free hit counter code Tekad Indonesia Raih Kemenangan Perdana di Irak - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Tekad Indonesia Raih Kemenangan Perdana di Irak
    (juaranews) Timnas Irak menjamu Indonesia di fase kualifikasi

    Kualifikasi Piala Dunia 2026

    Tekad Indonesia Raih Kemenangan Perdana di Irak

    • Kamis, 16 November 2023 | 14:28:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Timnas Indonesia akan memulai perjalanan panjang menuju putaran final Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.


    Tim asuhan Pelataih Shin Tae-yong bakal melakoni laga perdana kualifikasi zona Asia, dengan menghadapi Timnas Irak di Basra International Stadium, Basra Irak, Kamis (16/11/2023) mulai pukul 21.45 WIB. Tim Garuda sendiri bergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.


    Anak-anak asuhan Coach STY pun bertekad meraih poin penuh saat berlaga di hadapaan puluhan ribu suporter tuan rumah yang akan memadati stadion. Pasalnya, kemenangan bakal menjadi modal berharga untuk melakoni laga-laga berikutnya, agar memuluskan langkah ke babak berikutnya.


    Indonesia sendiri membawa modal berharga jelang melawan Irak, setelah mengalahkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 pada putaran pertama kualifikasi zona Asia.


    Sementara itu, Irak memiliki modal yang kurang mentereng jelang pertandingan melawan Indonesia. Sementara Irak harus bersusah payah meraih kemenangan atas Jordania, hingga harus diselesaikan melalui adu penalti. Kendati demikian, bukan perkara mudah mengalahkan tim Lions of Mesopotamia. Pasalnya, ndonesia memiliki rekor buruk saat bertemu Irak.

     

    Laga Indonesia kontra Irak di Putaran 2 kualidikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tersebut merupakan pertemuan ke-7 bagi kedua tim. Pertama kali Indonesia menghadapi Irak di ajang kualifikasi Piala Dunia 1974 pada16 Maret 1973. Pada laga tersebut, Timnas menahan imbang Irak 1-1. Namun pada 5 pertemuan berikutnya, Indonesia selalu kalah. Terakhir di ajang Piala Asia 2013 pada 19 November 2023, Indonesia menyerah 0-2 dari Irak.


    STY pun bertekad memperbaiki rekor pertemuan dengan Irak yang kurang bagus tersebut. Dia menegaskan, kemenangan atas Irak akan berpengaruh untuk hasil ke depannya.


    “Ini adalah pertandingan pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, terpenting adalah mengunci kemenangan di laga melawan Irak, dengan begitu tentu hasilnya akan baik ke depannya," ujar STY dalam sesi konferensi persnya jelang laga kontra Irak.


    STY juga tak begitu peduli dengan rekor pertemuan Indonesia dengan Irak. Ia menegaskan catatan tersebut hanyalah masa lalu. Menurut STY, pertandingan akan ditentukan di lapangan nanti.

     

    "Jujur, saya tidak tahu statistik historis. Tapi apa yang terjadi adalah masa lalu, biarlah berlalu. "Indonesia sekarang punya pelatih baru yang akan mencoba mengubah sepak bola di sana. Nanti Anda bisa lihat pada pertandingan besok," jelas Coach Shin Tae-yong.

     

    STY pun tak khawatir dengan rangking FIFA yang lebih baik dibanding Indonesia.

     

    “Tidak masalah nanti melawan Irak, memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia, juga lawan yang berat bagi kita, apalagi kita ini datang sebagai tamu, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin, akan membuat taktik yang bisa meredam mereka," tandas STY.


    Dari kubu tuan rumah, Pelatih Irak Jesus mengakui laga kontra Indonesia nanti bakal berlangsung ketat. Dia menilai pemain Indonesia memiliki kualitas yang setara dengan pasukannya.


    "Indonesia memiliki beberapa kesamaan dengan Irak dalam hal permainan," ujar Casas.

     

    "Yang pasti, pertandingan melawan Indonesia dipastikan sulit. Apalagi dalam beberapa waktu terakhir mereka mengalami penanjakan performa signifikan," tambahnya.

     

    Namun Casas sedikit menyindir dengan menyebut skuat Garuda hebat berkat adanya pemain abroad jugs naturalisasi.


    "Indonesia mengalami ketergantungan kepada pemain yang berkarier di Eropa dan luar negeri, untuknya memberikan dampak positif dalam permainan," ucao pelatih asal Spanyol.


