free hit counter code Tips Mengenali Risiko Terkena Infeksi Virus Corona - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tips Mengenali Risiko Terkena Infeksi Virus Corona
    net Tips Mengenali Risiko Terkena Infeksi Virus Corona

    Tips Mengenali Risiko Terkena Infeksi Virus Corona

    • Kamis, 20 Februari 2020 | 11:16:00 WIB
    • 0 Komentar

    VIRUS Corona atau 2019-nCoV adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Bedanya dengan virus lain, virus corona ini memiliki virulensi atau kemampuan yang tinggi untuk menyebabkan penyakit yang fatal, virus ini jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan Pneumonia, yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus tersebut.

     

    Namun kita tidak perlu panik yang berlebihan. Mari kita kenali resiko terkena infeksi virus tersebut, sebagai berikut :

     

    Pertama, Tidak ada gejala (batuk, demam atau kesulitan bernafas) dan tidak ada riwayat bepergian ke wilayah yang terdampak virus atau tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus , maka resiko terkena sangat kecil. Pencegahan dilakukan  dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna meminimalisir potensi terinfeksi virus corona.

     

    Kedua, menunjukkan gejala-gejala (batuk, demam, atau kesulitan bernafas), tapi tidak ada riwayat bepergian ke wilayah terdampak virus atau tidak ada kontak dengan orang yang terinfeksi virus, maka resiko terkena infeksi sangat kecil, namun sarankan pencegahan seperti poin satu di atas.

     

    Ketiga, tidak ada gejala (batuk, demam, atau kesulitan bernafas), tapi memiliki riwayat bepergian ke wilayah terdampak atau pernah kontak dengan orang yang terinfeksi virus. Risiko terinfeksi SARS-CoV-2mungkin ada, maka lakukan pencegahan dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh guna meminimalisir potensi terinfeksi virus corona.,karantina dirumah selama 14 hari. Telusuri riwayat orang yang pernah diajak kontak. Jika gejala muncul dalam 14 hari setelah kembali dari bepergian atau kontak dengan orang yang terinfeksi, hubungi nomor darurat yang ada atau rumah sakit.

     

    Keempat, jika berencana bepergian ke wilayah terinfeksi atau pernah kontak dengan orang yang terinfeksi, maka risiko terinfeksi SARS-CoV-2 mungkin ada. Pasien direkomendasikan untuk karantina dirumah selama 14 hari setelah kembali dari bepergian dan hubungi nomor darurat yang ada atau rumah sakit, jika muncuk gejala selama masa karantina.

     

    Kelima, jika memiliki gejala-gejala (batuk, demam, atau kesulitan bernafas) dan memiliki riwayat bepergian ke wilayah terinfeksi atau pernah kontak dengan orang yang terinfeksi terinfeksi SARS-CoV-2 maga resiko terkena infeksi tinggi. Segera hubungi rumah sakit untuk memulai protokol perawatan.

     

    Demikian beberapa tips mengenali resiko terkena virus Corona dan beberapa cara pencegahannya. (*)

     

     

    Prof Dr Keri Lestari MSi Apt
    Guru Besar Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Padjadjaran

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daddy: Patahkan Mitos Gerindra Jabar Jadi Pemenang
    LKPJ Jabar 2023: Prestasi dan Masa Transisi
    Membangun Literasi bagi Gen Z
    Hejo Tapi Teu Ngejo
    • Hejo Tapi Teu Ngejo

      PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Selengkapnya..

      • 19 Maret 2024
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    Editorial



      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55