free hit counter code Ditekuk Taiwan,Peluang Indonesia ke 16 Besar Sulit - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Ditekuk Taiwan,Peluang Indonesia ke 16 Besar Sulit
    (net) Timnas Indonesia menghadapi Taiwan

    Ditekuk Taiwan,Peluang Indonesia ke 16 Besar Sulit

    • Kamis, 21 September 2023 | 22:08:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Peluang Timnas Indonesia U-24 untuk lolos ke Babak 16 Besar Asia Games 2023 masih terbuka kendati laga kedua kalah 0-1 oleh Taiwan dalam lanjutan fase Grup F di Zhejiang Normal University East Stadium, Kamis (21/9/2023) sore WIB.


    Namun peluang Indonesia menjadi lebih sulit setelah kemenangan Korea Utara atas Kirgikstan 1-0 yang digelar beberapa jam kemudian. Dengan kemenangan tersebut, Korut kini memuncaki klasemen Grup F dengan poin 6 dan memastikan 1 tiket ke babak perdelapan besar. Korut cukup bermain imban di laga pamungkas dengan Indonesia, untuk tempil sebagai juara grup. Kalau pun kalah, Korut tetap lolos minimal dengan status runner-up grup.


    Sementara Indonesia, dengan kekalahan pada laga kedua tersebut, posisinya harus turun ke peringkat 3 dengan 3 poin. Raihan poin Indonesia sebenarnya sama dengan Taiwan, namun karena kalah head to head, tim Garuda Muda harus rela di tempat ketiga, sedangkan Taiwan di posisi dua.


    Dengan posisi klasemen tersebut, peluang tim besutan Pelatih Indra Sjafri ke 16 Besar cukup berat. Tim Garuda Muda bisa melenggang ke perempat final, syaratnya Indonesia wajib memenangi laga pamungkas kontra Korea Utara, Minggu (24/9/2023) nanti,


    Pelatih timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri pun mengakui anak-anak asuhnya dalam posisi sulit seusai dikalahkan Taiwan. Hasil tersebut membuat Garuda Muda wajib menang atas Korea Utara.


    “Hasil yang sangat mengecewakan bagi kita. Menjadikan posisi kita di posisi grup sangat sulit, walaupun dengan satu kemenangan, padahal tadi kita sangat yakin bisa memenangkan pertandingan," kata Indra Sjafri seusai laga Indonesia kontra Taiwan.


    Untuk itu, Indra meminta pasukannya bekerja lebih keras pada laga terakhir nanti demi menjaga peluang melaju ke fase gugur. Ia menegaskan Indonesia harus memenangi duel kontra Korea Utara.


    "Kami harus menghadapi satu pertandingan lagi, mau tidak mau kami harus bekerja keras untuk bisa lolos di grup ini. Kalau tadi kami bisa memenangi pertandingan, saat melawan Korea Utara di laga ketiga nanti, kami tak akan terlalu dikejar untuk bermain habis-habisan. Namun ini melawan Korea Utara dan kami akan melakukan pertandingan terakhir dan itu harus kami menangkan," papar Indra.


    Indra Sjafri bakal mengevaluasi permainan anak asuhnya dalam laga kontra Taiwan. Ia kecewa karena para pemain tak mampu mengembangkan permainan.


    "Para pemain kami tak bisa berkembang seperti yang diharapkan dan banyak kesalahan passing serta pergerakan tanpa bola yang tak terlihat. Ini akan menjadi bahan evaluasi kami."


    Hitung Peluang Indonesia ke 16 Besar
    Untuk lolos ke babak 16 Besar, Indonesia bukan hanya wajib menang atas Korut pada laga pamungkas, tapi bergantung juga hasil laga Taiwan kontra Kirgistan. Indonesia wajib menang atas Korut, dan di laga lain Taiwan harus kalah atau bermain imbang dengan Kirgistan. Sehingga Indonesia bisa lolos dengan status runner-up Grup F..


    Pasalnya, jika Taiwan menang atas Kirgistan, posisi Indonesia akan tetap di peringkat 3, karena kalah head to head dengan Taiwan kendati sama-sama mengoleksi poin 6. Sementara Kirgistan di posisi 4.


    Jika kondisi itu terjadi, satu-satu peluang Indonesia untuk tampil di 16 Besar, yakni melalui jalur peringkat 3 terbaik. Perlu diketahui, cabor sepak bola putra Asian Games 2023 diikuti 21 peserta dan terbagi ke dalam 6 grup. Hanya 2 tim terbaik dari masing-masing grup dan 4 peringkat ketiga terbaik yang berhak lolos ke babak 16 besar.


    Empat tiket bagi peringkat 3 sendiri akan diperebutkan 5 grup, karena Grup C tidak masuk hitungan setelah 2 timnas mengundurkan diri, yakni Suriah dan Afghanistan. Sehingga
    otomatis Uzbekistan dan Hong Kong yang merupakan dua tim tersisa di Grup C memastikan lolos ke babak 16 besar.


    Untuk penentuan peringkat 3 terbaik sendiri, karena ada 1 grup yang dihuni 3 timnas yakni Grup D berisi Jepang, Palestina, dan Qatar, maka hasil pertandingan dengan peringkat 4 tidak akan dihitung. Dengan demikian, jika Indonesia berada di peringkat 3, maka kemenangan atas Kirgistan yang di posisi 4 tak akan dihitung.

     

    Nantinya dalam klasemen peringkat 3, poin Indonesia hanya 3 dari hasil kemenangan atas Korsel, dengan selisih gol berdasarkan hasil skor pada laga pemungkas tersebut dikurangi 1 dari kekalahan oleh Taiwan. Nantinya Indonsia tinggal mengadu poin dan selisih gol dengan peringkat 3 di grup lainnya. Dan kemungkinannya Garuda Muda bisa lolos cukup besar karena hanya harus menyisihkan 1 dari 5 tim peringkat 3.


    Hitung-hitungan di atas jika Indonesia menang atas Korut. namun jika kalah, hampir dipastikan Garuda Muda tereliminasi dari fase grup. Karena pada klasemen peringkat 3, Persib bakal memiliki poin 0, dan bisa saja dengan selisih poin minus jika kalah lebih dari 1-0 oleh Korut. Dengan poin 0 dan selisih gol minus, agak sulit Indonesia bersaing dengan peringkat 3 dari grup lainnya. Namun jika hasil laga pamungkas imbang dengan Korut, peluang Indonesia ke Pedelapan Besar tetap terbuka, karena nantinya akan mengantogi poin 1 dengan selisih gol +1. Lolosnya Indonesia juga tetap bergantung pada klasemen akhir peringkat 3 nantinya.


    Klasemen Grup F
                              M M S K Gm-Gk   P
    Korea Utara      2  2  0  0    3-0      6
    Taiwan              2  1  0  1    1-2       3
    Indonesia         2  1  0  1    2-1       3
    Kirgistan           2  0  0  2    0-3       0

    Klasemen Peringkat 3 Terbaik
                              M M S K Gm-Gk P
    1. Indonesia     2  1  0  1    1-2     3
    2. Vietnam        2  1  0  1    4-6     3
    3. Myanmar      2  1  0  1    1-4     3
    4. Thailand       2  0  1  1     1-5     1
    5. Qatar             1  0  0  1     1-3    0


    Hasil dan Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia
    Selasa, 19 September 2023
    Indonesia 2-0 Kirsgistan
    Kamis, 21 September 2023
    Taiwan 1-0 Indonesia
    Minggu, 24 September 2023 pukul 18.30 WIB
    Indonesia vs Korea Utara. (*)

    den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Kalah 1-2, Indonesia Lakoni Play-off lawan Guinea
    Ini Penyebab Indonesia Kalah oleh Uzbekistan
    Gagal ke Final, Indonesia Bidik Tiket Olimpiade
    Pelatih Uzbekistan Sebut Indonesia Lawan Sulit
    Uzbekistan Lebih Diunggulkan, STY tak Gentar

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58