free hit counter code Haye & Ragnar Gabung, Ini Line-up Terbaru Timnas - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Haye & Ragnar Gabung, Ini Line-up Terbaru Timnas
    (juaranews) Perkiraan line-up Indonesia menghadapi Vietnam

    Haye & Ragnar Gabung, Ini Line-up Terbaru Timnas

    JuaraNews, Bandung - Timnas Indonesia bakal melakoni matchday keempat kontra Vietnam pada putara kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadon My Dinh, Hanoi Vietnam, Selasa (26/3/2024) mendatang.

     

    Berbeda dengan pertamuan pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) lalu, pada laga kedua nanti, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong kemungkinan sudah bisa menurunkan 2 pemain naturalisasi anyaranya, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

     

    Haye dan Oratmangoen sendiri masuk dalam daftar rombongan timnas yang berangkat ke Hanoi, Jumat (22/3/2024) siang kemarin. Dari 26 pemain yang didaftarkan untuk menghadapi Vietnam, hanya Marc Klok yang tidak ikut serta karena harus menjalani pengobatan di Singapura.

     

    Proses naturalisasi Haye dan Oratmangoen sendiri sudah rampung, dan sudah diambil sumpahnya sebaga warga negara Indonesia (WNI) pada Senin (18/3/2024) lalu. Saat ini keduanya tinggal menunggu proses perpindahan fedeasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI), yang diprediksi rampung sebelum Indonesia dan Vietnam berlaga.

     

    Dengan masuk 2 pemain naturalisasi keturunan Belanda tersebut, komposisi pemain yang bakal menghadapi tim The Golden Stars agak berubah sedikit, khusunya di sektor tengah dan depan. Dua pemain tengah bakal tergusur dengan masuknya Haye dan Oratmangoen, yakni Witan Sulaeman dan Yakob Sayuri yang dikabarkan mengalami demam.

     

    Ragnar Oeratmangoen dan Thom Haye mengambil sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (19/3/2024) (Instagram Erick Thohir)

    Ragnar Oeratmangoen dan Thom Haye saat menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Senin (18/3/2024). (foto: instagram/erickthohir)

     

    Hadirnya Oratmangoen yang berposisi sebagai penyerang di klubnya, Fortuna Sittard bisa mengisi posisi Rafael Struick yang biasa ditempatkan sebagai penyerang sayap kiri. Strucik sendiri bisa dikembalikan ke posisi aslinya sebagai ujung tombak di depan.

     

    Sebagai tandem Oratmanagoen, Marselino Ferdinan yang seringkali ditempatkan di tengah, bakal menempati posisi penyerang sayap kanan. Sedangkan posisi gelandang tengah akan diisi oleh Thom Haye yang berduet dengan Ivar Jenner.

     

    Untuk posisi wing bek, kapten timnas Asnawi Mangkualam bisa kembali dimainkan setelah pada leg pertama absen karena akumulasi kartu kuning. Asnawi di sisi kanan akan beduet dengan Pratama Arhan di posisi wing bek kiri. Arhan sendiri bakal menjadi pilihan pada starting line-up setelah bermain apik pada laga pertama dengan memberikan assist untuk gol Egy Maulana Vikri yang memanfaatkan umpan lemparan bebasnya.

     

    Sementara untuk lini pertahanan, tak akan banyak perubahan. Tiga bek sejajar masih akan dipercayakan kepada Rizky Ridho Ramdhani, Jay Idzes, dan Justin Hubner. Demikian pula dengan posisi penjaga gawang, yang kemungkinan masih dipercayakan kepada Adi Satriyo yang mencetak clean sheet pada laga pertama.

     

    Soal peluang Haye dan Oratmangoen beraim, disampaikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dia mengisyaratkan kedua pemain naturalisasi tersebut kemungkinan bisa bermain melawan Vietnam pada leg kedua.

     

    “Mestinya Thom Haye dan Ragnar sudah bisa main di tanggal 26, pada leg kedua di Vietnam ya,” kata Erick seusai laga uji coba timnas Indonesia U-20 melawan China U-20di Stadion Madya, Senayan Jakarta, Jumat (22/3/2024) malam.

     

    Hingga saat ini, kata Erick, PSSI sedang melakukan pengurusan pindah federasi dari Belanda ke Indonesia. “Mudah-mudahan secepatnya cepat selesai sebelum tanggal 26,” lanjut  Erick.

     

    Laga kedua di Hanoi sendiri sangat penting bagi kedua timnas. Pasalnya, kemenangan pada laga nanti akan menentukan nasib dalam persaingan menuju putaran ketiga. Saat ini, Indonesia berada di peringkat 2 dengan 4 poin dari hasil 1 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kekalahan. Sedangkan Vietnam di peringkat 3 dengan 3 poin dari sekali kali menang dan 2 kali kalah.

     

    Kemenangan pertama di kualifikasi Piala Dunia 2024 atas Vietnam sendiri, membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 15,37 poin di ranking FIFA. Hasil itu membuat perolehan angka Timnas Indonesia menjadi 1,088.03 angka dan posisinya kini melesat dari peringkat 142 ke 138 dunia. Sedangkan bagi Vietnam, kekalahan tersebut membuat posisi the Golden Stars turun 7 posisi dari peringkat 105 ke 112 dunia. Dalam 2 bulan terakhir, ranking FIFA Timnas Vietnam turun 18 peringka akibat serangkaian kekalahan yang terjadi dalam 5 laga terakhirnya.

     

    Jika kembali meraih kemenangan, Indonesia akan kokoh menempati posisi 2 dengan 7 poin, dan berpeluang besar lolos ke putaran 3 mendampingi pemuncak klasemen sementara Grup F, Irak yang saat ini mengemas 9 poin dari 3 kemenangan. Sebaliknya, jika Vietnam yang menang, the Golden Stars akan kembali ke posisi 2 dengan raihan 6 poin. Jika itu terjadi, perjuangan skuat Garuda menembus putaran 3 bakal lebih berat, karena di 2 laga sisa akan menghadapi tim favorit Irak pada 6 Juni dan melawan peringkat 4, Filipina pada 11 Juni 2024 mendatang. Vietnam sendiri di 2 laga sisa akan melawan Filipina pada 6 Juni, dan kontra Irak pada 11 Juni 2024.

     

    "Semoga pemain tetap konsisten, tidak lengah saat nanti bertanding ke Vietnam. Tetap rendah hati, dan selalu fokus. Perjuangan masih panjang. Tak banyak waktu karena 26 Maret giliran kita yang akan tandang ke Vietnam,” kata Erick.

     

    "Jaga kondisi, disiplin, latihan yang keras. Ikuti semua instruksi dari pelatih. Buktikan kita bisa tampil baik juga di Vietnam nanti. Tentu kita ingin terus menjaga peluang bisa lolos ke fase berikutnya kualifikasi Piala Dunia 2026," pungkasnya.

     

    Perkiraan Susunan Pemain Indonesia di matchday 4 kontra Vietnam

    (3-4-3) Adi Satryo; Justin Hubner, Jay Idzes, Rizky Ridho; Pratama Arhan, Ivar Jenner, Thom Haye, Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen

    Pelatih: Shin Tae-yong.

     

    Klasemen Sementara Grup F 

    POSISI

    TIM

    MAIN

    MENANG

    SERI

    KALAH

    GOL

    POIN

    1

    Irak

    3

    3

    0

    0

    7-1

    9

    2

    Indonesia

    3

    1

    1

    1

    3-6

    4

    3

    Vietnam

    3

    1

    0

    2

    2-2

    3

    4

    Filipina

    3

    0

    1

    2

    1-4

    1

     

    Hasil dan Jadwal Pertandingan Grup F

    16 November 2023
    Irak 5-1 Indonesia
    Filipina 0-2 Vietnam
    21 November 2023
    Vietnam 0-1 Irak
    Indonesia 1-1 Filipina
    21 Maret 2024
    Indonesia 1-0 Vietnam
    Irak 1-0 Filipina
    26 Maret 2024
    Filipina vs Irak
    Vietnam vs Indonesia
    6 Juni 2024
    Indonesia vs Irak
    Vietnam vs Filipina
    11 Juni 2024
    Indonesia vs Filipina
    Irak vs Vietnam. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Sikap STY Profesional, Hwang Son-hung Senang
    Target Selanjutnya Indonesia Lolos ke Semifinal
    Indonesia Ukir Sejarah Lolos ke Perempat Final
    Babak I, Indonesia Pimpin Skor 2-0 atas Yordania
    Ini Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Yordania

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 32 70
      2 Persib Bandung 32 59
      3 Bali United 32 55