free hit counter code Penumpang Angkutan Udara di Jabar Alami Kenaikkan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Penumpang Angkutan Udara di Jabar Alami Kenaikkan

Penumpang Angkutan Udara di Jabar Alami Kenaikkan

JuaraNews Bandung - Jumlah keberangkatan penumpang angkutan udara komersial domestik di Jawa Barat pada bulan April 2024 tercatat sebanyak 18.083 orang. 

 

Jumlah muatan melalui penerbangan domestik Jabar meliputi barang, bagasi, dan pos/paket pada bulan April 2024 mencapai 426,90 ton atau mengalami kenaikan sebesar 2,13 persen dibandingkan Maret 2024. 

 

Terdapat lima bandara diamati Badan Pusat Statistik (BPS) yang melayani penerbangan sebagai sarana transportasi udara di Provinsi Jabar, yaitu Bandara Husein Sastranegara (Kota Bandung), Bandara Internasional Jawa Barat (Kabupaten Majalengka), dan Bandara Nusawiru (Kabupaten Pangandaran). 

 

Berikutnya, Bandara Cakrabhuwana Penggung (Kota Cirebon) dan Bandara Wiriadinata (Kota Tasikmalaya). Semua bandara tersebut melayani penerbangan domestik (dalam negeri). 

 

Kepala BPS Jabar Marsudijono menyebutkan, pada bulan April 2024, jumlah penumpang penerbangan domestik yang berangkat melalui angkutan udara komersial dari Jabar sebanyak 18.083 orang, mengalami kenaikan sebesar 47,30 persen bila dibandingkan Maret 2024, yang tercatat sebanyak 12.078 orang. 

 

Ditinjau menurut bandara keberangkatan, jumlah keberangkatan penumpang penerbangan domestik pada April 2024 didominasi dari BIJB Kertajati sebanyak 18.043 orang. 

 

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 47,45 persen dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 12.050 orang. 

 

Selama Januari-April 2024, total yang dilayani BIJB Kertajati sebanyak 62.805 penumpang. 

 

Sementara itu jumlah penumpang berangkat dari Bandara Husein Sastranegara pada April 2024 sebanyak 76 orang. 

 

Untuk penumpang domestik dari Bandara Nusawiru tercatat 283 orang. Penumpang yang berangkat dari Bandara Cakrabhuwana Penggung sebanyak 16 orang dan penumpang domestik yang berangkat dari Bandara Wiriadinata 23 orang. 

 

Perkembangan jumlah penumpang angkutan udara domestik ini secara _year on year_ terjadi penurunan sebesar 47 persen dari sebanyak 35.052 orang pada April 2023 menjadi 18.083 orang pada April 2024. 

 

Kemudian pada April 2023, jumlah penumpang angkutan udara domestik tercatat hanya di empat bandara. 

 

Sedangkan pada bulan April 2024, jumlah penumpang angkutan udara domestik tercatat di lima bandara, yaitu Bandara Kertajati, Husein Sastranegara, Nusawiru, Wiriadinata, dan Cakrabhuwana Penggung. 

 

Peningkatan jumlah penumpang di Bandara Kertajati akan semakin terlihat di triwulan II-2024 karena menjadi bandara pemberangkatan haji dari kloter Jabar. 

 

BIJB Kertajati mulai memberangkatkan calon jemaah haji 2024 pada Minggu (12/5) lalu, dilepas langsung Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin. Ada sekitar 13.000 calon jamaah haji terbang dari bandara tersebut. 

 

Para jemaah tersebut berasal dari Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, Sumedang, dan Bandung. Mereka dibagi dalam 30 kloter. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Johan J Anwari: Disabilitas Punya Hak yang Sama
Legislator Minta PPDB Zonasi Jadi Bahan Evaluasi
Cegah Bullying di Sekolah, Ini Tips Pencegahannya
Dinkes Sebut 2 Daerah di Jabar Kasus TBCnya Tinggi
Ridwan Kamil Sebaiknya Tetap di Jawa Barat

Editorial



    sponsored links