free hit counter code Ekonomi Kreatif Jabar Tulang Punggung Ekspor Ekraf - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Ekonomi Kreatif Jabar Tulang Punggung Ekspor Ekraf

    Ekonomi Kreatif Jabar Tulang Punggung Ekspor Ekraf

     

    JuaraNews, Bandung - Perkembangan ekonomi kreatif (ekraf) berjalan sangat pesat. Kontribusinya terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai Rp191,3 triliun atau 20,73 persen, dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

     

    'Kontribusi ekspor ekraf Jabar mencapai 6,38 juta USD atau 31,93 persen dari total ekspor ekraf nasional. Jumlah usaha ekraf yang bergerak di Jabar mencapai 1,5 juta unit dengan menyerap tenaga kerja sekitar 3,8 juta," jelas anggota DPRD Jabar Dr. Hj. Cucu Sugyati, S.E., M.M., Jumat (14/7).

     

    Hal itu dikemukakannya saat sosialisasi Perda no 15 tahun 2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Gedung Serbaguna Harkat, Jalan Terusan Kopo No.334, Margahayu Selatan, Kec. Margahayu, Kabupaten Bandung.

     

    Karena perkembangannya yang luar biasa, lanjut Cucu, perlu diatur dalam sebuah peraturan yang mengikat seluruh pemangku kepentingan ekraf. "Tujuan Perda adalah mendorong peningkatan daya saing dan kreativitas pengusaha dan pelaku ekonomi kreatif, serta mendorong peningkatan daya saing, pertumbuhan, keragaman dan kualitas industri kreatif," kata Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) ini.

     

    Para tokoh masyarakat dan pelaku UMKM yang hadir saat sosialisasi, merasa bersyukur mendapat penjelasan anggota DPRD, soal perlindungan terhadap ekraf. Karena selama ini mereka awam terhadap peraturan yang mendukung keberadaan ekraf, terutama UMKM.

     

    Ekraf di Jabar hingga kini masih disumbang oleh tiga besar subsektor, yakni kerajinan tangan, kuliner dan fesyen. Untuk kerajinan tangan menyumbang 27,1 persen, kuliner 26,4 persen, dan fesyen 16,7 persen. Sedangkan subsektor lain sisanya sebesar 29,8 persen.***

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PLN Berbagi Pengetahuan K3 dan Ketenagalistrikan
    Gerakan Pasar Murah, Beras Dijual Rp10.400 per Kg
    Pemprov Jabar Pastikan Stok Beras Aman Terkendali
    Bulog Jabar Jamin Stok Beras Cukup Hingga Ramadan
    Harga Pangan di Jabar Turun, Termasuk Beras Turun

    Editorial



      sponsored links