free hit counter code Air Terjun Lembah Anai yang Menakjubkan - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Air Terjun Lembah Anai yang Menakjubkan

    Air Terjun Lembah Anai yang Menakjubkan

    • Rabu, 29 November 2023 | 11:53:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Sumatera Barat banyak tempat-tempat destinasi alam yang menjadi maskot Pariwisata. Salah satunya adalah air terjun Lembah Anai yang berada di samping jalan raya. 

     

    Air terjun lembah Anai ini terletak di kabupaten tanah datar, dengan tinggi sekitar 35 meter, berada tepat disamping Jalan Raya Padang Bukittinggi yang bisa pengunjung datangi ke Sumatera Barat.

     

    Sumber air terjun lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang, lembah Anai merupakan satu dari sejumlah hutan lindung di Sumatera Barat, yang telah ditetapkan sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1922.

     

    Secara geografis air terjun lembah Anai ini diapit oleh tiga wilayah yakni kabupaten tanah datar, kabupaten Padang Pariaman, dan kota Padang Panjang. 

     

    Ada tiga air terjun ke lokasi ini selain air terjun lembah Anai, sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat luas.

     

    Wisatawan yang ingin menyaksikan dua air terjun tersebut, dapat menempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi air terjun lembah Anai, tak jauh dari lokasi air terjun ini, terdapat aliran sungai besar berbatu yang mengalir air yang jernih, di atas sungai tersebut melintas jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

     

    Untuk pergi ke lembah Anai sangat mudah diakses, karena berlokasi tepat di tepi jalan raya trans Sumatera dari kota Padang ke Bukittinggi.

     

    Secara administratif lembah Anai ini termasuk wilayah negeri, atau Desa Singgalan Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Untuk mencoba lokasi ini, pengunjung bisa menempuh perjalanan selama satu setengah jam dari ibu kota sumber. 

     

    Air terjun lembah Anai yang menjulang kurang lebih 35 meter ini, menjadi pemandangan yang sangat indah, serta airnya yang sejuk bisa di rasakan sensasinya saat berada di lokasi. 

     

    Pengunjung disarankan mengunjungi kawasan lembah Anai ini saat musim kemarau, karena dibalik kesejukan yang ditawarkan daerah ini terbilang rawan saat musim penghujan, suasana tenang dan alami, bisa berubah menjadi menakutkan saat hujan deras tiba. 

     

    Sungai batang Anai dapat meluap, bahkan mampu menghancurkan tembok saat arus air sangat deras, yang akan mengakibatkan kemacetan luar biasa di jalan raya. 

     

    Pada awal tahun 2022 saat musim penghujan tiba, air terjun lembah Anai sempat meluas, karena terus terjadi hujan deras hingga membanjiri badan jalan, 

     

    Selain cuaca dan iklim hal ini juga dipengaruhi oleh topografinya yang termasuk daerah rawan longsor, serta gempa sama seperti daerah Sumatera lainnya. (*) 

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Belajar Sejarah dengan Kunjungi Museum di Bandung
    3 Tempat Wisata di Bandung Adem Untuk Lepas Penat
    5 Tempat Camping di Bandung Cocok Buat Healing
    Grand Tjokro Bandung Gelar Weekend Run ‘b Chill
    Mulang Ka Lembur, Mang Qur Janji Bangun Parongpong

    Editorial