free hit counter code Gaet Dunia Perbankan, Balai Mektan Fasilitasi UPJA Dapatkan Mesin Pertanian - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


  • Kepala Desa Cimekar Bakal Digugat
    Kepala Desa Cimekar Bakal Digugat
    • 20 April 2024 | 21:29:00 WIB

    KADES Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung Iwan Dharmawan bakal di gugat karena diduga manipulasi dokumen tanah.

Opini


    Gaet Dunia Perbankan, Balai Mektan Fasilitasi UPJA Dapatkan Mesin Pertanian
    Kepala Dinas TPH Provinsi Jabar Dadan Hidayat dan Kepala Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian Teguh Khasbudi berpoto seusai penandatangan MOU dengan Bank BNI di Gedung Mektan, Cianjur, Kamis (24/6/2021).

    Gaet Dunia Perbankan, Balai Mektan Fasilitasi UPJA Dapatkan Mesin Pertanian

    JuaraNews, Bandung – Balai Pengembangan Mekanisasi Pertanian (Balai Mektan) Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat membuat terobosan baru.

     

    Menggandeng perbankan, Balai Mektan menjalin kerja sama dalam memenuhi kebutusan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan mitranya, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).

     

    Kepala Balai Mektan Teguh Khasbudi SH MH mengatakan, pihaknya mendorong keterlibatan perbankan dalam menyediakan alat mesin pertanian bagi UPJA. Perbankan memberikan skema kredit kepada UPJA dan pemerintah mensubsidi bunga.

     

    “Biasanya pemerintah memberikan bantuan langsung berupa alat mesin pertanian, tetapi sekarang kita dorong UPJA memberi dengan fasilitas kredit dan subsidi bunga,” kata Teguh Khasbudi saat acara Percepatan Realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) Klaster Usaha Pelayanan Jasa Salsintan di Kantor Balai Mektan Dinas TPH, Cianjur, Kamis (24/6/2021).

     

    Ia mengatakan, untuk tahap awal UPJA di enam kabupaten kota telah mengajukan usulan untuk kredit ini, dengan total usulan sebesar Rp 12,5 miliar.

     

    Upaya ini, katanya, merupakan bagian dari modernisasi pertanian. Biasanya UPJA hanya menerima bantuan dari pemerintah, namun ke depan diarahkan untuk bisa lebih mandiri. Selama ini, katanya, 80 persen UPJA diberi bantuan oleh pemerintah dan sisanya membeli secara mandiri.  

     

    Enam kabupaten yang menjadi peserta KUR kali ini adalah Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sukabumi.

     

    Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar Ir Dadan Hidayat mengatakan, pengembangan UPJA dengan melalui bantuan kredit dan subsidi bunga merupakan yang pertama kali.

     

    Ia menyambut baik terobosan Balai Mektan Dinas TPH, yang menggandeng dunia perbankan dalam pengadaan dan pengembangan alat mesin pertanian.

     

    Dadan menambahkan, dalam upaya modernisasi pertanian ini UPJA harus memiliki orientasi yang kuat, terutama dalam mengembalikan dana pinjaman yang diberikan bank.

     

    “Usahanya harus nguntungin. Harus dihitung benar. Para manajer UPJA harus benar-benar menghitung dengan cermat berapa besar potensinya dan keuntungan bagi petani atau UPJA nya jelas,” ungkap Dadan saat memberi sambutan.

     

    Dunia pertanian modern, katanya, memerlukan peran dari alat mesin pertanian untuk meningkatkan produktifitasnya. Ia mencontohkan, petani tak hanya memerlukan alat mesin untuk keperluan panen dan pasca panen, namun juga sebelum panen.

     

    “Banyak keterlibatan mesin pertanian ini. Misalnya saat perlu air di kemarau, perlu pompa air untuk mengangkut air. Atau saat kelebihan, air harus dibuang dan memerlukan adanya pompa air,” katanya.

     

    Larena itu, kata Dadan, untuk mengelola UPJA ini tak hanya perlu seorang manajer yang mengatur keuangan dan administrasi, namun perlu keterlibatan operator atau teknisi.

     

    “Bahkan mungkin ke depan ada yang namanya bengkel alsintan, keterlibatan teknisi sangat besar. Bisa juga nanti ada lisensi untuk orang yang mengoperasikan dan Balai Mektan ini mengeluarkan lisensinya. Semacam surat izin mengemudi dalam dunia kendaraan bermotor,” katanya. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links