Bank BJB top banner

Hot News


Opini


  • Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru
    Mewujudkan Rumah Impian bagi Guru

    MEMILIKI rumah merupakan impian setiap orang terlebih bagi seorang guru karena rumah termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

    Forum Kerjasama Tripartit Plus Terbentuk, Pengembangan Alsintan Diharapkan Lebih Maksimal



    Forum Kerjasama Tripartit Plus Terbentuk, Pengembangan Alsintan Diharapkan Lebih Maksimal
    Sejumlah akademisi, praktisi, birokrasi, dan kalangan media sepakat membentuk Forum Kerja Sama Tripartit Plus Pengembangan, Pengujian dan Pengawasan Alat Mesin dan Pertanian (Alsintan). FOTO: UDE D GUNADI

     

    JuaraNews, Cianjur – Sejumlah akademisi, praktisi, birokrasi, dan kalangan media sepakat membentuk Forum Kerja Sama Tripartit Plus Pengembangan, Pengujian dan Pengawasan Alat Mesin dan Pertanian (Alsintan). Forum terbentuk di Kantor Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Bojongpicung Cianjur, Rabu (7/4/2021).

     

    Terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum, Prof. Dr. Ir. Y. Aris Purwanto.M.Sc. dan sekretaris Kepala Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Teguh Khasbudi, SH., MH.

     

    Unsur yang terlibat dalam forum kerja sama ini adalah akademisi, praktisi, lembaga kemasyarakatan, unsur pemerintah terkait dan lembaga media.

     

    Pembentukan forum tersebut dalam upaya mendorong Indeks Kerja Utama Gubernur Jawa Barat yang salah satunya adalah peningkatan produktivitas pertanian melalui modernisasi pertanian, khususnya pemanfaatan teknologi Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

     

    "Dengan adanya forum seperti ini, kita bisa saling tukar informasi terkait permasalahan di lapangan seperti apa, kemudian dari birokrat dan akademisi. Karena selama ini masing-masing punya versinya sendiri," ujar Ketua Forum Kerjasama Pengembangan, Pengujian dan Pengawasan Alat Mesin dan Pertanian, Y. Aris Purwanto seusai pembentukan forum tersebut.

     

    "Dari pelaku misalkan oh ternyata selama ini mungkin bantuan dari pusat dan sebagainya banyak yang kurang efisien dan sebagainya, sementara dari birokrasi tentunya harus seperti apa dan dari akademisi sebenarnya juga punya kajian juga terkait dengan mungkin bantuannya yang tidak kurang efektif dan sebagainya dan ide-ide itu kalau disatukan menjadi sesuatu yang bisa diperbaiki bersama," imbuhnya.

     

    Sementara itu Kepala UPTD Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Teguh Khasbudi menjelaskan, forum tersebut nantinya akan menyusun bahan dan rumusan kebijakan bagi Gubernur dalam bidang pengembangan, pengujian dan pengawasan alat dan mesin pertanian.

    Teguh mengatakan, pihaknya dalam hal ini bertindak sebagai fasilitator dalam mewujudkan sistem pengembangan alat mesin pertanian, yang akan mendorong produktifitas dan pengembangan dunia pertanian. “Birokrasi itu tak hanya menjadi regulator atau sebagai pihak yang membuat regulasi atau aturan. Tetapi birokrasi juga bertindak sebagai fasilitator untuk mencapai tujuan kinerjanya. Dalam hal forum kerja sama ini, kita sebagai birokrasi menjadi fasilitator untuk pengembangan alat mesin pertanian tersebut,” kata Teguh.

    Ia menjelaskan, sudah jelas tujuan pembentukan Foruk Kerjasama Tripartit Plus ini untuk pengembangan, pengujian, dan pengawasan alat mesin pertanian dalam mewujudkan Jabar Juara dengan inovasi dan kolaborasi.

    Untuk mewujudkan pengembangan, pengujian, dan pengawasan itu, kata Teguh, dinilai perlu melibatkan kerja sama tripartit agar kinerjanya lebih maksimal lagi. “Dimana perguruan tinggi, praktisi, dan birokrasi, plus media, bisa terlibat untuk pengembangan alat mesin pertanian ini,” pungkas Teguh. (*)

    Oleh: ude gunadi / ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sekolah Murid Merdeka Buka Layanan Sekolah PAUD Gratis
    Pelaku UMKM dan Koperasi Jadi Bidikan BPJS Kesehatan untuk Program JKN-KIS
    KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, DPR RI: Perlu Peremajaan Alutsista Indonesia
    Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Alun Alun Majalengka dan Kejaksan setelah Direvitalisasi
    SAFARI RAMADAN: Uu Ruzhanul Tekankan Pentingnya Pendidikan Ukhrawi dan Duniawi untuk Anak
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Bank BJB kanan

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads