free hit counter code Kualitas Gim Indonesia Semakin Kompetitif - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Kualitas Gim Indonesia Semakin Kompetitif
    Foto:Istimewa Paw Rumble raih Google Play Best Game of 2023

    Kualitas Gim Indonesia Semakin Kompetitif

    • Rabu, 20 Desember 2023 | 08:48:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Program inkubasi yang dilakukan perusahaan besar kepada startup di industri gim (game) terbukti semakin menguatkan kualitas gim di Indonesia. 

     

    Hal ini terlihat dari keberhasilan Indigo Game sebagai inkubator milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yang sukses mengantarkan gim binaannya, Paw Rumble, meraih penghargaan Google Play Best Game of 2023. 

     

    "Sebagai sesama pegiat startup, kami senang mendengarnya. Ini membuktikan pengembang gim dalam negeri itu kompetitif dan penuh bakat, sekaligus membuktikan bahwa konsep inkubasi oleh perusahaan besar ke startup itu masih sangat diperlukan," kata Ketua Startup Bandung, Grahadea Kusuf di Bandung belum lama ini.

    Menurut Dea, sapaannya, transfer pengetahuan, koneksi, pengalaman, hingga modal dari perusahaan besar melalui inkubator jelas terus memberi nilai tambah. Walaupun startup unggul dalam inovasi dan menguasai teknologi, umumnya memiliki keterbatasan seputar koneksi, pengalaman, dan modal. Di sinilah peran inkubator sebagai solusi yang membantu startup bisa lebih terarah dan cepat matang melalui program inkubasi. 

     

    Paw Rumble adalah bukti keberhasilan dukungan Telkom secara end-to-end melalui program inkubasi dari Indigo Game. Gim yang dikembangkan GrinSmile Studio dan diluncurkan pada 12 Juli 2023 ini kemudian dipublikasikan Nuon Games.

     

    Dalam mempublikasikannya, Nuon Games juga bekerja sama dengan Dunia Games dari Telkomsel sebagai co-publisher, agar dapat menjangkau pasar lebih luas khususnya di Indonesia. Nuon Games merupakan bagian PT Nuon Digital Indonesia sebagai anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang konten hiburan digital.

     

    Paw Rumble meraih kategori Best Made in Indonesia pada Google Play Best Game of 2023, karena dinilai menjadi hasil inovasi terbaik yang dibuat pengembang lokal dan bisa dinikmati secara global. 

     

    "Penghargaan yang diraih Paw Rumble ini juga kembali menunjukkan kualitas dan kreativitas gim karya anak bangsa dapat bersaing di industri gim global dan mampu mendapat pengakuan dunia. Kami harapkan upaya yang dilakukan Telkom melalui inkubasi Indigo Game terus dilakukan, jangan berhenti setelah pencapaian ini. Sinergi dan kolaborasi dengan startup menjadi modal kita semua menuju Indonesia Emas 2045," ungkap Dea.

     

    Sejak didirikan pada tahun 2019, Indigo Game https://indigo.id/ yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital telah menginkubasi dan mengakselerasi lebih dari 200 startup maupun pengembang gim lokal yang ada di Indonesia. Program inkubasi dari Indigo Game fokus pada peningkatan inovasi, kreativitas, dan kualitas studio gim tanah air. 

     

    Selain itu, Indigo Game juga menyediakan pendanaan, dukungan kegiatan publishing, acara networking, program mentoring, dan fasilitas modern untuk membantu pengembang gim dapat meraih pasar Indonesia dan juga dunia.

     

    “Kami bangga dengan GrinSmile Studio karena telah mengembangkan gim Paw Rumble yang berkualitas dan kreatif. Hal ini menunjukkan gim lokal Indonesia memiliki potensi besar untuk bersinar di panggung dunia. Telkom berkomitmen terus mendukung dan memfasilitasi para pengembang gim lokal agar bisa menghasilkan gim-gim inovatif dan kompetitif, sehingga bisa terus menembus industri gim global,” ujar CEO Nuon Digital Indonesia Aris Sudewo.

     

    Garybaldy Mukti, CEO salah satu perusahaan gim yang telah beroperasi 13 tahun, mengatakan, inkubator banyak melahirkan kisah sukses bagi banyak startup. Akan tetapi, ini saja tidak cukup karena tantangan setelah juara dan berusaha mandiri itu sangat menantang. 

     

    "Rata-rata yang menang itu yang membuat gim genre entertainment, dan itu tanda inkubator dan startup sudah berhasil berkarya dari sisi produk. Tapi ini belum cukup karena yang lebih menantang sekarang itu dari sisi perkembangan pasar," ujar CEO Nightspade itu. 

     

    Menurut dia, saat ini gim sudah sampai pada lima level pengembangan. Yang menarik, ada beberapa level yang dibuat tak hanya bisa dinikmati maniak gim tapi justru oleh masyarakat umum dengan model simulasi gaya hidup sehat seperti untuk mengukur berapa banyak air putih diminum per hari.    

     

    GrinSmile Studio sendiri merupakan pengembang gim binaan Indigo gim angkatan kedua, atau sejak tahun 2020. Berkat pembinaan tersebut, studio gim asal Surabaya, Jawa Timur, ini juga telah berhasil meraih penghargaan Best Mobile Game pada perhelatan bergengsi Indonesia Game Awards yang diadakan saat acara Game Developer eXchange (IGDX) 2023.

     

    CEO GrinSmile Studio Narendra Yogha Prathama mengatakan, Indigo Game dan Nuon Games telah memberikan dukungan dan bantuan sangat besar dalam pengembangan gim Paw Rumble dalam meraih penghargaan Google Play Best Game of 2023. 

     

    “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Indigo Game, Nuon Games, dan semua pihak yang telah mendukung dan membantu kami dalam mengembangkan gim Paw Rumble. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan menghasilkan gim-gim yang bermanfaat dan menghibur bagi masyarakat,” tutur Narendra.

     

    Tidak hanya Indigo Game sebagai inkubator, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital dari Telkom untuk mewujudkan bangsa berdaya saing serta mengakselerasi penerapan ekosistem digital yang merata di Indonesia. Produk dan layanan digital Leap Telkom Digital dapat dilihat di tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/#products. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PLN Berbagi Pengetahuan K3 dan Ketenagalistrikan
    Gerakan Pasar Murah, Beras Dijual Rp10.400 per Kg
    Pemprov Jabar Pastikan Stok Beras Aman Terkendali
    Bulog Jabar Jamin Stok Beras Cukup Hingga Ramadan
    Harga Pangan di Jabar Turun, Termasuk Beras Turun

    Editorial



      sponsored links