free hit counter code Pemkot Bandung Siapkan Skenario Pembelajaran Tatap Muka - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Pemkot Bandung Siapkan Skenario Pembelajaran Tatap Muka
    (Bumas Pemkot Bandung) Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana

    Pemkot Bandung Siapkan Skenario Pembelajaran Tatap Muka

     

    JuaraNews, Bandung - Pemkot Bandung terus mempersiapkan sekolah-sekolah jika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa kembali bergulir. Salah satunya, menyiapkan vaksinasi bagi para pengajar dan menyiapkan skenario untuk PTM.

     

    Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan Dinas Pendidikan Kota Bandung juga sudah melakukan Focus Group Discussion (FGD) dan simulasi. Namun vaksinasi dijadikan yang utama dalam persiapan PTM.

     

    "Di tataran pimpinan kota, kita sepakat ikhtiar vaksin itu tetap jadi yang utama. Untuk para pengajarnya mau pun anak didiknya," katanya di SMP Negeri 7 Kota Bandung, Rabu (17/3/2021).

     

    "Karena vaksin itu meminimalisasi dampak yang tidak kita harapkan. Saya sempat berbicara dengan pak wali kota juga kuncinya vaksinasi dulu," lanjutnya.

     

    Menurut Yana, dalam simulasi hasil FGD, didapatkan skenario dengan kapasitas kelas hanya 50 persen dan para siswa-siswi yang berbeda kelas tidak berbarengan jam masuk dan saat pulang sekolahnya.

     

    "Jadi satu kelas 28 siswa maka yang masuk 14 orang. Untuk jam misal anak kelas 1 pukul 07.00 WIB, kelas 2 pukul 07.30 WIB, kelas 3 pukul 08.00 WIB. Jadi pulangnya juga beda untuk menghindari pertemuan yang banyak," katanya.

     

    "Dengan seperti itu, kapasitas 50 persen protkesnya cukup. Hanya tetap kita harus yakin salah satunya dengan vaksin. Simulasinya juga tetap ya kita tidak bisa kembali normal ke 100 persen," lanjutnya.

     

    Ia pun mengatakan dalam skenario tersebut, para siswa bisa bergantian masuk sekolah dan diupayakan materi yang diberikan dalam PTM dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) itu dicampur.

     

    "Misal 14 orang itu masuk hari ini, besoknya tidak, gantian. Diupayakan mix yang PJJ itu untuk teorinya, kalau yang memang harus dalam PTM misalnya praktek yang harus tatap muka tapi tetap terbatas," ucapnya.

     

    Sementara itu, Kepala SMPN 7 Kota Bandung, Lukman Surya Saputra mengaku instrumen untuk pengisian kesiapan sekolah dalam PTM sudah diberikan. Saat ini pihaknya masih menunggu arahan pemerintah.

     

    "Pada Desember, 70 persen masih menolak (PTM), tapi kita tidak tahu sekarang. Yang pasti guru-guru termasuk saya, 6 orang sudah divaksin tahap kedua. Mudah-mudahan sebelum Juli semuanya sudah selesai divaksin," katanya.

     

    Lukman pun telah menyiapkan sarana prasarana di lingkungan sekolah jika memang PTM sudah bisa dilakukan.

     

    "Kalau kesiapan kelas kita sudah siap. Alat cuci tangan juga kita pasang 100 lebih. Jadi kalau untuk hal-hal lain yang sifatnya infrastruktur SMPN 7 sudah siap," ungkapnya.

     

    "Tapi ini kan sesuatu yang kita harus hati-hati, dan menunggu kebijakan Pemerintah. Saat ini kami belum lakukan survey lagi kepada orang tua yang waktu Desember kemarin kan banyak yang menolak," katanya.

     

    "Kami belum lakukan itu karena Pemerintah atau Dinas Pendidikan belum meminta, karena kan itu masih bulan Juli rencana pembukaannya, kita masih menunggu apa yang diputuskan Pemerintah," ucapnya. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    bank bjb Hidupkan Kembali Tradisi Haji Geyot
    Jelang Lebaran, Stok Kepokmas di Kota Bandung Aman
    Steve Ewon Bersilaturahmi Bersama DPC Demokrat KBB
    Longsor Cipongkor, Bey:Pencarian Korban Diutamakan
    Steve Ewon Sowan ke Berbagai Partai Politik di KBB

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi