free hit counter code Unpar & Penderma.id Kolaborasi Atasi Persoalan Air - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Unpar & Penderma.id Kolaborasi Atasi Persoalan Air

    Unpar & Penderma.id Kolaborasi Atasi Persoalan Air

    • Senin, 12 Februari 2024 | 18:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menjalin kerjasama dengan Yayasan Aksi Indonesia Dermawan (Penderma.id) dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di Jawa Barat salah satunya penyediaan air bersih.

     

    Kerjasama dilakukan dengan diadakannya MOU antara Penderma.id dan LPPM Unpar, di Ruang Rapat Rektorat UNPAR, Jalan Ciumbuleuit, Kota Bandung, Senin (12/2/2024).

     

    Rektor UNPAR Prof. Tri Basuki Joewono mengatakan kerjasama dengan Penderma.id guna mengatasi berbagai persoalan, persoalan air, pendidikan, pangan dan agribisnis dan persoalan lainnya di Jawa Barat.

     

    “Persoalan yang akan nanti dikerjakan. Kita akan memulai persoalan-persoalan air minum. Sekarang kita akan mulai di satu atau dua di daerah di Jawa Barat,”kata Prof. Tri Basuki.

     

    Tri Basuki mengatakan dalam kurikulum Kampus Merdeka yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kampus memberikan seluruh mahasiswa kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat, dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan karier.

     

    Selain, sisi akademik, lanjutnya, Universitas Parahyangan mendorong mahasiswa untuk bisa aktif di luar kelas, seperti berorganisasi, berkegiatan kampus lainnya yang meliputi Kuliah Kerja Nyata, Seminar, Unit Kegiatan Mahasiswa, termasuk magang dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

     

    Sementara itu, Ketua Yayasan Aksi Indonesia Dermawan, Aryo Robiyoso mengatakan kerjasama dengan LPPM Unpar menjadi kekuatan baru bagi penderma.id dalam menjalankan misi misi sosial kepada masyarakat.

     

    “Bagaimana di satu derah itu tarafnya hidupnya meningkat dan itu tidak dilakukan di yayasan itu sendiri. Kita juga harus banyak berkolaborasi terutama dengan para akademisi. Kita awali dengan teman-teman di LPPM Unpar,” kata Aryo.

     

    Sekadar informasi, Penderma.id memiliki banyak program yaitu di antaranya program air. Dalam program air, terdapat air minum gratis dimana Penderma.id mempersiapkan dan mengembangkan mesin Reverse Osmosis (RO) untuk menjernihkan air baku hingga layak minum. 

     

    Selain air minum gratis, terdapat pula water outlet, sumur, dan pipanasi dalam program air untuk membantu dalam penyediaan infrastruktur air bersih di beberapa desa.

     

    Dalam kolaborasi ini, Penderma.id menggandeng UNPAR untuk menjadi bagian dalam proyek yang dilaksanakan dengan memberikan dukungan sebagai tenaga ahli dalam pembuatan tandon dan pompa air melalui skema pengabdian kepada masyarakat. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Figur dan Kriteria Steve Ewon Dimata Partai Golkar
    Bandung Siap Jadi Kota Layak Anak di 2024
    Warga Sambut Antusias Operasi Pasar Murah Beras
    Menteri ATR AHY Tetapkan Program 100 Hari Pertama
    Pentingnya Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi