan RW.


"Program-program unggulan disiapkan untuk mendorong kinerja RT dan RW supaya dapat berperan aktif dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan kelurahan dengan prioritas utama pengentasan kemiskinan, pencegahan stunting, dan optimalisasi pelayanan publik," kata Lia.


"Dengan adanya asosiasi dapat memberikan nuansa positif bagi RT dan RW, memberikan motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja RT dan RW dalam mensukseskan program Sumedang Simpati dan memberikan jaminan kepastian bagi RT dan RW baik dari segi hak-hak RT dan RW maupun kewajiban RT dan RW atas tugas dan fungsinya," pungkasnya.


Sementara Sanusi Mawi, Ketua Umum sekaligus Pendiri ARWT, menyampaikan optimismenya dengan kepemimpinan Lia sebagai Ketua DPC ARWT Sumedang.


Dirinya memiliki keyakinan, di tangan generasi muda yang kreatif dan penuh semangat, ARWT akan terus bertumbuh menjadi organisasi yang semakin berdampak di masyarakat.


Pada kesempatan yang sama Bupati Sumedang, Dony menyatakan, akan memberikan dukungan penuh dan menyampaikan harapan bahwa ARWT dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan visi Sumedang Simpati.


Ia pun mengatakan bahwa RT dan RW merupakan organisasi kemasyarakatan yang menjembatani pemerintah dengan masyarakat. Karena hampir semua program pemerintah dapat diterima dengan baik di tengah-tengah masyarakat karena peran RT dan RW. (*)

bas

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
PD Kebersihan Resmi Dilikuidasi, Persoalan Sampah di Kota Bandung Jadi Tanggung Jawab DLHK
Satgas Anti Rentenir Terima Ribuan Aduan Masyarakat Terkait Korban Pinjol
BMKG Perkirakan Musim Hujan di Bandung Raya Pertengahan Oktober
Yana Mulyana Inginkan Sarana Olahraga di Kota Bandung Dikelola Mirip GBK
Wakil Wali Kota Bandung Nyatakan 'Perang' Terhadap Rentenir
Berita Terdahulu
Iklan Nawisa

Info Kota


Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Ads