free hit counter code Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar

Pelaksanaan Mudik di Jabar Dipastikan Lancar

JuaraNews Bandung - Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan pelaksanaan mudik di wilayahnya  berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. 

 

Hal itu berdasarkan kesiapan berbagai stakeholders yang bekerja sama dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan masyarakat Jabar dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. 

 

Kesiapan penanganan mudik pun dibarengi dengan jumlah personel yang diturunkan Polri dan berbagai instansi lainnya sebanyak 27.162 orang. 

 

"Hari ini di Polda Jabar diadakan rapat koordinasi jelang arus mudik dan balik, juga Operasi Ketupat Lodaya. Ada 27.162 personel yang disiapkan, 16.000 dari Polri, 245 Mabes Polri, sisanya TNI, dan instansi lainnya," ucap Bey saat ditemui usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya 2024 Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Pengamanan Idulfitri 1445 Hijriah di aula Ditlantas Polda Jabar, Kota Bandung, Rabu (27/3/2024). 

 

Bey menyebutkan, pergerakan masyarakat dalam merayakan Idulfitri di kampung halaman akan diantisipasi guna memastikan setiap warga dapat melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenteram. 

 

Maka dari itu koordinasi lintas sektoral menjadi kunci penting dalam pelaksanaan arus mudik tahun 2024. 

 

"Tentunya koordinasi (hari ini) kunci utama, khususnya memberikan keamanan dan kenyamanan selama masyarakat merayakan Idulfitri," imbuhnya. 

 

Tak hanya itu, Bey mengungkapkan bakal terjadi kepadatan kendaraan di jalan tol dan kawasan utara serta selatan Jabar karena prediksi arus mudik akan terjadi pada 6 April dan arus balik pada 15 April. 

 

"Kepadatannya di jalan tol dan kawasan utara, yaitu mulai dari Karawang-Cikampek sampai Brebes. Sedangkan (titik kepadatan) di kawasan selatan mulai dari Malangbong-Nagreg-Tasikmalaya," sebutnya. 

 

Kepadatan kendaraan tersebut memang dipastikan terjadi di kawasan utara dan selatan Jabar karena berdasarkan survei data nasional pada tahun ini sekitar 193 juta orang yang melaksanakan perjalanan mudik. 

 

"Pergerakan masyarakat dari hasil survei nasional sekitar 193 juta, tapi memang yang paling banyak Jawa Barat," tutur Bey. 

 

Selain memastikan keamanan dan kenyamanan dengan menghadirkan personel di beberapa titik wilayah yang rawan terjadi kepadatan, Pemprov Jabar tengah memperbaiki 320 lubang di jalan provinsi yang dipastikan akan rampung 10 hari menjelang Hari Raya Idulfitri. 

 

"Kondisi untuk infrastruktur jalan tol baik. Terkait ruas jalan di Jabar yang dilewati pemudik ada 320 lubang dan itu akan selesai 10 hari menjelang Lebaran," ungkapnya. 

 

"Untuk jalan tol aman dan terkait contra flow  sudah dilakukan simulasi. Kami optimistis akan lancar karena pengalaman dari libur Nataru (Natal dan tahun baru) cukup baik walaupun diperkirakan akan terjadi lompatan yang mudik," tutup Bey. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Ingin Sumedang Kembali Jadi Paradijs van Java
Bonus Demografi Sumber Daya Pembangunan Produktif
Target Angka Penurunan Stunting  Masih Jauh
Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi

Editorial



    sponsored links