    Beberapa pemain Indonesia abroad yang akan tersedia lawan Irak, di antaranya Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Rafael Struick (ADO Den Haag), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy).

     

    Kondisi serupa sebenarnya terjadi juga di skuat Irak. Anak-anak asuhan Coach Casas ada yang bermain di Eropa, seperti Rebin Sulaka (Liga Swedia), Youssef Amyn (Bundesliga 2 Jerman), Ahmad Alle (kasta ketiga Prancis) dan Ali Al-Hamadi (kasta keempat Inggris).


    Casas sendiri telah memanggil 25 pemain untuk menghadapi kualifikasi di Grup F. Namun pada laga nanti, Casas tidak bisa mengikutsertakan beberapa pemain andalannya, seperto Saad Natiq, Danilo Al Saeed, Ahmed Farhan, Hammoud Mishaan, dan Zidane Iqbal.

     

    Dari 25 pemain tersebut, Casas memadukan pemain yang bermain di Asia juga Eropa. Untuk menggantia pemain yang absen, Cassar memanggil pemain lainya, seperti Mustafa Nazim dan Hussein Ali Jassim.

     

    Head to head
    19 November 2013       Piala Asia 2013                Irak 2-0 Indonesia
    26 November 1996       Persahabatan                   Irak 4-0 Indonesia
    17 Juli 1978                   Piala Merdeka                  Indonesia 0-4 Irak
    17 Juli 1977                   Piala Merdeka                  Irak 2-0 Indonesia
    21 Maret 1973               Kualifikasi Piala Dunia    Irak 3-2 Indonesia
    16 Maret 1973               Kualifikasi Piala Dunia    Irak 1-1 Indonesia

     

    5 Pertandingan Terakhir Irak
    17 Oktober 2023          Persahabatan                    Irak 2-2 Jordania (5-3, pen)
    13 Oktober 2023          Persahabatan                    Qatar 0-0 Irak (6-5, pen)
    10 September 2023     King's Cup                          Thailand 2-2 Irak (4-5, pen)
    7 September 2023       King's Cup                          Irak 2-2 India (5-4, pen)
    17 Juni 2023                 Persahabatan                    Kolombia 1-0 Irak

     

    5 Pertandingan Terakhir Indonesia
    17 Oktober 2023          Kualifikasi Piala Dunia      Brunei 0-6 Indonesia
    12 Oktober 2023          Kualifikasi Piala Dunia      Indonesia 6-0 Brunei
    8 September 2023       Persahabatan                     Indonesia 2-0 Turkmenistan
    19 Juni 2023                Persahabatan                      Indonesia 0-2 Argentina
    14 Juni 2023                Persahabatan                      Indonesia 0-0 Palestina

     

    Perkiraan Susunan Pemain
    Irak (4-2-3-1)
    Jalal Hasan Hachim; Ali Adnan, Mustafa Saadoun Nadhim, Rebin Solaka Adhamat, Frans Dhia Putros; Amjad Attwan, Bashar Rasan Bonyan; Osama Rashid, Hussein Al Saedi; Amir Al Ammari,
    Aymen Hussein,
    Cadangan: Ahmed Basil, Fahad Talib; Ahmed Yahia, A Hayder, Manaf Younnes, Ahmad Allée, Merchas Doski, Mustafa Nazim, Hussein Ali Jassim, Yousse Amyn, Hasan Kareem, Ibrahim Bayesh, Pashang Abdulla, Ali Al-Hamadi
    Pelatih: Jesús Casas.

     

    Indonesia (3-5-2)
    Nadeo Argawinata; Elkan Baggott, Rizky Ridho, Sandy Walsh; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Dendy Sulistyawan, Hokky Caraka, Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Pratama Arhan
    Cadangan: Ernando Ari, Muhamad Riyandi; Syahrul Fadil; Dzaky Asraf, Wahyu Prasetyo, Arkhan Fikri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramadhan Sananta, Fachruddin Aryanto, Shayne Pattynamam Edo Febriansah, Jordi Amat, Adam Alis, Rafael Struick
    Pelatih: Shin Tae-yong. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Madura United Ingin Menangi Laga Kandang Terakhir
    Siap hadapi Persib, MU Bertekad Raih Hasil Positif
    Madura United Optimistis Cetak Sejarah di Liga 1
    Tekuk Borneo 3-2, Madura Tantang Persib di Final
    Bali United tak Gentar Hadapi Persib depan Bobotoh

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58